Nano1: Kamera Mungil Khusus Astrofotografi

Di tahun 2015 lalu, TinyMOS, memperkenalkan kamera digital berukuran ringkas khusus astrofotografi yang bernama TINY1. Melanjutkan sukses kamera perdananya tersebut, TinyMOS kini siap merilis NANO1. Generasi kedua kamera khusus astrofotografi ini sangat mencuri perhatian karena datang dengan dimensi bodi yang semakin kecil.

svg%3E

Seukuran kamera aksi

svg%3E
NANO1 hadir dengan bodi yang ukurannya sepertiga lebih kecil dari TINY1. Meski tidak dibocorkan lebih detil dimensi bodinya, terlihat NANO1 hadir dengan dimensi yang seukuran kamera aksi seperti GoPro. Bobotnya sendiri diklaim hanya sekitar 100 gram saja.

Sensor lebih baik

Menariknya, NANO1 juga hadir dengan sensor yang lebih baru. NANO1 kini dibekali sensor BSI dari pabrikan Sony yang mampu menghasilkan foto di resolusi 12 megapixel dan video di resolusi 4K. Kemampuan sensornya ini tiga kali lebih baik dibandingkan sensor TINY1 yang hanya bisa menghasilkan foto 4 megapixel dan video di resolusi 2.5K.

svg%3E

svg%3E

NANO1 juga akan mengusung sistem mounting lensa ganda. Artinya, NANO1 bisa dipasang lensa dengan mount M12 yang ukurannya sangat kecil atau lensa dengan C-Mount. Sebagai pelengkap, untuk mengendalikan kamera ini TinyMOS juga telah menyiapkan aplikasi yang kompatibel dengan smartphone iOS dan Android.

Meski sudah diperkenalkan, nampaknya Anda perlu bersabar untuk meminang kamera mungil yang canggih ini. Pasalnya, NANO1 rencananya baru akan tersedia di pasaran bulan April 2019. Penasaran dengan kehebatan NANO1, simak hasi video singkatnya berikut ini:

Verified by MonsterInsights