Foto & VideoLensaNews

Sony 400mm f/2.8 GM OSS: Lensa 400mm F/2.8 Paling Ringan di Dunia

Lensa fix 400mm pertama di lini lensa Sony E-mount

Kabar baik untuk pengguna kamera mirrorless full frame Sony. Untuk pertam kalinya Sony akhirnya menghadirkan lensa fix super telefoto 400mm di ekosistem lensa Sony E-mount. Lensa ini adalah Sony 400mm f/2.8 GM OSS

Lensa 400mm paling ringan di dunia

Satu hal yang sangat menarik dari Sony 400mm f/2.8 GM OSS adalah bobotnya yang sangat ringan. Dengan bobot yang hanya 2,7 Kg Sony 400mm f/2.8 GM OSS berhasil menyabet predikat lensa 400mm dengan bukaan diafragma f/2.8 paling ringan di dunia.

Rahasianya, Sony 400mm f/2.8 GM OSS mengusung rancangan desain optik yang lebih inovatif dengan jumlah elemen optik yang lebih sedikit. Selain itu Sony juga mengurangi penggunaan komponen yang terbuat dari material logam magnesium. Dengan begitu menurut Sony bobot lensa ini bisa menjadi yang paling ringan di kelasnya.

Bobotnya yang ringan pun diklaim akan tetap seimbang meski digunakan memotret secara handheld tanpa tripod atau terpasang di monopod.

Kinerja autofokus cepat dan senyap

Kinerja autofokus Sony 400mm f/2.8 GM OSS didukung 2 Linear Motor XD (extreme dynamic) berkecepatan tinggi. Sony juga turut menambahkan algoritma gerak khusus untuk mengendalikan tingkat kebisingannya. Dengan demikian kinerja autofokus Sony 400mm f/2.8 GM OSS dijamin akan sangat cepat, minim lag dan tidak berisik.

Fitur lengkap

Sony 400mm f/2.8 GM OSS dilengkapi dengan beragam fitur pengaturan fokus. Diantaranya, tombol focus-hold di 4 titik, Full-TIME DMF untuk beralih ke fokus manual kapan saja, cincin pengaturan fokus dengan Linear Response MF untuk optimalkan pengaturan fokus manual dan 3 opsi penstabil. Selain itu, Sony 400mm f/2.8 GM OSS juga menjadi lensa Sony pertama yang dilengkapi cincin fungsi pengaturan “Preset” dan “Function”.

Fitur lainnya, rancangan lensa ini telah termasuk 3 elemen lensa fluorite untuk mengurangi chromatic aberration dan meminimalkan kebocoran warna, dilengkapi lapisan Nano AR untuk mengurangi pantulan cahaya dan efek kabur, serta tambahan lapisan fluorine untuk menangkal debu dan jejak sidik jari.

Lensa yang sangat ideal untuk fotografi olahraga dan alam liar ini rencananya akan mulai tersedia di pasaran bulan September 2018. Jika berminat Anda harus menyiapkan dana sekitar US$12000 untuk membawanya pulang.

Komentar

Beri komentar

Close