Leica M10-D: Kamera Digital Rangefinder Retro Tanpa Layar LCD

Kamera analog yang menggunakan rol film masih belum sepi peminat walau saat ini dunia fotografi didominasi oleh kamera digital. Melihat peluang inilah Leica meluncurkan Leica M10-D, sebuah kamera digital bergaya rangefinder retro yang menawarkan pengalaman penggunaan seperti kamera analog.

svg%3E

Fitur dan spesifikasi sama seperti Leica M10

Menawarkan pengalaman penggunaan seperti kamera analog bukan berarti Leica M10-D menggunakan rol film untuk menghasilkan jepretan foto.

Untuk memotret Leica M10-D tetap mengandalkan sensor gambar dan prosesor untuk mengolah foto. Secara fitur dan spesifikasi bahkan Leica M10-D sama persis versi orisinilnya yaitu Leica M10.

Leica M10-D hadir dengan sensor CMOS full frame 24 megapixel dan prosesor gambar Leica Maestro II. Kamera ini menawarkan pengaturan ISO 100 hingga ISO 50000, bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan 5fps dan tidak dilengkapi kemampuan rekam video.

Tanpa layar LCD

svg%3E
Selain rol film, satu lagi perbedaan utama kamera analog dan digital adalah tersedianya layar LCD. Untuk menawarkan pengalaman seperti menggunakan kamera analog inilah Leica M10-D hadir tanpa membawa layar LCD.

svg%3E

Sebagai gantinya, di bagian belakang bodi Leica M10-D bisa ditemukan dial untuk mengatur kompensasi eksposur, on/off kamera, dan mengaktifkan WiFi.

svg%3E

Lalu bagaimana cara untuk melakukan pengaturan kamera ini? Untuk melihat hasil jepretan foto, melakukan pengaturan kamera dan menggunakan mode Live View pengguna bisa memanfaatkan aplikasi FOTOS yang tersedia untuk smartphone iOS dan Android.

svg%3E

Untunglah untuk lebih mempermudah pengaturan kamera, di bagian atas bodinya tersedia tombol putar untuk mengatur ISO dan kecepatan rana kamera. Bahkan, Leica M10-D dilengkapi tuas pengokang film seperti kamera analog. Tapi, fungsi tuas tersebut di Leica M10-D bukan untuk mengokang rol film. Tuas ini bisa dilipat keluar dan berfungsi sebagai thumb rest agar pengguna lebih nyaman saat memotret dengan satu tangan.

Jika tertarik untuk memiliki Leica M10-D Anda harus menyiapkan dana setidaknya US$7995 atau sekitar 122 juta Rupiah. Berminat?