MediaTek Helio P70: Fokus pada Peningkatan Gaming dan AI

MediaTek akhirnya mengumumkan SoC terbarunya yang sekaligus menjadi penerus Helio P60, yakni Helio P70. Dibanding generasi sebelumnya, MediaTek menjanjikan SoC ini akan memberi peningkatan pada beberapa sektor.

Gaming lebih lancar, AI lebih pintar

svg%3E

Dua sektor utama yang menjadi fokus pengembangan Helio P70 adalah kemampuan gaming dan AI. Menurut MediaTek, Helio P70 dapat menyajikan performa gaming yang lebih tinggi dan frame rate yang terjaga dengan baik.

SoC ini dibekali CPU octa-core dengan konfigurasi 4-core Cortex-A73 processors berkecepatan 2.1GHz, yang ditemani 4-core Cortex A53 dengan kecepatan 2.0GHz. Untuk urusan grafis, Helio P70 mempercayakannya kepada GPU Mali-G72 MP3 yang diklaim 13 persen lebih kencang.

Yang lebih menarik, MediTek juga menjanjikan bahwa Helio P70 dapat memperbaiki latency yang mungkin terjadi dalam game saat memakai kontrol dengan layar sentuh. Dengan berbagai peningkatan tersebut, SoC ini diklaim mampu menyajikan pengalaman gaming yang lebih lancar.

Selain sektor gaming, Helio P70 hadir dengan AI engine yang telah ditingkatkan. MediaTek mengklaim kemampuan AI kini dapat terproses dengan kecepatan 10-30 persen lebih cepat, termasuk yang berhubungan dengan fotografi seperti real-time beautification dan scene recognition.

Peningkatan LTE

MediaTek Helio P70 juga menawarkan kecepatan LTE hingga 300 Mbps. Untuk pengguna yang gemar melakukan video call, dengan SoC ini kualitasnya dijanjikan akan tetap bagus walaupun bandwitdh terbatas.

Helio P70 dijadwalkan mulai tersedia di berbagai smartphone baru pada November 2018. Meski begitu, belum ada informasi brand dan tipe mana yang akan lebih dulu menjual produk berbasis Helio P70 di pasaran.