Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Huawei Nova 2 Lite: Harga 2 Jutaan dengan Layar FullView, Kamera Ganda dan Fitur Face Unlock

Versi hemat Huawei Nova 2i, fitur tetap lengkap

Cek Harga

Huawei di tahun lalu memang berhasil mencuri perhatian penggemar gadget tanah air lewat Huawei Nova 2i, smartphone jagoannya yang membawa 4 kamera. Sukses Huawei Nova 2i inilah yang membuat Huawei cukup percaya diri untuk memboyong versi hematnya, Nova 2 Lite. Apakah smartphone ini bisa mengulang sukses Nova 2i dan mampu bersaing di smartphone kelas harga 2 jutaan Rupiah. Simak ulasannya berikut ini.

Layar FullView Display masih jadi andalan

Dari tampilan mukanya, Huawei Nova 2i dan Nova 2 Lite sekilas memang terlihat serupa. Kehadiran Nova 2 Lite tetap dengan mempertahankan layar FullView seperti Nova 2i. Layarnya yang berukuran 5,99 inci memiliki aspek rasio 18:9 dengan bingkai layar yang tipis.

Meski sama-sama mengusung layar FullView, jika ditelusuri lebih lanjut resolusi layar Nova 2 Lite lebih rendah dibandingkan Nova 2i. Layar Nova 2i resolusinya Full HD+ sementara layar Nova 2 Lite resolusinya HD 1440 x 720 pixel. Tapi, untunglah tampilan di layar Nova 2 Lite terlihat cukup memuaskan. Tingkat ketajaman dan akurasi warna yang dihasilkan cukup oke. Opsi pengaturan layarnya juga didukung dengan fitur Eye Comfort yang berguna untuk melindungi mata dari pancaran cahaya biru.

Berkat layar yang lebih ramping smartphone ini pun nyaman digenggam meski layarnya berukuran besar. Selain itu, meski bodinya terbuat dari plastik rancangan bodinya secara keseluruhan terasa cukup kokoh.

Tidak dilengkapi 4 kamera

Tepat di atas layarnya ini bisa ditemukan kamera depan yang diperkuat sensor 8 megapixel dan toning flash yang berguna untuk mengoptimalkan foto selfie di kondisi pencahayaan yang temaram.

Sektor kamera inilah yang membuat ciri fisiknya jelas berbeda dengan Nova 2i. Di Nova 2 Lite Anda tidak akan menemukan 4 Kamera seperti Nova 2i. Meski tidak dilengkapi dengan kamera depan ganda, Nova 2 Lite tetap membawa kamera ganda di belakang. Konfigurasi kamera gandanya mirip Nova 2i dengan sensor kamera 13 megapixel dan 2 megapixel.

Kendati demikian, posisi kamera Nova 2 Lite dan Nova 2i berbeda. Kamera ganda Nova 2 Lite dipasang horisontal di pojok kiri atas bodi, berbeda dengan Nova 2i yang dipasang segaris sejajar secara vertikal di posisi tengah atas.

Menemani kamera gandanya, di Huawei Nova 2 Lite juga bisa ditemukan sensor sidik jari. Penempatan sensor sidik jarinya terasa pas dan mudah untuk diakses. Berkat teknologi Fingerprint 4.0 yang dibawanya, sensor sidik jarinya ini juga mampu membuka kunci layar dengan sangat cepat. Selain bisa mengamankan dengan sensor sidik jari, di Nova 2 Lite Anda juga bisa membuka kunci layar dengan fitur deteksi wajah atau face unlock.

Kamera cukup memadai

Lalu bagaimana dengan kualitas kameranya? Dengan mengusung sensor yang resolusinya sama seperti Nova 2i, kamera Nova 2 Lite cukup bisa diandalkan untuk memotret di beragam situasi. Di kondisi pencahayaan yang cukup kinerja autofokusnya terasa cukup cepat dan akurat. Tingkat ketajaman foto cukup baik dengan warna yang relatif akurat.

IMG_19700213_052933

IMG_19700213_054628

IMG_19700212_085222

Sementara di kondisi temaram hasil fotonya terlihat kurang detil dan ketajamannya akibat kendali noise yang cukup agresif.
IMG_19700212_085428

IMG_19700206_080814

IMG_20180605_182522

Berkat kamera gandanya ini Anda juga dimungkinkan untuk memotret dengan efek bokeh. Kinerja kameranya menghasilkan foto bokeh cukup lumayan, meski di beberapa skenario pemotretan hasil foto bokehnya masih terlihat kurang rapih. Seperti di Nova 2i, efek bokeh pada hasil fotonya juga masih bisa diatur setelah foto diambil. Secara keseluruhan kameranya ini cukup memuaskan meski bukan yang terbaik di kelasnya.

IMG_19700131_063216

IMG_19700212_053325

IMG_19700206_065108

IMG_19700131_084906

Hasil foto dengan kamera depannya juga cukup oke. Sementara fitur lain yang mendukung kameranya, di Nova 2 Lite kami tidak menemukan mode pemotretan yang selengkap Nova 2i. Kendati demikian, mode yang dibawanya sudah cukup memadai untuk menunjang kegiatan fotografi sehari-hari.

Untuk hasil foto Huawei Nova 2 Lite selengkapnya tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com.

Performa rata-rata

Berbeda dengan Huawei Nova 2i, Nova 2 Lite tidak diotaki chipset HiSilicon Kirin yang menjadi andalan Huawei. Nova 2 Lite diotaki prosesor Qualcomm Snapdragon 430 dengan RAM 3GB. Untuk ruang penyimpanan tersedia memori internal 32GB. Ruang penyimpanannya ini masih bisa diekspansi lewat slot microSD. Nova 2 Lite semakin menarik karena langsung menjalankan antarmuka EMUI 8.0 yang berbasis Android 8.0. Dengan spesifikasinya tersebut Nova 2 Lite cukup memuaskan digunakan sehari-hari. Smartphone ini terasa cukup gegas, buka tutup dan berpindah aplikasi juga terasa lancar tanpa masalah yang berarti. Untuk hasil benchmarknya berikut ini:

Untuk gaming, Nova 2 Lite juga masih bisa diandalkan. Beberapa judul game kekinian seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends bisa berjalan dengan cukup lancar di pengaturan grafis tertentu.

Baterai cukup tangguh

Untuk menemani pengguna aktivitas seharian, Nova 2 Lite telah ditenagai dengan baterai yang kapasitasnya 3000mAh. Pada prakteknya saat kami gunakan sehari-hari untuk berselancar di internet, mengakses sosial media dan sesekali memotret dan bermain game baterainya masih sanggup bertahan hingga nyaris seharian. Sayangnya, untuk waktu isi ulang baterainya memang terasa agak lama yakni sekitar 2 jam lebih. Cukup wajar mengingat Huawei belum membekalinya dengan fitur isi ulang cepat.

Kesimpulan

Ditawarkan dengan harga jual yang di kisaran Rp2.599.000, Nova 2 Lite memang akan bersaing ketat di smarpthone kelas 2 jutaan. Walau begitu, meski hadir sebagai versi hemat Huawei Nova 2i, Nova 2 Lite tetap layak dipertimbangkan dengan performanya yang memadai serta didukung beragam fitur jagoan seperti Layar FullView, kamera ganda dengan fitur bokeh, fitur pengaman face unlock serta menjalankan EMUI 8.0 yang berbasis sistem operasi Android 8.0.

Yang Canggih:
+ Harga kompetitif
+ Kamera ganda dengan hasil foto yang cukup memuaskan
+ Performa memadai
+ Baterai cukup tahan lama
+ Fitur face unlock
+ EMUI 8.0 yang berbasis sistem operasi Android 8.0.
+ Layar Fullview

Yang Kurang
+ Bodi plastik
+ Layar belum Full HD
+ Belum dilengkapi fast charging

Meski hadir sebagai versi hemat Huawei Nova 2i, Nova 2 Lite tetap layak dipertimbangkan dengan performanya yang memadai serta didukung beragam fitur jagoan seperti Layar FullView, kamera ganda dengan fitur bokeh, fitur pengaman face unlock serta menjalankan EMUI 8.0 yang berbasis sistem operasi Android 8.0.
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close