Fujifilm X-T3 Diumumkan dengan Prosesor Lebih Kencang dan Sensor Baru

Fujifilm siap menghadirkan generasi penerus mirrorless Fujifilm X-T2. Sambutlah Fujifilm X-T3, suksesor Fujifilm X-T2 ini datang dengan sederetan fitur dan teknologi baru yang menjanjikan peningkatan di sektor foto dan video.

svg%3E

Sensor dan prosesor baru yang lebih kencang

Di sektor desain, Fujifilm X-T3 masih terlihat mirip dengan X-T2. Bodinya tetap mengusung material magnesium yang tahan debu dan cuaca. Meski bodinya mirip, X-T3 dipersenjatai sensor dan prosesor yang lebih baru. X-T3 dipersenjatai sensor BSI X-Trans CMOS 4 yang resolusinya 26 megapixel. Sensornya ini tidak dilengkapi filter low-pass untuk mengoptimalkan ketajaman foto dan disokong prosesor terbaru Fujifilm yakni X-Prosesor 4.

svg%3E

Mengusung sensor APS-C back-illuminated terbaru, Fujifilm X-T3 menawarkan pengaturan ISO yang lebih lengkap. Di X-T3 kini tersedia pengaturan ISO dari ISO 160 hingga ISO 12800 yang bisa diekspansi dari ISO 80 hingga ISO 51200.

Prosesor quad core X-Prosesor 4 di Fujifilm X-T3 juga diklaim yang tercepat dengan kinerja yang 3 kali lebih cepat dibandingkan prosesor sebelumnya. Berkat prosesor terbarunya ini, Fujifilm X-T3 kini bisa memotret tanpa henti di resolusi penuh dengan kecepatan hingga 20fps dengan shutter elektronik, kinerja autofokusnya akan terasa lebih cepat dan kemampuannya merekam video semakin mumpuni. Menurut Fujifilm, X-T3 memiliki waktu start up yang sangat singkat yakni hanya 0,3 detik dan shutter lag hanya 0.045 detik.

Modus video kelas profesional

Satu kejutan yang ditawarkan X-T3 adalah modus videonya yang kini semakin lengkap. X-T3 mendukung perekaman video kelas profesional hingga di resolusi 4K/60p (DCI dan UHD). Kamera ini juga mendukung formaat F-Log dan output 10-bit 4:2:2 ke recorder eksternal atau 10-bit 4:2:0 ke memori internal dengan codec H.265. Sebagai pelengkap, X-T3 juga dilengkapi port mic dan headphone.

Autofokus semakin mumpuni di kondisi minim cahaya

svg%3E
Peningkatakan lain kemudian bisa terlihat di sistem autofokusnya yang hadir dengan 2.1 juta titik piksel phase detection yang mecakup hampir 100% area frame. Sistem fokusnya ini diklaim mampu melacak fokus dan melakukan metering 1,5x lebih sering dibandingkan X-T2. Kemampuannya mencari dan mengunci fokus di kondisi temaram juga telah diperpanjang sekitar 2 stop dari -1EV ke -3EV, sehingga memungkinkan untuk melakukan fokus secara akurat di kondisi cahaya temaram. Tambahan lain, mode AF-C X-T3 juga telah ditingkatkan dengan dukungan pelacakan fokus berdasarkan wajah dan mata subyek.

svg%3E

Jendela bidik OLED dan layar sentuh

Di Fujifilm X-T3 tetap bisa dijumpai jendel bidik elektonik OLED. Jendela bidiknya ini menawarkan rasio pembesaran hingga 0,75x dengan waktu lag hanya 0.005 detik dan refresh rate hingga 100fps. Dengan demikian jendela bidiknya ini akan memungkinkan fotografer untuk melihat dengan jelas subjek yang bergerak.

svg%3E

Menemani jendela bidiknya, Fujifilm X-T3 juga dilengkapi dengan layar sentuh LCD fleksibel berukuran 3.2 inci. Layarnya ini menawarkan kontras yang lebih tinggi dan sudut penglihatan yang lebih lebar dibandingkan X-T2.

svg%3E

Fitur lainnya, Fujifilm X-T3 dilengkapi WiFi, Bluetooth, dua slot kartu memori, port micro HDMI, USB 3.1, mendukung isi ulang baterai lewat port USB, dilengkapi efek simulasi film andalan Fujifilm dan kini mendukung efek Color Chrome yang sebelumnya tersedia di kamera medium format Fujifilm GFX 50s.

Fujifilm X-T3 tersedia dengan pilihan warna hitam dan silver. Harganya untuk bodi saja dipatok US$1500 dan US$1900 sepaket dengan lensa XF18-55mm.

[table]Spesifikasi; Fujifilm X-T3
Sensor; APS-C BSI CMOS X-Trans IV 26 megapixel
Prosesor; X-Processor 4
ISO; Auto, 160-12800 (expands to 80-51200)
Autofokus; Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Layar; tilting, layar sentuh 3 inci 1.040.000 titik
Jendela bidik; Elektronik OLED
continuos shoot; 20fps
Video; 4K 60p MPEG-4, H.264, H.265
Kartu memori; SD / SDHC / SDXC (UHS-II compatible)
Dimensi; 133 x 93 x 59 mm
Bobot; 539 g
[/table]

Verified by MonsterInsights