Tingkatkan Keamanan, Microsoft Edge Kini Mendukung Otentikasi Biometrik

Keberadaan password merupakan media pengaman yang dibutuhkan semua orang, terutama bila berada di internet. Namun ancaman tidak berhenti hanya karena password, karena justru kini semakin banyak usaha hacker untuk membobol kunci pengaman tersebut. Itu sebabnya semakin banyak pihak yang mengamankan konsumennya tidak lagi melalui serangkaian huruf, melainkan melalui biometrik seperti yang dilakukan Microsoft Edge.

Microsoft Edge mengumumkan kemampuan baru web browser tersebut untuk menerima otentikasi keamanan melalui media biometrik. Tidak hanya terbatas pada sidik jari, kamu juga bisa menggunakan wajah atau perangkat portabel FIDO2.

Selain membuat lebih aman karena kamu tidak perlu lagi mengetikkan password secara diam-diam ketika menggunakan perangkat di area umum, kamu juga tidak perlu lagi khawatir lupa password. Karena saking banyaknya layanan di internet yang membutuhkan password untuk aksesnya, dan juga menggunakan hanya satu password saja tidak dianjurkan, maka mengingatnya saja bisa menjadi beban tersendiri.

Fitur biometrik Microsoft Edge membuat transaksi menjadi lebih aman.

Melalui Microsoft Edge Build 17723, sistem otentikasi secara biometrik tersebut dapat dihubungkan ke perangkat pendukungnya, baik itu adalah sensor sidik jari di laptop ataupun kamera untuk merekam mukamu. Selain mudah digunakan, kamu juga tidak perlu khawatir passwordmu dicuri oleh hacker.

Beragam website yang dibuka dari Microsoft Edge nantinya akan mendapatkan keuntungan dari proses keamanan ini. Walaupun masih ada website yang belum mendukung otentikasi melalui biometrik dan memerlukan nomor PIN untuk bisa masuk ke dalamnya. Berkat bantuan Windows Hello, semakin banyak website yang bisa dimasuki hanya dengan sidik jari atau muka saja.

Perangkat eksternal FIDO2 untuk otentikasi sidik jari.

Kamu juga bisa menggunakan perangkat eksternal FIDO2 untuk menggunakan fitur baru Microsoft Edge ini. Alat eksternal yang ditancapkan melalui USB tersebut pada dasarnya sama seperti sensor sidik jari pada laptop. Hanya saja perangkat ini bisa membantu bila laptop atau komputermu tidak memiliki sensor sidik jari.

Baca juga
Konami Perkenalkan Konsol Gaming Retro TurboGrafx-16 Mini