Vivo Indonesia Pamerkan X21 dan Apex Concept, Duo Perangkat dengan Sensor Sidik Jari di Bawah Layar

Vivo tercatat sebagai salah satu produsen smartphone pertama yang memperkenalkan sensor sidik jari di bawah layar. Sejauh ini, sudah ada dua smartphone Vivo yang mengusung teknologi tersebut, yakni X21 Under Display dan Apex.

Nama yang disebut pertama sudah mulai dijual ke pasaran sejak Maret 2018 lalu. Namun untuk Apex, saat ini statusnya masih sebatas konsep atau prototipe saja dan menurut Vivo baru akan dirilis di pertengahan tahun.

Yang menarik, dalam acara temu pers di Jakarta, Rabu (23/5), Vivo memamerkan kedua smartphone canggih tersebut kepada awak media. Ada dua versi X21 yang dibawa, yakni yang sensor sidik jarinya ada di bawah layar dan yang sensornya ada di bagian belakang ponsel.

Vivo X21

svg%3E

Sekadar mengingatkan, Vivo X21 adalah smartphone dengan layar Super AMOLED 6,28 inci Full HD+ aspect ratio 19:9, dan memiliki notch di bagian atasnya. Smartphone ini dipersenjatai SoC Snapdragon 660 octa-core Kryo dengan GPU Adreno 512, RAM 6 GB, dan memori internal hingga 128 GB.

Vivo X21 kembali mengedepankan kamera sebagai nilai jual utamanya. Untuk selfie, smartphone dengan OS Android 8.1 Oreo ini menyediakan sensor 12 megapixel dengan lensa f/2.0 di depan, yang juga mampu mendukung fitur Face Wake 2.0 dengan 3D Mapping.

Pada bagian belakang, pengguna ditawarkan sistem kamera ganda dengan konfigurasi 12 megapixel f/1.8 yang didampingi kamera kedua yakni 5 megapixel f/2.4.

svg%3E

Versi yang memiliki sensor sidik jari di bawah layar tampil lebih memukau. Sejauh kami mencobanya, sensor ini berfungsi dengan cepat dan responsif meski posisinya ada di bawah layar. Untuk mengaksesnya, pengguna harus meletakkan jari di layar bagian bawah.

Vivo Apex Concept

svg%3E

Walaupun belum bisa disebut produk jadi, Vivo Apex tetap tampil keren dengan bagian depan yang didominasi layar seluruhnya. Tidak ada tombol apapun, tidak ada poni, tidak ada kamera depan, dan semua sensor disembunyikan di bawah layar.

Bagaimana jika ingin selfie? Ketika pengguna masuk ke aplikasi kamera, kamera depan Vivo Apex akan muncul dari sisi bagian atas secara otomatis. Setelah aplikasi ditutup, kamera tersebut akan kembali masuk ke dalam.

svg%3E

Kapan masuk Indonesia?

Vivo memang sudah memberi bocoran soal rencananya meluncurkan X21 di Indonesia. Namun sayangnya, untuk saat ini mereka belum bisa memberi kepastian. Satu hal yang Vivo Indonesia tekankan, kemungkinan X21 masuk Indonesia jauh lebih besar dibanding Apex.