DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom: Duo Drone Lipat DJI dengan Kamera Paling Inovatif

Kemunculan generasi kedua DJI Mavic Pro memang telah sangat dinantikan para penggemar drone DJI. Kini penantian tersebut telah usai dengan hadirnya DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom.

DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom 1

Menariknya, kehadiran dua drone ini kami prediksi akan semakin mendongkrak popularitas DJI sebagai pabrikan drone. Pasalnya, DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom menawarkan teknologi kamera yang lebih inovatif dibandingkan drone lain sekelasnya.

Drone lipat pertama DJI dengan kamera Hasselblad

DJI Mavic 2 Pro adalah drone DJI pertama yang hadir dengan modul kamera L1D-20c dari pabrikan kamera legendaris, Hasselblad.

DJI Mavic 2 Pro 1

Modul kamera Hasselblad L1D-20c ini dipersenjatai sensor CMOS berukuran 1 inci. Ukuran sensornya tersebut sama seperti modul kamera di DJI Phantom 4 Pro. Kameranya ini bisa digunakan untuk mengambil foto hingga resolusi 20 megapixel dan video di resolusi 4K 30fps 100Mbps dengan kompresi H.265.

Dengan ukuran sensor yang lebih besar, kamera DJI Mavic 2 Pro jelas menjanjikan performa di kondisi minim cahaya yang lebih baik. Hal ini turut didukung dengan pengaturan opsi ISO yang tersedia hingga ISO 12.800 dan bukaan diafragma lensa yang bisa diatur manual dari F2.8 hingga F11.

DJI Mavic 2 Pro 3

Mendapat campur tangan Hasselblad, kamera DJI Mavic 2 Pro juga didukung teknologi HNCS (Hasselblad Natural Colour Solution). Berkat teknologi tersebut kameranya diklaim mampu menghasilkan gambar dengan detil warna yang 4 kali lebih baik dibandingkan versi lawasnya, DJI Mavic Pro.

Selain itu, di DJI Mavic 2 Pro juga bisa ditemukan fitur 10-bit Dlog-M dan 10-bit HDR Video untuk mendukung perekaman video kelas profesional.

Drone lipat pertama DJI dengan kamera 2x optical zoom

Beralih ke DJI Mavic 2 Zoom, drone ini adalah drone lipat pertama DJI yang hadir dengan lensa berkemampuan zoom. Namun, patut digaribawahi modul kamera DJI Mavic 2 Zoom bukanlah kamera Hasselblad seperti DJI Mavic 2 Pro.

dji mavic 2 zoom 2

ASUS vivobook s14 flip 728

DJI Mavic 2 Zoom membawa modul kamera dengan sensor CMOS berukuran 1/2.3 inci yang resolusinya 12 megapixel. Ukuran sensornya ini memang lebih kecil dari Mavic 2 Pro yang berukuran 1-inci. Tapi, DJI Mavic 2 Zoom tetap bisa merekam video hingga resolusi 4K 30fps 100Mbps dengan kompresi H.265. Selain itu, kelebihan modul kamera DJI Mavic 2 Zoom ada di sektor lensanya.

Lensa kamera DJI Mavic 2 Zoom hadir dengan kemampuan optical zoom 2x yang menawarkan jarak fokal 24-48mm. Dengan demikian, kini Anda dimungkinkan untuk mengambil gambar dari jarak jauh tanpa perlu menerbangkan drone lebih dekat ke subyek.

Di DJI Mavic 2 Zoom Anda juga bisa menemukan 2 mode pengambilan baru. Diantaranya, mode pengambilan video 4x Lossless Zoom di resolusi Full HD, pengambilan video dengan efek Dolly Zoom dan mode Super Resolution yang menggabungkan 9 foto untuk menghasilkan satu foto dengan resolusi 48 megapixel.

Desain dan spesifikasi sama, baterai tahan 31 menit

Meski membawa modul kamera yang berbeda, DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom hadir dengan mengusung desain lipat yang sama. Sektor kameranya juga sama-sama telah didukung gimbal 3-axis untuk memastikan hasil tangkapan gambarnya tetap tajam dan minim goyangan.

DJI Mavic 2 Pro 4a

Menurut DJI, dibandingkan DJI Mavic Pro rancangan DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom sedikit lebih panjang dan ergonomis. Sektor baling-balingnya juga turut mendapat pembaruan sehingga bisa terbang dengan lebih senyap.

Keunggulan lain, DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom kini juga semakin pintar. Kedua drone ini dilengkapi 10 sensor omnidirectional yang bisa melacak pergerakannya dari segala arah. Didukung dengan teknologi FlightAutonomy dan Advanced Pilot Assistance System (APAS) yang telah diperbarui, kedua drone ini mampu terbang otomatis dengan mengenali area sekitarnya dan menghindari rintangan yang ada di depannya. Dengan demikian bisa dipastikan keduanya bisa terbang dengan aman dan semakin mudah untuk diterbangkan.

Waktu terbangnya pun cukup lama. DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom bisa terbang hingga sekitar 31 menit dengan kecepatan maksimum 70.8 km/jam. Keduanya juga kompatibel dengan aksesoris DJI Goggles dan remot kendali yang mendukung fitur DJI OcuSync 2.0. Berkat fitur DJI OcuSync 2.0 keduanya bisa mentransmisikan siaran gambar yang ditangkap kameranya di resolusi Full HD ke smartphone pengguna hingga sejauh 8 Km.

Untuk fitur lain, DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom kini telah dilengkapi memori internal 8GB dengan tambahan slot microSD, dan beragam mode pengambilan gambar baru untuk berkreasi yang termasuk Hyperlapse, HDR Photo, Hyperlight, ActiveTrack 2.0, QuickShots dan Panorama.

Lalu berapa harganya? Jika berminat, untuk membawa pulang DJI Mavic 2 Pro Anda harus menyiapkan dana US$1449. Sementara DJI Mavic 2 Zoom harganya lebih terjangkau yakni US$1249.