Yuneec Mantis Q: Drone Lipat dengan Kamera 4K dan Baterai Paling Tahan Lama

Lama tidak terdengar kabarnya pabrikan drone asal Hongkong, Yuneec, kembali muncul dengan membawa drone terbarunya yaitu Yuneec Mantis Q. Drone yang mengusung desain lipat ini siap menjadi penantang DJI Mavic Air.

svg%3E

Dimensi ringkas bisa dilipat

svg%3E
Mengusung desain lipat, Yuneec Mantis Q hadir dengan rancangan bodi yang sangat ringkas. Saat kaki-kakinya terlipat dimensinya hanya 16.7 x 9.7 x 5.6cm. Bobotnya juga sangat ringan yakni hanya 0.5 kg. Dengan dimensinya tersebut jelas Mantis Q akan sangat mudah diajak berpetualang dan tidak akan banyak menyita ruang di dalam tas.

Kamera 4K dengan sistem penstabil elektronik 3-axis

Seperti Mavic Air, Mantis Q juga mengadopsi kamera lengkap dengan dukungan gimbal penstabil elektronik 3-axis untuk memastikan hasil tangkapan gambarnya bebas blur dan minim goyangan.

svg%3E

Kamera Mantis Q hadir dengan sensor CMOS 1/3.06 inci dan lensa sudut lebar 21.5mm yang bisa menangkap gambar hingga 117 derajat. Kameranya tersebut juga bisa digerakkan dari sudut 90 derajat hingga 20 derajat.

Untuk mengabadikan momen petualangan Anda, kamera Mantis Q mampu merekam video hingga resolusi 4K 30fps dan menghasilkan foto format 4:3 dengan resolusi 4160 x 3120 atau 16:9 yang resolusinya 4800 × 2700 pixel. Selain itu kamera Mantis Q juga telah mendukung pengambilan foto dengan format DNG atau JPEG.

Bisa terbang dengan aman di dalam ruangan

svg%3E
Menurut Yuneec, Mantis Q telah dilengkapi teknologi advanced indoor stabilizaton. Teknologi yang mengandalkan sensor sonar ganda dan kemampuan deteksi infrared ini bisa ditemukan di bagian bawah bodinya. Berkat teknologi tersebut memungkinkan Mantis Q untuk terbang dengan sangat aman di area indoor atau dalam ruangan.

svg%3E

Meski telah dilengkapi dengan sensor sonar, Mantis Q nampaknya belum didukung sistem pengaman pendeteksi rintangan. Jadi, saat terbang Anda tetap wajib waspada dengan segala rintangan yang menghadang di depannya. Sebagai fitur pengaman tambahan drone ini telah mendukung fitur RTH (Return To Home) untuk kembali ke titik awal penerbangan secara otomatis dan software FAA.

Fitur pintar lengkap

svg%3E
Mantis Q juga didukung dengan beragam fitur pintar. Untuk mempermudah Anda mengambil foto drone ini bisa dikendalikan lewat kendali gestur tangan di mode Gesture Control. Atau, Anda juga bisa mengaktifkan mode deteksi wajah agar kameranya bisa mengambil foto otomatis dengan mendeteksi wajah Anda.

Selain itu, Mantis Q juga didukung fitur perintah suara. Anda hanya perlu menyebutkan kata Wake Up untuk menyalakan drone ini, “Take Picture” untuk mengambil foto, “Record Video” untuk mulai merekam video dan “Take a Selfie” untuk swafoto.

Sementara untuk menghasilkan rekaman video dengan efek yang lebih sinematis, Mantis Q menyediakan mode terbang pintar seperti Journey Mode. Di mode ini Anda bisa menentukan jalur penerbangan kemudian Mantis Q akan terbang sesuai jalur tersebut otomatis sehingga Anda bisa fokus pada kameranya untuk merekam video. Selain itu tersedia juga mode Point of Interest yang memungkinkan Mantis Q untuk mengambil gambar dengan mengelilingi obyek secara otomatis.

Baterai paling lama di kelasnya

svg%3E
Satu keunggulan lain dari Mantis Q adalah daya tahan baterainya. Mantis Q diklaim mampu terbang hingga sekitar 33 menit. Durasi terbangnya ini paling lama jika dibandingkan drone lipat lain seperti Parrot Anafi yang hanya mampu terbang selama 25 menit, DJI Mavic Air sekitar 21 menit dan DJI Mavic Pro yang bisa terbang sekitar 27 menit.

Sementara kecepatan maksimum yang bisa dicapainya yakni 44.7mph di mode Sport. Untuk navigasi Mantis Q dilengkapi dengan remot kendali yang sudah ada langsung dalam paket penjualannya.

Yuneec Mantis Q saat ini sudah bisa di pre-order melalui situs Yuneec dengan harga mulai dari US$499 atau sekitar 7,3 juta Rupiah. Berminat?