2-in-1 notebookKomputerNews

Microsoft Surface Go: Versi Hemat Surface Pro dengan Intel Pentium Gold

Komputer Paling Kecil dan Ringan dari Microsoft

Microsoft merilis versi hemat Surface Pro. Diberi nama Microsoft Surface Go, laptop dengan konsep 2-in-1 ini diotaki prosesor Intel Pentium Gold yang merupakan prosesor Intel untuk segmen komputer yang harganya lebih terjangkau.

Tidak pelit fitur

Sebagai perangkat komputer paling kecil dan ringan dari Microsoft, Surface Go tetap hadir dengan layar sentuh Pixel Sense Display seperti Surface Pro. Bedanya, layar Surface Go lebih kecil yakni 10 inci dan resolusinya 1800 x 1200 pixel.

Satu hal yang patut diacungi jempol, meski hadir sebagai versi hemat Surface Pro, Surface Go tetap membawa semua fitur yang ada di Surface Pro. Sebut saja seperti TypeCover keyboard yang bisa dilepas pasang, dilengkapi slot microSDXC, mengusung desain tanpa kipas pendingin, dilengkapi kaki penyangga, mendukung Surface Dock dan bisa digunakan dengan pena stylus Surface Pen. Tidak hanya itu saja, di akhir tahun nanti bahkan Microsoft akan menyediakan Surface Go dengan dukungan jaringan LTE opsional.

Untuk spesifikasinya, Surface Go diotaki prosesor Intel Pentium Gold 4415Y dan RAM dengan opsi 4GB atau 8GB. Untuk ruang penyimpanannya tersedia pilihan dengan eMMC 64GB dan menggunakan SSD dengan pilihan kapasitas 128GB atau 256GB. Surface Go menjalankan sistem operasi Windows 10 S yang juga bisa diupgrade ke Windows 10 Pro dengan tambahan sedikit biaya.

Baterai tahan 9 jam

Sayangnya, Surface Go tidak membawa baterai seperti Surface Pro. Baterai Surface Go bisa digunakan hingga sekitar 9 jam sementara Surface Pro lebih tahan lama yakni hingga 13.5 jam. Baterainya ini bisa diisi ulang lewat port USB Type-C yang tersedia.

Microsoft Surface Go akan mulai tersedia di bulan Agustus 2018 dengan harga jual mulai dari US$399. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia resmi di Indonesia.

Komentar

Beri komentar

Close