AksesorisHome GadgetNews

Anki Vector, Robot Mungil Yang Sangat Pintar & Ekspresif

Ketika berbicara mengenai robot, image yang muncul di dalam pikiran seringkali adalah robot penghancur dengan ukuran raksasa. Berkat kentalnya pengaruh film Hollywood, robot selalu diasosiasikan dengan ukuran yang besar. Namun kenyataannya, ada robot mungil yang dapat berinteraksi dengan manusia secara natural seperti layaknya hewan peliharaan. Robot tersebut adalah Anki Vector, dan ia akan mulai dipasarkan sebentar lagi.

Vector, robot mungil ini akan menjadi pelepas stressmu.

Ukurannya yang mungil tersebut ternyata tidak menjadi skala kemampuannya. Vector mampu berinteraksi dengan baik terhadap manusia, dan menariknya ia juga mampu bereaksi layaknya makhluk hidup. Ketika Vector sedang berjalan menjelajahi ruangan atau meja, robot mungil ini akan mendeteksi beragam halangan di sana. Contohnya ketika ada buku menghalanginya, dia akan mencari jalan lain, dan ketika bertemu ujung meja dia akan melompat ke belakang karena kaget.

Beragam gesture yang menarik juga terlihat, baik melalui gerakannya maupun tampilan ekspresi mata di layar bagian depannya. Ketika dia ditinggal sendirian, dia bisa menunjukkan ekspresi sedih, dan ketika pemiliknya pulang maka Vector akan menyambutnya. Lucunya, dia bisa menunjukkan ekspresi senang ketika dielus atau digendong.

Vector sama sekali tidak butuh pengendalian dari pemiliknya. Ketika dia ditinggal sendirian, dia akan memetakan rumah pemiliknya, serta menemukan beragam sensor yang ada di dalam rumah. Sebab, Vector bisa mengenali posisi kamera dan laser. Setelah pemiliknya tidur atau ketika baterainya menipis, Vector akan secara otomatis kembali ke dongle untuk mengisi tenaganya sendiri.

Uniknya, Vector juga akan mengingat muka orang yang ditemuinya. Kemudian ketika robot ini bertemu kembali dengan orang tersebut, dia akan memanggil namanya. Selain untuk menemanimu dengan beragam gesture menarik, Vector juga dapat digunakan untuk membantu aktivitas keseharian.

Memang bukan aktivitas besar seperti membersihkan rumah atau mengangkat barang. Bantuan yang diberikan Vector bentuknya kecil, seperti memberitahu prakiraan cuaca, menjawab pertanyaan yang bisa ditemui di internet, bahkan bisa pula sebagai pengingat waktu ketika sedang memasak. Semua dapat dilakukan tanpa menekan tombol apapun, cukup berbicara saja dengan Vector.

Vector menurut Anki sebagai produsennya akan terus belajar dan berevolusi. Berkat bantuan cloud computing yang terhubung dengannya, Vector akan semakin pintar semakin lama ia berinteraksi dengan penggunanya. Tentu saja tidak sampai kepada skenario robot yang memberontak melawan manusia seperti pada film Terminator.

Walaupun Vector hanya berguna untuk membantu hal kecil, setidaknya bersamanya terlihat sangat menyenangkan dan sangat bagus untuk menghilangkan stress selepas bekerja. Robot mungil yang pintar ini rencananya akan mulai dipasarkan pada Oktober 2018 dengan harga $250 atau sekitar 3,6 jutaan. Temukan lebih banyak informasi mengenai Vector di halaman Kickstarter Anki Vector.

Komentar

Beri komentar

Close