Home Aplikasi Google Gboard Tambahkan Fitur GIF, Stiker & 28 Bahasa Baru, Termasuk Bahasa...

Google Gboard Tambahkan Fitur GIF, Stiker & 28 Bahasa Baru, Termasuk Bahasa Batak

-

Bila kamu menggunakan keyboard dari Google, Gboard, maka bersiaplah untuk menemukan fitur baru yang menarik; atau bila kamu belum menggunakannya, sekarang adalah saat yang tepat untuk memasangnya di smartphonemu. Karena, Gboard baru saja diupdate dengan beberapa fitur menarik yang pastinya dapat membantumu ketika mengetik.

Google Gboard Tambahkan Fitur GIF, Stiker & 28 Bahasa Baru, Termasuk Bahasa Batak 1

Pertama adalah adanya tambahan fitur memasang gambar GIF di pesan atau dokumen yang sedang kamu ketik menggunakan Gboard. Hanya dengan menekan logo Google di sebelah atas keyboard, kamu akan menemukan menu untuk memilih GIF. Tinggal tekan gambar yang kamu suka dan gambar bergerak tersebut akan langsung masuk ke dalam pesanmu.

Tentu saja fitur ini semakin memudahkanmu untuk menambahkan pernik seperti GIF tanpa perlu mencarinya terlebih dahulu di internet, menyalin alamatnya, dan menyematkannya di dalam pesan. Melalui fitur batu Gboard tersebut, kamu tinggal menulis tema GIF apa yang ingin kamu cari dan gunakan. Setelah itu, sederetan gambar GIF akan muncul.

Menariknya, Gboard juga memiliki fitur membuat sendiri GIF dengan menggunakan kameramu. Cukup rekam melalui kameramu dan video tersebut akan menjadi gambar GIF yang bisa disertakan ke dalam pesan atau ke dalam dokumen.

Bila kamu lebih suka menggunakan stiker, Gboard juga memberikan fitur untuk menggunakannya. Sama seperti ketika menggunakan GIF, kamu tinggal menekan tombol G di atas keyboard dan menuliskan tema stiker yang ingin kamu gunakan. Setelah pilihan stiker muncul dan ada yang menarik hatimu, maka kamu tinggal menekannya untuk menyematkannya ke dalam pesan atau dokumen.

Tidak terbatas pada fitur visual saja, Gboard juga menyertakan update bahasa baru di dalamnya. Melalui update version 7.14.19.206421213 tersebut, kamu bisa menemukan adanya 28 bahasa baru, yaitu Bagri, Batak Toba, Bench, Bhili, Capiznon, Chavacano, Eastern Min, Fiji Hindi, Ge’ez, Gurani, Ingush, Karachay, Khorasani Turkic, Kipsigis, Maharashtrian Konkani, Lezgian, Mizo, Maguindanao, Malay (Brunei), Maranao, Southern Min, Northern Sami, Qashqa’i, Rinconada Bikol, Surjapuri, Tausug, Upper Saxon, Vasavi.

Kamu tidak salah lihat, Gboard kini mendukung bahasa Batak selain bahasa Indonesia dan Inggris. Jadi bila kamu akrab dengan bahasa Batak, maka kamu bisa menggunakan library di Gboard untuk memunculkan saran teks yang sedang ditulis, atau ketika ingin mencari stiker dan GIF.

Beri komentar