Inilah Kelebihan dan Kekurangan Asus ZenFone 5Q

Asus ZenFone 5Q hadir sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh pengguna di Indonesia yang mencari smartphone di harga 3 jutaan rupiah. Meski secara spesifikasi masih di bawah ZenFone 5, ZenFone 5Q tetap memiliki keunggulan yang membuatnya layak untuk dilirik.

Nah, jika Anda tertarik dengan smartphone ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Yang Canggih:

1. Layar besar

svg%3E

Asus ZenFone 5Q mengadopsi layar berukuran 6 inci. Panelnya IPS dan resolusinya Full HD+ dengan aspect ratio 18:9. Kombinasi yang sudah lebih dari cukup untuk menikmati beragam konten seperti foto, sosial media, video, maupun games.

Tidak hanya tajam, layar ini memiliki tingkat kecerahan yang cukup baik di kelasnya. Artinya, penggunaan di bawah sinar matahari tidak akan menemui masalah berarti. Warnanya pun lumayan kaya dan sedap dipandang. Asus tak lupa menyediakan fitur Bluelight Filter untuk meminimalisir pancaran sinar biru yang berpotensi membuat mata cepat lelah.

2. Sudah dibekali NFC

Satu hal yang paling menarik yang cukup membuat kami jatuh hati pada ZenFone 5Q adalah ketersediaan fitur NFC. Untuk saat ini sangat sulit mencari smartphone 3 jutaan yang sudah punya NFC. Bagi sebagian orang, fitur tersebut cukup penting untuk sehari-hari, misalnya saat mengecek saldo e-money, BCA Flazz, dan sebagainya.

Seperti diketahui, sekarang e-money mulai banyak diaplikasikan ke berbagai sektor, mulai dari pembayaran di gerbang tol, busway, hingga commuter line. Kehadiran NFC pun juga memudahkan Anda yang ingin mengisi ulang saldo e-money langsung dari smartphone.

3. Kamera memiliki lensa wide

svg%3E

ZenFone 5Q dibekali 4 kamera dengan konfigurasi kamera belakang 16 megapixel f/2.2 + 8 megapixel yang memiliki lensa wide 120 derajat, dan kamera depan 20 megapixel Sony IMX376 f/2.0 yang juga ditemani kamera kedua 8 megapixel dengan lensa wide 120 derajat.

Dengan lensa wide tersebut Anda memiliki opsi untuk berkreasi lebih banyak saat memotret, terutama di mode landscape. Memotret pemandangan bisa lebih leluasa, dan untuk group selfie pun lebih optimal. Untuk hasil fotonya bisa Anda lihat di tautan berikut ini.

4. Baterai cukup awet

svg%3E

svg%3E

Performa Asus ZenFone 5Q didukung Qualcomm Snapdragon 630 octa-core yang ditemani GPU Adreno 508, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB. Kombinasi yang tergolong masih mumpuni untuk mendukung berbagai kebutuhan.

Yang paling menonjol adalah daya tahan baterainya. Walaupun cuma berbekal 3300 mAh, smartphone ini bisa bertahan hingga seharian penuh tentunya dengan gaya pemakaian normal.

Yang Kurang:

1. Bodi mudah kotor

Perlu diketahui bahwa bodi ZenFone 5Q dilapisi kaca. Tampilannya cukup cantik dan terasa premium, khususnya ketika terkena cahaya. Tapi sayangnya, bagian kaca tersebut justru mudah kotor oleh sidik jari.

2. Hasil foto kurang konsisten

Hasil jepretan dari ZenFone 5Q bisa dibilang kurang konsisten. Terkadang exposure-nya pas, terkadang sebaliknya. White balance-nya juga tidak selalu akurat, dan dynamic range-nya kurang luas. Memotret dengan kamera wide angle pun kualitasnya tidak setara dengan kamera utama.

svg%3E

3. Tidak didukung AI Boost

Berbeda dengan ZenFone 5, ZenFone 5Q tidak dibekali fitur AI Boost seperti yang ditawarkan oleh ZenFone 5. Sekadar mengingatkan, AI Boost berguna untuk mendongkrak performa secara instan. Seharusnya akan lebih menarik jika ZenFone 5Q juga memiliki fitur ini.

4. OS masih Nougat

Hingga artikel ini dibuat, ZenFone 5Q masih mengadopsi sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. Cukup tertinggal dibanding lawan-lawannya yang umumnya sudah Oreo. Asus pun belum mengumumkan kapan akan meluncurkan update.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Asus ZenFone 5Q. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda untuk memutuskan akan meminang smartphone tersebut atau sebaliknya!