Aksesoris KomputerKomputerNews

[Computex 2018] AMD Umumkan Prosesor Threadripper2 32 Core & RX Vega 56 Nano

Computex 2018 menjadi ajang persaingan teknologi baru di bidang prosesor, terutama dari sisi jumlah core. Setelah sebelumnya Intel mengumumkan prosesor dengan kecepatan 5GHz dan 28 core, kini giliran AMD unjuk kemampuan. AMD mengumumkan akan merilis penerus dari prosesor Threadripper dengan jumlah core 32 dan graphics card baru.

AMD umumkan penerus dari Threadripper dengan kemampuan hingga dua kali lipat.

Prosesor Dengan 32 core & 64 Thread

Untuk prosesor, jumlah core dan thread berakibat langsung pada kemampuannya menjalankan proses komputasi yang diberikan padanya, baik melalui multi tasking maupun single tasking. Pengumuman yang diberikan oleh AMD mengenai penerus Threadripper yang sebelumnya memiliki 16 core menjadi 32 core merupakan terobosan yang positif. Berarti konsumer akan semakin dimanjakan dengan perangkat dan komputer yang semakin kencang dan semakin banyak kemampuannya.

Prosesor terbaru AMD tersebut akan tiba di pasaran pada kwartal ketika 2018.

Ketika AMD mengumumkan prosesor tersebut, masih tidak banyak informasi yang bisa ditarik darinya. Hanya informasi mengenai prosesor tersebut dibuat berdasarkan proses pabrikan 12nm Zen+ yang lebih ditingkatkan. Tampaknya prosesor tersebut nantinya akan lebih efisien dalam dayanya dan peningkatan kecepatan base clock. Untungnya, AMD memberikan janji bahwa prosesor tersebut akan dipasarkan pada kwartal ketiga tahun ini.

AMD Siapkan Penerus Radeon R9 Fury Nano

Untuk penggemar GPU Radeon, AMD juga memberikan pengumuman mengenai penerus dari Radeon R9 Fury Nano. Dibuat berdasarkan RX Vega 56, AMD memperkecil GPU tersebut menjadi RX Vega 56 Nano. Untuk graphics card tersebut, AMD menyerahkannya kepada PowerColor untuk pabrikannya, dan kemampuannya hanya sedikit di bawah RX Vega 56. Bagi pengguna casing berukuran menengah dan kecil, GPU dengan kekuatan besar dan berukuran kecil adalah berita yang sangat baik.

Spesifikasi lebih lengkap mengenai kemampuan RX Vega 56 Nano masih belum diberikan oleh AMD. Hanya sedikit yang bisa dilihat dari pengumuman tersebut, antara lain chipnya dibuat dari basis proses pabrikan 14nm FinFET dengan 64 ROPs, memiliki konfigurasi memory 8GB HBM2 dengan 2048-bit bus width. Terlihat pula adanya tiga konektor HDMI di GPU tersebut.

Sayangnya untuk RX Vega 56 Nano masih belum diberikan kepastian mengenai ketersediaannya di pasaran. Harganya juga masih belum pasti karena AMD masih belum mengumumkannya. Meskipun demikian, untuk gamer yang tidak memiliki casing besar, GPU ini pastinya akan menjadi incaran untuk dibeli nantinya.

Komentar

Beri komentar

Close