Apple iOS 12: Fokus Tingkatkan Performa, Hadir dengan Beragam Fitur Baru

Apple baru saja mengumumkan sistem operasi terbarunya di WWDC 2018, yakni iOS 12. Dibanding generasi sebelumnya, Apple mengklaim pengembangan iOS 12 difokuskan pada sektor performa.

Kinerja lebih cepat

svg%3E

Dikutip dari GSMArena, Selasa (5/6), iOS 12 memiliki kinerja 12 persen lebih kencang dibanding pendahulunya, dengan kecepatan membuat aplikasi 40 persen lebih tinggi, kamera 70 persen lebih cepat, serta kecepatan keyboard 50 persen lebih baik.

Yang menarik, iOS 12 nantinya akan tersedia di seluruh perangkat yang saat ini sudah mengusung iOS 11. Artinya, smartphone lama seperti iPhone 5s juga akan kebagian update. Menarik untuk menantikan bagaimana dampak peningkatan performa yang akan dirasakan pengguna iPhone lawas tersebut.

svg%3E

Selain performa, iOS 12 hadir dengan AR Kit 2 dan format file 3D grapic baru yang USDZ. AR Kit 2 ini fokus untuk memberikan pengalaman AR yang lebih canggih. Nantinya, beberapa orang sekaligus bisa saling berbagi virtual environment yang sama, misalnya ketika membuat konten atau bermain games. LEGO menjadi salah satu perusahaan yang siap memanfaatkan fitur anyar ini.

Fitur baru lainnya ada di Photos. Di iOS 12, sistem pencarian di Photos akan ditingkatkan oleh Search Suggestion. Pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan aktivitas, lokasi, liburan, dan sebagainya.

svg%3E

svg%3E

Siri juga dijejali fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat shortcut untuk beberapa perintah tertentu, misalnya menemukan kunci, memesan kopi, memesan tempat di restoran, hingga pengingat. Siri pun kini bisa menyarankan penggunanya untuk melakukan berbagai hal yang mungkin terlupakan, contohnya memesan kopi di pagi hari atau mengirim pesan ketika akan datang terlambat saat memiliki janji bertemu seseorang.

FaceTime dengan 32 orang sekaligus

svg%3E

Aplikasi Messages pada iOS 12 tak ketinggalan mendapatkan fitur baru. Apple merilis 4 Animoji anyar berupa koala, hantu. T-rex, dan macan. Serunya lagi, iOS 12 juga hadir dengan Memoji, yakni Animoji yang bisa didesain sesuai keinginan penggunanya. Pengguna bisa mengubah gaya rambut, mata, wajah, hingga menambahkan kacamata, topi, dan lain-lain.

Nah, yang satu ini tak kalah keren. FaceTime pada iOS 12 bisa menghubungkan hingga 32 orang sekaligus! Fitur ini terintegrasi dengan Message dan pengguna bisa melakukan panggilan ke semua anggota grup chat lewat aplikasi Message/ Bahkan, pengguna juga bisa bergabung dengan group FaceTime yang sedang berlangsung kapanpun ia mau.

svg%3E

Seperti disebutkan di atas, semua perangkat yang saat ini sudah mengadopsi iOS 11 dijanjikan akan menerima update ke iOS 12, termasuk iPhone lawas seperti iPhone 5s. Sayangnya, Apple belum mengumumkan tanggal pasti kapan iOS 12 akan dirilis.

Verified by MonsterInsights