[Gadget Guide] Oppo F7 atau F7 Youth, Pilih Mana?

Anda yang gemar selfie pastinya sudah tidak asing dengan deretan smartphone keluaran Oppo. Untuk saat ini, andalan Oppo di Indonesia adalah F7 yang hadir dengan kamera depan 25 megapixel plus dukungan AI Beauty 2.0.

Selain F7, Oppo juga memiliki varian lainnya yang dibanderol dengan harga lebih murah, yakni F7 Youth. Meski secara harga masih di bawah F7, Oppo tetap membekali F7 Youth dengan fitur-fitur keren yang mirip dengan saudaranya.

Nah, jika Anda masih bingung ingin memilih Oppo F7 atau F7 Youth, yuk, simak dulu perbandingan keduanya di bawah ini:

1. Oppo F7 punya layar berponi (notch)

svg%3E

Salah satu hal yang membuat Oppo F7 tampak begitu menarik adalah penggunaan layar dengan poni (notch) di atasnya. Seperti diketahui, desain semacam ini memang sedang populer di tahun 2018, dan pastinya membuat F7 terlihat lebih modern.

svg%3E

Meski begitu, jika Anda kurang suka layar dengan poni, F7 Youth bisa menjadi alternatif. Smartphone ini hadir dengan layar Super Full Screen yang ukurannya tidak jauh berbeda dengan F7, yaitu 6 inci 18:9. Artinya, baik F7 maupun F7 Youth sama-sama cocok untuk Anda yang ingin menikmati konten di layar lebar.

2. F7 Youth tanpa sensor sidik jari

svg%3E
Solar Red, gradasi warna yang lebih dalam dibandingkan warna merah F5

Perbedaan lainnya yang bisa langsung Anda lihat dari luar adalah keberadaan sensor sidik jari. Tidak seperti F7, Oppo memutuskan untuk tidak membekali F7 Youth dengan sensor tersebut.

Walaupun demikian, F7 Youth tetap memiliki fitur Face Unlock dengan tingkat akurasi tinggi yang bisa Anda gunakan untuk membuka kunci secara cepat. Alternatif lain untuk sistem keamanan pun masih banyak, misalnya password dan pattern.

3. Konfigurasi kamera seflie yang berbeda

svg%3E

svg%3E

Oppo F7 menjadi smartphone pertama yang dibekali kamera depan dengan sensor Sony IMX576 25 megapixel. Kamera selfie dengan aperture f/2.0 ini didukung banyak fitur keren. Salah satunya adalah HDR di sensor (hardware), Depth Effect (bokeh), dan A.I. Beauty 2.0.

Sedangkan F7 Youth mengusung kamera depan dengan sensor HDR 8 megapixel dan lensa f/2.2. Walaupun resolusinya lebih rendah, varian Youth tetap dibekali fitur-fitur khas Oppo seperti AI Beauty 2.0 untuk membantu Anda menciptakan foto selfie yang bagus.

4. Kamera belakang juga beda

Tidak hanya kamera depan, kamera belakang F7 dan F7 Youth juga memiliki perbedaan. Untuk kamera belakang, Oppo menanamkan sensor 16 megapixel f/1.8 pada F7, sementara F7 Youth didukung
sensor 13 megapixel dengan lensa f/2.2.

svg%3E

Menariknya, Oppo lagi-lagi hanya membedakan resolusi kameranya saja. Fitur-fitur canggih seperti Super Vivid Mode, Portrait Mode (bokeh), Panorama, hingga mode Expert tetap tersedia di kedua smartphone tersebut.

5. Harga

Perbedaan terakhir pastinya adalah harga. Oppo F7 bisa Anda dapatkan dengan mengeluarkan dana sebesar Rp4.199.000. Sementara untuk F7 Youth, harganya lebih terjangkau yakni di angka Rp3.799.000.

Itulah beberapa hal yang membedakan antara Oppo F7 dan F7 Youth. Yang perlu ditekankan, meski di beberapa sektor F7 Youth kalah dari F7 versi standar, harus diketahui bahwa dengan harga yang lebih murah Anda tetap dapat menikmati performa kencang Helio P60 yang dipasangkan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

So, bagaimana? Sudah lebih mudah menentukan pilihan?

Verified by MonsterInsights