Telkomsel MSIGHT Perkenalkan Layanan Telco Big Data untuk Dukung Transformasi Digital

Dalam rangka mendukung transformasi digital di Indonesia menuju revolusi industri 4.0, Telkomsel memperkenalkan Mobile Consumer Insight (MSIGHT). MSIGHT akan memperkenalkan kapabilitas dan manfaat dari layanan Telco Big Data kepada Komunitas Industri, Pemerintah dan Startup.

Pada event Tech in Asia 2018 di Jakarta, Selasa (23/10), Telkomsel menjelaskan bahwa era digital telah mendorong Indonesia ke arah revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan hadirnya sejumlah terobosan teknologi baru seperti big data, IoT, robotika, kecerdasan buatan, blockchain, dan lainnya.

“Melalui pengembangan kapabilitas kami dalam kemitraan teknologi, MSIGHT sebagai unit yang beroperasi secara B2B hadir untuk memberikan nilai tambah untuk lembaga-lembaga pemerintah dan sektor industri seperti keuangan, transportasi, e-commerce, ritel, digital, periklanan, dan masih banyak lagi,” kata VP Data Insight and Interface Services Development Telkomsel, Mia Melinda.

Produk–produk MSIGHT sendiri meliputi Risk insight, Mobility Insight, Lifestyle Insight, dan API marketplace, menawarkan berbagai manfaat bagi pelaku usaha mulai dari peruntukan marketing communication, business intelligence, maupun risk assessment.

“Informasi big data yang kami peroleh akan dikelola secara anonim, agregat, dan efisien yang diolah menjadi informasi dan insight, serta diperbarui secara berkala. Kekuatan Telkomsel dalam menyelenggarakan big data adalah pada basis 178 juta pengguna atau mewakili sebagian besar pengguna data Internet di Indonesia,” lanjut Mia.

Beberapa layanan Telco Big Data MSIGHT dalam tahun ini telah dimanfaatkan instansi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk melakukan studi secara lebih efisien dan mendapatkan sudut pandang yang lebih kaya. Aplikasinya diterapkan pada studi dampak makroekonomi dari penyelenggaraan Asian Games 2018.

Baca juga
[JD.COM 618] Mengintip Smart Delivery Station JD.COM, Pusat Logistik Canggih Semi Otomatis