Resmi Diumumkan, Xiaomi Mi 8 Hadir dengan 3D Face Unlock dan Dual GPS

Setelah melalui beragam rumor selama beberapa pekan terakhir, Xiaomi akhirnya secara resmi mengumumkan kehadiran Mi 8. Smartphone ini terbilang spesial karena dirilis untuk merayakan ulang tahun ke-8 dari produsen asal China tersebut.

3D Face Unlock dan Dual GPS

svg%3E

Xiaomi Mi 8 tampil kekinian karena sudah mengusung layar dengan notch (poni) yang bisa disembunyikan sesuai keinginan. Ukuran layarnya 6,21 inci, menggunakan panel Samsung AMOLED, memiliki aspect ratio 18.7:9, serta resolusi Full HD+ alias 2248 x 1080 pixel.

Dikutip dari GSMArena, Jumat (1/6), Xiaomi membenamkan cukup banyak fitur yang tergolong canggih di kelasnya. Salah satunya adalah 3D Face Unlock yang memungkinkan Mi 8 membuka kunci hanya dengan memindai wajah penggunanya. Bedanya dengan face unlock biasa, Mi 8 mampu mendeteksi wajah di kondisi cahaya yang gelap sekalipun karena didukung infrared.

svg%3E

Ada pula teknologi Dual GPS. Menurut Xiaomi, fitur ini memungkinkan layanan berbasis lokasi, misalnya navigasi, menjadi jauh lebih akurat. Dual GPS menggabungkan frekuensi L1 tradisional yang biasa digunakan di banyak smartphone lainnya, dengan frekuensi L5 yang dipakai oleh industri penerbangan.

Dari sektor performa, Xiaomi Mi 8 tampil menggiurkan karena sudah dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 845 yang ditemani RAM 6 GB. Memori internalnya terdiri dari tiga pilihan, 64 GB, 128 GB, dan yang terbesar 256 GB. Sama seperti Mi 6, Mi 8 tidak memiliki audio jack 3.5mm.

Kamera ganda dengan skor DxOMark tinggi

svg%3E

svg%3E

Xiaomi kembali mengedepankan sektor kamera di smartphone terbarunya ini. Mi 8 dibekali kamera belakang ganda dengan konfigurasi Sony IMX363 12 MP (f/1.8, 1.4µm) ditambah 12 MP (f/2.4, 1.0 µm). Kamera keduanya menggunakan lensa tele.

Menurut Xiaomi, kamera ini sudah didukung kecerdasan buatan (AI), yang mampu mendeteksi lebih dari 200 scene pemotretan serta dapat melakukan 4-in-1 pixel binning untuk menghasilkan jepretan yang lebih baik di kondisi low light.

Yang menarik, Xiaomi mengumumkan bahwa kamera Mi 8 berhasil mendapatkan skor 99 di DxOMark. Ini artinya, Mi 8 mampu mengungguli iPhone X. Bahkan nilai khusus untuk kemampuan fotografinya mencapai 105! Untuk urusan selfie, Xiaomi membenamkan kamera 20 megapixel f/2.0 di depan yang didukung AI Beautify.

Explorer Edition dengan sensor sidik jari di bawah layar

svg%3E

Xiaomi Mi 8 rencananya akan mulai dijual ke pasaran pada 5 Juni 2018 mendatang. Seperti biasa, harganya amat menarik untuk sebuah smartphone dengan spesifikasi seperti ini. Varian termurahnya (6/64GB) bisa ditebus dengan dana US$420 atau sekitar 5,8 juta rupiah.

Selain tiga varian standar, Xiaomi juga memiliki varian spesial yang diberi nama Mi 8 Explorer Edition. Bedanya dengan varian standar, varian ini hadir dengan sensor sidik jari di bawah layar. RAM yang dibenamkan pun lebih besar, 8 GB. Untuk Mi 8 Explorer Edition, Xiaomi memasang harga sekitar US$600 atau sekitar 8,3 juta rupiah.

Verified by MonsterInsights