Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRNews

EOS Inspector 2: Permudah Cek Shutter Count Kamera Canon EOS

Di kamera DSLR, Shutter atau tombol rana kamera adalah serangkaian komponen mekanis yang memiliki umur pemakaian. Untuk itulah muncul istilah Shutter Count untuk menghitung jumlah berapa kali tombol shutter atau rana kamera yang ada di kamera telah ditekan untuk mengambil foto.

EOS Inspector 2 1

Pada umumnya, Shutter Count sebuah kamera bisa bertahan hingga sekitar 100.000 kali tekanan. Saat shutter count sudah maksimal maka fungsi shutter tidak akan berjalan semestinya dan kamera tidak bisa digunakan untuk mengambil foto. Alhasil Anda wajib mengganti komponen shutter tersebut.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada kamera DSLR yang dilengkapi dengan fitur penghitungan shutter. Lalu bagaiman cara mengetahui shutter count sebuah kamera? Mengetahui jumlah shutter count bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lewat bantuan komputer.

Hanya untuk kamera DSLR Canon EOS

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah EOS Inspector 2 yang merupakan hasil karya dari pengembang asal Rusia Konstantin Pavlikhin. Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengetahui shutter count di kamera DSLR Canon EOS saja.

EOS Inspector 2 2

Aplikasi EOS Inspector 2 bisa memberikan informasi secara detil jumlah shutter count dan menampilkan informasi lain seperti nomor seri, baterai dan versi firmware yang digunakan. Tidak hanya itu saja aplikasi ini juga bisa memperkirakan berapa jumlah bidikan foto yang masih bisa diambil oleh kamera. EOS Inspector 2 kompatibel dengan 65 model kamera DSLR dari Canon EOS 1D X, Canon EOS 5D hingga Canon EOS 1300D.

EOS inspector 3

Dengan mengetahui jumlah shutter count setidaknya ada 2 manfaat. Pertama, Anda bisa memperkirakan kapan batas maksimal kamera Anda bisa bekerja secara semestinya. Dan, yang kedua informasi jumlah shutter count bisa berguna untuk bahan pertimbangan jika Anda berniat untuk membeli kamera bekas. Dengan mengetahui jumlah shutter count ini Anda sebagai calon pembeli bisa mendapat gambaran sampai kapan kamera bekas tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Jika penasaran ingin mencoba aplikasi ini, EOS Inspector 2 dijual dengan harga US$2.99 dan hanya tersedia untuk pengguna MacOS. Aplikasi ini bisa didapatkan melalui Mac App Store.

Back to top button