Foto & VideoNewsTips

Tips Fotografi: Komposisi Untuk Foto yang Instagramable

Pencahayaan adalah faktor mutlak di dunia fotografi. Kendati demikian, teknik komposisi juga memegang peranan penting dalam menghasilkan foto yang menarik. Nah, agar Anda bisa menghasilkan foto yang Instagramable menggunakan kamera apapun, berikut beberapa tips komposisi untuk memotret foto yang wajib Anda ketahui.

1. Rule of Thirds

Rule of Thirds adalah teknik komposisi yang paling populer di dunia fotografi. Di teknik ini subyek akan ditempatkan di sepertiga bagian dalam foto. Dengan demikian komposisi foto akan terlihat lebih seimbang dan enak dilihat.

2. Framing
20180811_013120
Teknik kedua yang bisa dicoba adalah melakukan Framing. Menempatkan frame di sekeliling subyek di dalam bidikan foto akan menghasilkan efek visual yang lebih menarik. Ini karena mata yang yang melihat akan langsung menuju ke subyek foto.

3. Rule of Space

Jika teknik framing menempatkan frame di sekeliling subyek di dalam bidikan foto, nah di teknik Rule of Space Anda membuat ruang kosong untuk menonjolkan subyek. Memanfaatkan ruang kosong dan pemahaman komposisi yang tepat bisa menghasilkan foto yang sangat menarik.

4. Pattern

Dari semua teknik sebelumnya, teknik ini yang paling mengasah kejelian Anda dalam melakukan observasi. Teknik komposisi ini membutuhkan kejelian Anda memadukan subyek dengan warna atau benda lain di sekitarnya yang menciptakan sebuah pattern atau pola.

Semua tips komposisi di atas bisa dipraktekan untuk foto portrait, produk, landscape, arsitektur hingga makanan. Kendati demikian, semua tips komposisi tersebut memang bukan syarat mutlak dan untuk menghasilkan sebuah foto dengan komposisi yang baik Anda juga dapat bereksperimen dengan mendobrak aturan tersebut. Selamat mencoba!

Beri komentar

Related Articles

Back to top button