MediaTek Umumkan Helio A22, SoC untuk Smartphone Terjangkau

MediaTek mengumumkan kehadiran lini terbaru dari SoC garapan mereka. Disebut A-series, SoC ini ditujukan untuk smartphone kelas menengah ke bawah yang dibanderol dengan harga terjangkau. Anggota pertama dari MediaTek A-series adalah Helio A22.

Dukung layar dengan aspect ratio 20:9

svg%3E

Dikutip dari Fonearena, Rabu (18/7), Helio A22 adalah SoC dengan CPU quad-core ARM Cortex-A53 berkecepatan 2 GHz. Menggunakan proses fabrikasi TSMC 12nm, Helio A22 dapat dipasangkan dengan memory LPDDR3 933 MHz hingga 4 GB, serta eMMC 5.1.

MediaTek mengklaim performa CPU dari Helio A22 30 persen lebih kencang dibanding pesaingnya, dan GPU-nya 72 persen lebih bertenaga. SoC ini juga sudah dibekali AI untuk mendukung fitur Face Unlock.

svg%3E

Yang lebih menarik, meski targetnya adalah smartphone kelas bawah, SoC ini ternyata sudah mendukung penggunaan layar HD+ dengan aspect ratio 20:9. Untuk urusan fotografi, Helio A22 mampu menunjang konfigurasi kamera ganda 13 megapixel + 8 megapixel, atau kamera tunggal 21 megapixel.

Xiaomi jadi yang pertama

MediaTek Helio A22 saat ini sudah masuk tahap produksi. Produk pertama yang dipastikan akan langsung menggunakan SoC tersebut adalah Xiaomi Redmi 6A, smartphone dengan RAM 3 GB yang dijual di harga 1 jutaan rupiah.

Selain Xiaomi, perangkat lainnya yang mengadopsi Helio A22 diprediksi juga akan meluncur ke pasaran di sepanjang tahun 2018 ini. Sayangnya, belum ada informasi brand mana saja yang sudah menyiapkan produk andalannya.