Tip: Membangun Sistem Komputer Untuk Menonton & Bermain Game 4K

Membangun sistem komputer yang bisa digunakan untuk menjalankan game atau film di resolusi 4K bukan hal yang mudah. Selain kamu harus menyiapkan beragam komponen pendukungnya, kamu juga harus siap dengan dana yang dibutuhkan. Memang tidak dapat disangkal lagi pengalamannya akan sangat berbeda bila dibandingkan dengan resolusi 1080p, dan visual yang akan kamu temui dapat membuatmu lupa bernafas untuk beberapa saat.

Untuk itulah kami merasa perlu memberikan beberapa tips yang dapat kamu gunakan ketika ingin membangun sistem 4K. Sebab bila kamu salah membangun sistem seperti ini, maka kerugiannya jauh lebih besar bila dibandingkan dengan sistem HD. Berikut beberapa tips yang kami rangkum untukmu.

Pilih Graphics Card Terbaik

Ketika kamu membangun sistem untuk menjalankan 4K, apalagi untuk gaming, maka menggunakan graphics card dengan kekuatan besar adalah keharusan. Sebab layar yang ukuran resolusinya lebih dari dua kali lipat 1080p tentunya membutuhkan dua kali lipat kekuatan GPU pula. Apalagi bila kamu ingin memainkan game terbaru di sana.

Untuk itu, kamu sebaiknya menggunakan GPU terbaik saat ini. Untuk NVIDIA, pilihan terbaik dan paling nyaman ada di GeForce GTX 1080 dan GTX 1080 Ti. Ketika kamu menggunakan GPU tersebut, kamu bisa mendapatkan kualitas permainan yang cukup baik, mencapai frame rate 60 fps yang merupakan angka terbaik ketika sedang bermain game.

Namun untuk beberapa game terbaru, menggunakan 4K dengan bantuan GPU sekelas GTX 1080 Ti dan AMD Vega 64 sekalipun terkadang sulit untuk mencapai 60 fps. Itu sebabnya ada beberapa trik yang bisa digunakan, yaitu dengan mematikan fungsi anti-aliasing. Fungsi tersebut berguna untuk menghaluskan tepian grafik yang tampil di layar. Namun berkat begitu banyaknya pixel di 4K, maka tanpa anti-aliasing sekalipun gambar sudah terlihat sangat mulus.

Masalah harga tentu saja seharusnya tidak lagi menjadi masalah untukmu, bila kamu sudah memutuskan untuk membangun sistem gaming 4K. Untuk NVIDIA GeForce GTX 1080 dan GTX 1080 Ti, kisaran harganya antara $550 hingga $700, tergantung merek GPUnya. Sedangkan untuk AMD Vega 64, harganya berada di kisaran $580.

Tentu saja kau memiliki opsi untuk menggunakan kelas GPU di bawah GTX 1080, misalnya GTX 1070. Akan tetapi, game yang bisa dimainkan tidak bisa yang terbaru, dan juga hasil permainannya berada di bawah kata nyaman. Akan lebih baik bila resolusinya ada di bawah 4K.

Sedangkan bila kamu berpikir untuk menggunakan laptop gaming, maka harganya akan melonjak lebih tinggi lagi. Selain itu, kami merasa bermain dengan resolusi 4K di layar berukuran di bawah 27 inci adalah hal yang konyol. Karena, kamu sama sekali tidak bisa melihat perbedaannya dibandingkan ketika menggunakan resolusi 1080p. Lain masalah bila kamu menggunakan laptop gaming untuk dihubungkan ke TV 4K. Kembali lagi, laptop gaming tersebut akan menjadi sama saja seperti desktop PC, dengan harga yang lebih tinggi.

Bila kamu berpikiran untuk membeli GTX 1080 untuk sistemmu, maka kami sarankan untuk menunda sebentar. Karena ada berita yang mengatakan NVIDIA akan merilis GPU seri 11 terbarunya tidak lama lagi. Sebaiknya kamu melihat terlebih dahulu seberapa tinggi kemampuannya bila dibandingkan dengan GTX 1080. Memang harganya bisa lebih mahal, tetapi kamu tidak perlu menggantinya hingga beberapa tahun ke depan.

Ada pula opsi untuk menggunakan dua GPU bersamaan dengan menggunakan fitur Crossfire atau SLI. Namun kamu perlu berhati-hati pula karena terkadang GPU dari pabrikan berbeda memiliki masalah kompatibilitas. Selain itu, bandingkan pula harganya dengan GTX 1080; bila ternyata membeli dua GPU dan bridge SLI lebih mahal dibandingkan membeli satu GPU GTX 1080, maka menggunakan dual-GPU akan merugikanmu.

CPU Harus Tidak Menghambat Daya GPU

Tampilan 4K memang tergantung sangat besar pada GPU yang digunakan. Untuk itu, CPU yang mendukungnya sebisa mungkin tidak menjadi penghambat kerja GPU itu sendiri. Setidaknya, persiapkan prosesor dengan kemampuan yang memadai.

Bila kamu ingin menggunakan prosesor Intel, maka gunakanlah prosesor dengan kelas i5 atau i7. Sebenarnya semakin tinggi semakin baik, karena permintaan gaming masa depan akan semakin menggila. Bila kamu hanya menggunakannya untuk menonton film 4K, maka prosesor dengan kelas i5 sudah cukup.

Untuk prosesor AMD, ada peningkatan yang cukup terlihat untuk lini prosesor Ryzen. Sebaiknya kamu memilih prosesor AMD Ryzen 5 ke atas untuk menemani GPU yang kamu pilih. Sesuaikan dengan dana yang kamu miliki dengan tidak melupakan komponen lain yang dibutuhkan.

Komponen lain yang perlu diperhatikan adalah memory. Besarannya sebaiknya berada di 16GB ke atas. Karena game terbaru kelas AAA membutuhkan memory yang besar, bahkan bisa menyentuh angka 32GB untuk menjalankan setting tertingginya. Setelah kamu menggunakan layar 4K, tentunya kamu tidak ingin jalannya permainan tidak mulus akibat tercekik memory.

Pilih Port Yang Benar

Ranah visual 4K tidak lagi sama dengan tampilan 1080p. Dahulu, kamu bisa menggunakan HDMI untuk visual dengan resolusi 1920 x 1080 di frame rate 60 fps. Kini, slot tersebut tidak lagi bisa digunakan untuk menikmati tampilan 4K dengan nyaman.

Bahkan dengan HDMI 1.4 sekalipun, tampilan yang dihasilkan hanya bisa mencapai 30 fps saja, setengah dari jumlah frame rate yang disarankan untuk kenyamanan bermain game. Media monitor 4K yang digunakan juga memengaruhi penggunaan slotnya, karena HDMI 2.0 tidak bisa menghasilkan visual 4K dengan 60 fps pada monitor dengan refresh rate tinggi.

Itu sebabnya kamu perlu memperhatikan apakah slot di GPU dan monitor, atau TV 4K memiliki akses untuk DisplayPort 1.3 dan 1.4, yang mampu mendukung resolusi 4K di 120Hz. Artinya, port tersebut bisa menghasilkan gambar di resolusi 4K dengan tingkat kehalusan refresh rate yang tinggi. Sehingga matamu tidak akan kelelahan ketika bermain game, dan kinerja game juga terjaga dengan baik.

Memilih Monitor 4K Yang tepat

Pada akhirnya, semua komponen yang kamu gunakan akan terpancar melalui monitor yang digunakan. Bila kamu hanya menggunakan monitor 4K tersebut untuk menonton film 4K, maka kamu tidak perlu pusing mencari angka refresh rate yang tinggi, misalnya 120Hz. Namun lain masalah bila untuk bermain game.

Karena sifat game yang memperlihatkan transisi visual dengan cepat, maka refresh rate tinggi adalah keharusan. Masalahnya, monitor 4K dengan refresh rate tinggi berarti harga yang tinggi pula. Monitor 4K seperti ini bisa mencapai kisaran harga 30 jutaan, apalagi bila dilengkapi dengan fitur penghalus grafis seperti AMD FreeSync atau NVIDIA G-Sync.

Perlu menjadi catatan pula sebaiknya kamu memilih ukuran monitor yang tepat. Untuk menikmati resolusi 4K dengan nyaman, sebaiknya kamu menggunakan monitor dengan ukuran 27 inci ke atas. Kurang dari itu, kamu tidak bisa melihat perbedaan yang diberikan oleh resolusi super besar seperti 4K. Lebih baik lagi, kamu menikmatinya di layar berukuran 50 inci. Sayangnya, kamu perlu meletakkan sistem komputer dan mejanya jauh dari layar tersebut.

Baca juga
Gelar #MAYDAYPROMO, Xiaomi Tawarkan Diskon Hingga 900 Ribu Rupiah