AndroidAplikasiNews

YouTube Perkenalkan Incognito Mode Untuk Hentikan Pelacakan Data Pribadi di Internet

Lindungi Informasi Pribadi Ketika Menonton di YouTube

Internet adalah tempat yang menyimpan banyak informasi berguna, dan di saat bersamaan punya banyak ancaman. Bukan hanya ancaman yang langsung terlihat saja seperti bullying, tetapi juga menyangkut keamanan data dan informasi dirimu. Seperti yang sempat diberitakan beberapa saat lalu, beberapa perusahaan internasional yang bergerak di bidang jasa internet menjual data mengenai penggunanya ke beberapa perusahaan lain.

Mungkin kamu merasa tidak kehilangan apapun ketika informasi mengenai dirimu dijual oleh mereka. Namun yang perlu kamu ketahui adalah informasi tersebut menyangkut kebiasaanmu di internet seperti website apa saja yang kamu buka, serta kebiasaan berbelanja dan juga kebiasaan lain yang kamu lakukan di internet. Kemudian data itu digunakan untuk memancingmu menonton iklan, dan mengajakmu secara bawah sadar untuk membeli. Untuk itu, mode Incognito seperti yang ditawarkan oleh YouTube baru-baru ini menjadi sangat penting.

Melalui mode Incognito, kamu akan menyelusuri internet secara terpisah dari dirimu yang sebenarnya, misalnya IP internetmu akan berbeda serta data yang ada di dalam aplikasi bukan lagi data pribadimu. YouTube memberikan opsi Incognito tersebut hanya untuk versi Android saja untuk saat ini, jadi kamu bisa menonton dengan tenang.

Untuk menggunakan mode Incognito di YouTube, kamu cukup klik logo profilmu yang ada di pojokan kanan layar smartphone, kemudian pilih “Turn on Incognito” di sana. Ketika mode ini menyala, kamu tidak bisa melihat library dan playlist yang kamu kumpulkan ketika menggunakan profilmu karena dianggap sebagai pengguna yang berbeda.

Namun mode Incognito di YouTube tidak sepenuhnya beresih dari pelacakan pihak lain. Pada saat kamu menggunakan mode ini, kegiatanmu masih dilacak oleh YouTube. Akan tetapi semuanya akan dihapus begitu kamu keluar dari mode Incognito. Sayangnya beberapa pihak masih dapat melacak kegiatanmu di mode Incognito sampai kamu keluar dari mode tersebut, seperti system admin dan ISP.

Bila kamu ingin menggunakan mode Incognito tetapi tidak menemukannya, artinya kamu belum meng-update YouTube ke versi terbaru. Setelah kami update YouTube versi Android ke versi terbaru, kami langsung bisa menggunakan mode ini.

Komentar

Beri komentar

Close