Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 675: Janjikan Peningkatan Performa Gaming, Kamera, dan AI

Qualcomm mengumumkan kehadiran SoC generasi terbaru yang diberi nama Snapdragon 675. Dibanding seri sebelumnya, chipset ini tentunya menawarkan berbagai peningkatan baik dari segi performa maupun AI.

Optimalisasi gaming

Snapdragon 670 feat image

Salah satu peningkatan paling signifikan pada Snapdragon 675 adalah penggunaan CPU Kryo 460. Dua di antaranya core tersebut berbasis Cortex-A76 terbaru yang ditujukan khusus untuk performa tinggi. Sementara 6-core lainnya adalah core hemat daya berbasis Cortex-A55.

Snapdragon 675 masih menggunakan GPU yang sama dengan Snapdragon 670, yakni Adreno 612. Meski begitu, chipset baru ini telah dioptimalkan untuk engine seperti Unity, Unreal, Messiah, dan NeoX. Ada pula dukungan untuk tools dan API populer seperti Vulkan, OpenGL 3.2, OpenCL, and Snapdragon profiler.

Snapdragon 675 2

Tidak hanya gaming, Snapdragon 675 juga menjanjikan kemampuan kamera yang canggih untuk dengan ISP Spectra 200. Chipset ini sudah mendukung konfigurasi tiga kamera hingga resolusi 16 megapixel, atau kamera tunggal hingga resolusi 25 megapixel.

Menurut Qualcomm, Snapdragon 675 didukung multi-core AI Engine terbaru yang dapat memberikan hasil foto dengan peningkatan mencapai 50 persen. Selain itu, Snapdragon 675 juga mendukung fitur seperti 3D face unlock, multi-frame noise reduction, rekaman video 4K, serta slow-motion 720p di 480fps.

“Dibekali dengan kemampuan gaming yang canggih, performa kamera yang menakjubkan, dan multi-core AI Engine, ponsel pintar berbasis Snapdragon 675 akan memberikan pengalaman baru kepada para konsumen di seluruh dunia,” kata Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies Inc.

Snapdragon 675 1

Dirilis awal 2019

Dari sektor pengisian daya baterai, Snapdragon 675 sudah mendukung Quick Charge 4+. Sementara untuk konektivitas, Qualcomm meneydiakan Bluetooth 5, Dual VoLTE, Dual-band Wi-Fi 802.11 ac dengan MIMO 2×2, serta Cat.12 yang menjanjikan kecepatan download 600 Mbps. Tak ketinggalan, Qualcomm pun membenamkan teknologi penunjang audio seperti Qualcomm Aqstic dan Qualcomm aptX.

Qualcomm Snapdragon 675 kabarnya akan siap dirilis ke pasaran pada awal 2019 mendatang. Meski begitu, sayangnya untuk saat ini belum ada informasi perangkat dari brand mana yang akan menjadi yang pertama menggunakannya.

Back to top button