MSI Optix MAG491C, Monitor Gaming 49 Inci Dengan harga di Bawah $1000

Persaingan antara produsen perangkat gaming semakin ketat saja tahun ini. Bahkan sampai perangkat yang sebelumnya tergolong unik sekalipun mulai meramaikan pasar di pertengahan tahun ini. Salah satunya adalah monitor gaming berukuran 49 inci dari MSI, dengan nama MSI Optix MAG491C.

svg%3E

Layar Eksotis Dengan Ukuran 49 Inci

Bagi gamer, menggunakan layar dengan ukuran yang lebar adalah keuntungan tersendiri ketika bermain. Itu sebabnya menggunakan MSI Optix MAG491C bisa dikatakan senjata baru untuk mengalahkan musuh di dalam game. Namun, ukuran layar yang cukup besar dan unik ini ternyata menggunakan dasar yang mirip dengan panel VA yang digunakan pada Samsung C49HG90.

Bedanya, pada MSI Optix MAG491C ada beberapa batasan atau pengurangan bila dibandingkan dengan layar Samsung. Pada monitor gaming ini, tidak ada fitur HDR, Quantum-Dot, 1ms MPRT, dan FreeSync 2. Akibatnya, kualitas gambarnya berada di bawah Samsung. Cukup wajar, mengingat harganya juga berada jauh di bawah Samsung C49HG90.

Monitor 49 Inci Dengan Kualitas Memadai

Untuk bermain game, MSI Optix MAG491C bisa dikatakan telah siap. Dimulai dari digunakannya resolusi 3840×1080 yang bisa membuat detail grafis di dalam game menjadi tajam. Kemudian, ada pula refresh rate 144Hz yang mampu membuat game dengan kecepatan tinggi tidak mengalami screen tearing dan patah-patah.

Ditambah lagi MSI Optix MAG491C juga didukung oleh kecepatan response time 3ms. Meskipun ada beberapa kalangan yang menganggap gaming seharusnya menggunakan 1ms, tetapi pada kenyataannya untuk monitor gaming dengan budget menengah kinerja itu cukup memadai. Bila masih kurang, ada pula fitur AMD FreeSync yang semakin memperhalus kualitas gambar bila kamu menggunakan graphics card yang mendukung teknologi tersebut.

svg%3E

Ketika melihat dari sisi kualitas warnanya, meskipun masih kalah dengan Samsung C49HG90 tetapi monitor ini masih bisa dinilai tinggi. Sebab, monitor gaming ini memiliki 100% sRGB color gamut, dan 400 nits brightness. Nilai yang tergolong tinggi tersebut membuat monitor gaming ini mampu menghasilkan warna yang cerah dan contrast yang tinggi pula.

Dari segi harganya, MSI Optix MAG491C diperkirakan akan dijual pada kisaran $999, atau sekitar 14 jutaan. Bila kamu ingin mencari monitor berukuran 49 inci dengan harga di bawah monitor sekelas Samsung C49HG90, tetapi menggunakan panel yang sama maka monitor gaming dari MSI ini bisa menjadi salah satu pertimbanganmu.

[table]

Spesifikasi;MSI Optix MAG491C
Ukuran layar;49 inci
Resolusi;3840 x 1080
Tipe panel;VA
Aspect Ratio;32:9
Refresh Rate;144Hz
Response Time;3ms (GtG)
Adaptive Sync;FreeSync
Port;DisplayPort, 3x HDMI
Brightness;400 cd/m2

[/table]