Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

[Hands-On] SanDisk iXpand Base: Solusi Backup data iPhone yang Praktis dan Mudah Digunakan

Bisa sekaligus isi ulang baterai iPhone

Saat ini pengguna iPhone bisa melakukan backup file melalui fasilitas layanan komputasi awan seperti Google Drive atau iCloud yang menjadi standar untuk para pengguna iOS.

Kendati demikian, cukup jarang pengguna iPhone yang melakukan backup data dengan satu alasan yang umum yakni proses yang sangat merepotkan dan memakan waktu. Menjawab permasalahan tersebut SanDisk meluncurkan iXpand Base yang diharapkan bisa menjadi solusi paling mudah untuk backup data dari memori internal iPhone.

Desain ringkas

Dalam paket penjualan SanDisk iXpand Base hanya terdiri dari unit SanDisk iXpand Base dan sebuah charger untuk menyuplai daya. Secara dimensi perangkat ini tergolong ringkas dan sangat hemat tempat.

Bagian atas permukaan SanDisk iXpand Base hadir dengan material karet yang bertekstur. Dengan demikian iPhone Anda dijamin tidak akan terpeleset saat ditempatkan di atas permukaannya. Sementara di bagian bawahnya bisa ditemukan sebuah port untuk memasang kabel Lightning dari Apple. Di bagian belakangnya juga bisa ditemukan slot microSD dan port daya.

Bisa backup data sambil isi ulang baterai

Untuk menggunakan SanDisk iXpand Base juga sangat mudah. Anda hanya perlu memasang kabel Apple Lightning ke port yang tersedia dan hubungkan iPhone Anda. Kemudian, pastikan kartu memori SD sudah terpasang dan unduh aplikasi iXpand Base yang ada di App Store.

Saat semuanya tersambung, SanDisk iXpand Base tidak hanya sekedar medium untuk backup data tapi juga sekaligus bisa mengisi ulang daya iPhone. Jadi, proses backup yang memakan waktu lama bisa dilakukan bersamaan sambil isi ulang baterai tanpa berlu khawatir baterai iPhone akan kehabisan.

Menurut kami waktu ideal untuk melakukan backup adalah di malam hari. Anda hanya perlu memasang iPhone ke iXpand Base, jalankan aplikasinya untuk backup, kemudian keesokan paginya semua file Anda sudah selesai di backup dan baterai iPhone penuh.

Proses backup otomatis

Satu hal yang sangat menarik dari SanDisk iXpand Base adalah kemampuan backup yang bisa dilakukan secara otomatis dan cepat. Perlu dicatat Anda hanya dimungkinkan untuk backup 3 jenis data yang diantaranya foto, video dan kontak. Lewat aplikasinya Anda dibebaskan untuk memilih diantara 3 data tersebut mana yang ingin dibackup. Apakah foto saja, video saja, foto dan video, atau ketiganya. Antarmuka aplikasinya pun sangat sederhana dan mudah digunakan.

Kemampuan backup otomatis inilah yang menjadikannya sangat praktis. Ini karena semua kontak, foto, dan video yang ada di memori internal iPhone bisa dibackup sekaligus dalam 1 proses. Kekurangannya, Anda tidak dimungkinkan untuk memilih satu persatu foto atau video yang ingin dibackup.

Dengan demikian, menurut kami ada baiknya Anda membeli iXpand Base sesuai dengan kapasitas ruang penyimpanan iPhone. Jika iPhone Anda memiliki ruang penyimpanan 128GB, Anda kami sarankan untuk membeli model iXpand Base dengan karu memori SD 128GB. Jadi, saat proses backup berlangsung Anda tidak perlu khawatir proses backup terhenti karena iXpand Base kekurangan ruang penyimpanan.

Untuk transfer data secara langsung, Anda bisa melakukannya menggunakan kartu SD atau kabel micro USB ke PC atau laptop. Menariknya, semua data yang sudah terbackup di kartu memori SD akan tersusun dengan rapih dan sangat teroganisir. Data yang tersimpan langsung dikelompokkan secara otomatis per folder berdasarkan tahun. Dengan begitu akan semakin mempermudah untuk melakukan pencarian data yang sudah dibackup. Keunggulannya lain, Anda juga dapat melakukan restore dari data cadangan yang sudah di backup tersebut jika memang diperlukan.

Kesimpulan

SanDisk iXpand Base memang menawarkan konsep yang praktis untuk mempermudah pengguna iPhone melalukan backup. Apalagi jika iPhone Anda memiliki memori internal yang kapasitasnya besar. Cara penggunaan iXpand Base yang sangat mudah dan bisa melakukan backup secara otomatis menjadi keunggulan perangkat ini. Nilai tambahnya, Anda juga bisa melakukan backup sambil isi ulang baterai iPhone.

Jika tidak keberatan dengan harganya iXpand Base bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek mulai dari Rp783.000 untuk kapasitas 32GB, Rp1.105.000 untuk kapasitas 64GB dan Rp1.523.000 untuk kapasitas 128GB. Dan perlu dicatat, iXpand Base memang bukanlah satu-satunya solusi backup data untuk pengguna iPhone saat ini. Untuk alternatif yang lebih terjangkau Anda bisa memanfaatkan produk SanDisk lain seperti misalnya iXPand Mini atau membayar langganan komputasi awan seperti Google Drive dan iCloud.

Komentar

Beri komentar

Close