Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Ini 5 Hal Menarik dari Kamera iPhone XS, XS Max dan XR

Wajib kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli

Departemen kamera iPhone XS, XS Max dan XR, sekilas memang masih mirip iPhone X yang meluncur tahun lalu. Kendati demikian, menurut Apple ada banyak sentuhan pembaruan di departemen kamera ketiga iPhone terbaru tersebut.

apple iphone xs 1

Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih detil pembaruan apa saja yang dibawanya, berikut 5 hal menarik yang perlu kamu ketahui dari kamera iPhone XS, XS Max dan XR.

1. Sensor dengan ukuran pixel lebih besar

Sama seperti iPhone X di tahun lalu, iPhone XS dan iPhone XS Max masih mempertahankan konfigurasi kamera ganda yang mengandalkan sensor 12 megapixel. Kamera utamanya dipersenjatai lensa wide dan kamera keduanya hadir dengan lensa berkemampuan 2x optical zoom.

iPhone XS 1

Tapi, jika dicermati lebih lanjut sensor 12 megapixel yang dibawa iPhone terbaru telah mendapat pembaruan. Menurut Apple, sensor 12 megapixel di kamera dengan lensa wide iPhone XS dan iPhone XS Max kini memiliki ukuran pixel yang lebih besar. Ukuran pixelnya meningkat dari 1.22 µm di iPhone X menjadi 1.4 µm.

Dengan ukuran pixel yang lebih besar artinya kamera dengan lensa wide iPhone XS dan iPhone XS akan mampu menangkap cahaya yang lebih banyak. Hasilnya, kameranya tersebut bisa menghasilkan tangkapan gambar dengan dynamic range yang lebih baik dan lebih andal di kondisi minim cahaya.

Sementara iPhone XR yang dibanderol harga lebih murah juga membawa kamera dengan sensor 12 megapixel dan dipersenjatai lensa wide yang sama seperti iPhone XS dan XS Max. Bedanya, di iPhone XR Anda hanya bisa menikmati kamera tunggal dan tidak akan menemukan kamera kedua dengan lensa berkemampuan zoom optical.

Pembaruan lain kemudian bisa terlihat di hasil fotonya. Menurut Apple, semua foto yang diambil dengan format HEIF hasilnya juga akan terlihat lebih matang jika dibandingkan dengan format JPEG.

2. Neural Engine dan ISP lebih canggih

Prosesor Bionic A12 telah meningkat kemampuannya jika dibandingkan Bionic A11. Tidak hanya lebih kencang dan efisien, kecerdasan buatan Neural Engine di prosesor Bionic A12 kini juga bertanggung jawab pada pengolahan dan pemrosesan foto yang terhubung ke image signal prosesor (ISP).

A12 bionic

Dengan sokongan Neural Engine, ISP, dan algoritma pemrosesan gambar yang lebih canggih nantinya kamera iPhone terbaru akan lebih detil mendeteksi dan mengenali wajah subyek.

Ini akan sangat berguna karena efek bokeh di hasil fotonya akan terlihat lebih realistis dan natural saat di mode Portrait. Selain itu kemampuannya memodifikasi cahaya di mode Portrait Lighting juga akan semakin mumpuni.

3. Depth Control

depth contorl 1
Menghasilkan foto dengan efek bokeh di latar subyek dengan kamera iPhone XS, XS Max dan XR akan semakin menarik. Pasalnya, berkat hadirnya fitur bernama Depth Control Anda kini dimungkinkan untuk mengatur efek bokeh di latar subyek sesuai selera dengan mengatur bukaan diafragma secara virtual.

Fitur ini memang tidaklah istimewa karena hampir semua smartphone Android kelas menengah dan premium telah memiliki fitur ini. Kendati demikian, untuk iPhone patut diapresiasi karena setidaknya iPhone XS, XS Max dan XR adalah generasi iPhone pertama yang dilengkapi fitur tersebut.

4. Smart HDR

Berkat Bionic A12 yang lebih kencang dan Neural Engine yang telah diperbarui, para teknisi Apple juga menciptakan mode Smart HDR. Smart HDR secara otomatis akan mengambil beberapa foto secara berurutan dengan kendali eksposur dan pengaturan yang berbeda.

smart HDR 1

Menurut Apple, dengan mode Smart HDR terbaru ini saat mengambil foto HDR kamera akan memroses dan mengolah foto dengan lebih cepat jika dibandingkan generasi iPhone sebelumnya. Foto HDR yang dihasilkan juga akan terlihat lebih baik di area highlight dan shadow.

5. Video

Tidak hanya mampu menghasilkan foto yang semakin baik, kemampuan merekam videonya juga turut mendapat peningkatan. Seperti iPhone X, iPhone XS, XS Max dan XR, tetap bisa merekam video hingga resolusi 4K 60 fps. Anda juga bisa merekam video gerakan lambat 240fps di resolusi Full HD.

Dengan sensor yang mengemas ukuran pixel lebih besar, artinya iPhone XS, XS Max dan XR, akan mampu merekam video yang lebih baik di kondisi minim cahaya dengan noise yang lebih minim. Modus videonya juga didukung dengan sistem penstabil yang lebih mumpuni dan kini mendukung perekaman video dengan audio stereo.

Back to top button