Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Tertarik dengan Xiaomi Redmi S2? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Xiaomi terbilang sangat rajin meluncurkan produk terbarunya di pasar Indonesia. Meski beragam, deretan smartphone yang mereka tawarkan rata-rata memiliki selisih harga yang tidak terlalu signifikan satu sama lain. Karena itu, butuh kejelian bagi para pengguna agar bisa memilih smartphone Xiaomi sesuai harapannya.

Nah, bagaimana dengan Redmi S2 yang dirilis belum lama ini? Jika Anda termasuk orang yang berencana meminangnya, simak dulu kelebihan dan kekurangan dari Redmi S2 di bawah ini:

Yang Canggih:

1. Layar lega

Xiaomi Redmi S2 hadir dengan layar 5,99 inci 18:9 yang membuatnya terlihat amat lega. Walaupun resolusinya masih HD+, gambar yang ditampilkan menurut kami masih cukup tajam dan keluaran warnanya pun cukup baik di kelasnya.

Untuk mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari seperti browsing, media sosial, menonton video, hingga bermain games, layar Redmi S2 cukup memadai. Ukurannya yang besar membuat Anda bisa menikmati konten dengan lebih puas.

2. Triple Slot

Salah satu kekurangan dari Redmi Note 5 adalah penggunaan slot hybrid yang mengharuskan pengguna memilih antara memasang dua SIM-card, atau memakai microSD. Untungnya, Xiaomi tidak lagi mengusung konsep serupa di Redmi S2. Smartphone ini punya tiga slot sekaligus.

3. Sensor sidik jari dan Face Unlock

Sensor sidik jari memang sudah menjadi penawaran standar bagi smartphone kelas menengah saat ini. Meski begitu, di pasaran tetap ada produk 2 jutaan yang belum memilikinya. Pada Redmi S2, Xiaomi menawarkan sistem keamanan yang cukup lengkap di kelasnya. Selain sensor sidik jari, Anda juga bisa menggunakan fitur Face Unlock.

4. Kamera lumayan di kelasnya

Xiaomi Redmi S2 dibekali kamera depan 16 megapixel yang sudah didukung teknologi pixel binning dan fitur AI Beautify. Sementara di belakang, ada kamera ganda dengan konfigurasi 12 megapixel + 5 megapixel yang bisa menciptakan foto dengan efek bokeh.

Meski belum sebagus Redmi Note 5, menurut kami kamera belakang Redmi S2 tetap termasuk bagus di kelasnya. Kamera selfie-nya pun bisa diandalkan. Walaupun hanya punya satu sensor, Anda tetap bisa membuat foto selfie dengan efek latar blur.

5. Performa oke untuk berbagai kebutuhan

Berbeda dengan Redmi Note 5, Redmi S2 ‘hanya’ dipersenjatai SoC Snapdragon 625 yang ditemani RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Meski termasuk SoC lawas, Snapdragon 625 masih mampu memberikan performa yang mumpuni di kelasnya untuk mendukung berbagai kebutuhan. Untuk gaming jelas masih memungkinkan. Mobile Legends dan PUBG Mobile masih bisa dijalankan dengan cukup lancar.

6. Baterai awet

Di sektor daya, Xiaomi membenamkan baterai 3080 mAh pada Redmi S2. Perlu diingat, Snapdragon 625 adalah SoC yang hemat daya. Selain itu, resolusi layar smartphone ini juga masih HD+. Hasilnya, Redmi S2 bisa menyala sejak pagi hingga malam hari dengan gaya pemakaian normal. Hasil pengujian menggunakan aplikasi PC Mark (Work 2.0 battery life) juga cukup memuaskan.

Yang Kurang:

1. Desain membosankan

Redmi S2 masih mengusung DNA desain yang serupa, alias ‘gitu-gitu’ saja. Dilihat sekilas pun langsung terasa amat mirip dengan Redmi Note 5. Bagi Anda yang sering mengikuti perkembangan smartphone Xiaomi mungkin akan berpendapat sama dengan kami: bosan dengan desainnya.

2. Harga (menurut kami) tidak semenarik saudaranya

Nah, mungkin ini kekurangan yang tidak semua orang akan setuju. Memang terlalu subjektif, tapi bagi kami, harga Redmi S2 (Rp2.399.000) terlalu dekat dengan saudaranya sendiri, yakni Redmi Note 5 (Rp2.499.000). Tercatat harga resmi keduanya hanya berbeda 100 ribu rupiah.

Padahal, banyak sekali keunggulan Redmi Note 5 yang tidak dibawa ke Redmi S2. Misalnya resolusi layar Full HD+, SoC Snapdragon 636 yang performanya nyaris dua kali lipat dari Snapdragon 625, serta pastinya, kualitas kamera Redmi Note 5 yang jauh lebih baik.

Lalu, bagaimana menurut Anda? Apakah perbedaan harga yang hanya 100 ribu rupiah tetap tidak menghalangi minat Anda meminang Redmi S2 demi kamera selfie yang lebih menggiurkan? Atau justru berencana mengalihkan pilihan ke Redmi Note 5? Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengambil keputusan!