Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Xiaomi Redmi Note 5: Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera Ganda Mumpuni di Kelasnya

Cek Harga

Xiaomi seolah tak pernah kehabisan produk baru dengan spesifikasi mumpuni dan harga menarik untuk meramaikan persaingan di ranah smartphone. Meski banyak yang menunggu kapan mereka akan membawa seri flagship-nya, harus diakui bahwa fokus di pasar menengah ke bawah untuk saat ini merupakan strategi yang wajar, karena memang pasar inilah yang terbesar di Indonesia.

Redmi Note 5 adalah bukti bahwa Xiaomi masih senang bermain di level 2 jutaan rupiah. Kehadiran smartphone ini tidak hanya membuat lawan-lawannya wajib ketar-ketir, tapi secara tidak langsung pun turut membuat smartphone Xiaomi lainnya di level harga setara yang telah rilis lebih dulu menjadi tersaingi.

Sesungguhnya apa yang membuat Xiaomi begitu percaya diri untuk meluncurkan Redmi Note 5 di Indonesia? Simak ulasan lengkap kami di artikel berikut ini:

Desain khas Xiaomi, kamera vertikal di belakang

Kami mungkin cukup sering menggunakan sub-judul “Desain khas Xiaomi” di setiap artikel-artikel review dari produk mereka. Alasannya? Karena memang demikian adanya. Jika dilihat dari depan, Redmi Note 5 ini amat mirip dengan Redmi 5 Plus.

Mengusung layar 5,99 inci dengan aspect ratio 18:9, bagian depan Redmi Note 5 nyaris didominasi seluruhnya oleh layar. Dengan bezel yang lumayan tipis, smartphone masih ini masih memungkinkan untuk dioperasikan dengan satu tangan, walaupun mungkin, tidak oleh Anda yang bertangan mungil.

Dengan ketebalan bodi 8,05mm, Redmi Note 5 bukan smartphone tertipis di kelasnya. Meski demikian, menurut kami masih dalam batas wajar. Yang sedikit di atas rata-rata adalah bobotnya yang mencapai 181 gram. Ini pun masih bisa dimaklumi karena memang baterai yang tertanam kapasitasnya besar.

Bagian belakangnya sudah mengusung material metal yang menambah kesan premium. Sisi antena pada bagian atas dan bawah dilapisi plastik. Desain belakangnya lagi-lagi mirip dengan smartphone Xiaomi sebelumnya. Tapi satu yang paling membedakannya adalah posisi kamera belakang ganda yang kali ini disusun secara vertikal. Tepat di tengah, Anda akan menemukan sensor sidik jari.

Bagi yang belum tahu, Redmi Note 5 versi Indonesia kurang lebih sama dengan Redmi Note 5 Pro yang dijual di luar. Karena itu, jangan heran meski namanya Redmi Note 5 (tanpa Pro), smartphone ini memiliki kamera belakang ganda.

Kembali membahas desainnya, varian yang kami uji adalah yang berwarna Gold. Karena mengusung material metal, bagian belakang dari Redmi Note 5 menjadi tidak mudah kotor oleh sidik jari. Namun konsekuensinya, sedikit licin. Anda bisa mengakalinya dengan memasang soft case yang untungnya sudah termasuk dalam paket penjualan.

Satu hal yang menurut kami menjadi kekurangan yang cukup menonjol dari Redmi Note 5 adalah ketersediaan slot. Xiaomi masih mengandalkan konsep hybird, artinya slot microSD berbagi tempat dengan slot SIM-card 2. Anda harus mengorbankan salah satu, butuh SIM-card 2 atau butuh ruang penyimpanan data ekstra?

Layar lebar yang memuaskan

Seperti disebutkan di atas, tampilan depan Redmi Note 5 kurang lebih mirip dengan Redmi 5 Plus. Anda akan menemukan layar IPS 5,99 inci 18:9 dengan resolusi Full HD+. Dengan kombinasi tersebut, gambar yang disajikan tampak tajam dan keluaran warnanya pun menawan.

Penggunaan di bawah sinar matahari bukan masalah berarti, meski harus dicatat, tingkat kecerahan dari layar Redmi Note 5 belum yang terbaik. Intinya layar ini masih sangat memadai untuk berbagai kebutuhan.

Main game dan menonton video menjadi lebih memuaskan. Untuk multitasking pun enak. Anda bisa dengan mudah membuka dua aplikasi sekaligus di layar. Anda pun bisa mengutak-atik tampilan layarnya melalui menu Settings. Ada pula fitur-fitur pendukung seperti Double-tap untuk membangunkan layar dan Reading Mode agar mata tidak cepat lelah.

Soal audio, Xiaomi tidak membenamkan fitur khusus untuk mendongkrak perfomanya. Speaker pada Redmi Note 5 tergolong lumayan lantang dan jernih. Tapi posisinya ada di bawah, sebelah port microUSB, yang artinya berpotensi tertutup jari sendiri saat bermain game.

MIUI 9.5 berbasis Android Oreo

Dari sektor sistem operasi, Xiaomi Redmi Note 5 sudah mengadopsi MIUI 9.5 berbasis Android 8.1 Oreo. Cukup menarik karena Anda tidak perlu menunggu update lagi untuk mencicipi OS terbaru.Secara keseluruhan, tak ada perbedaan berarti antara MIUI 9.5 dengan versi sebelumnya. tampilannya cukup bersih tanpa app drawer dan minim bloatware yang tidak penting. Anda hanya akan menemukan aplikasi standar Xiaomi seperti Mi Drop, Mi Remote, atau MIUI Forum.

Fitur-fitur menarik seperti Second Space tetap tersedia. Bagi yang belum tahu, fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat ruang yang terpisah dan rahasia untuk menyimpan file atau aplikasi apapun. Intinya, seperti memiliki dua smartphone.

Ada pula Dual Apps yang sesuai namanya berguna untuk membuat kloning dari aplikasi tertentu. Misalnya ketika Anda ingin menggunakan dua akun WhatsApp, Facebook, atau Instagram untuk keperluan yang berbeda.

Soal kinerjanya, MIUI 9 terasa cukup gesit dan ringan. Ada banyak kemajuan dibanding versi sebelumnya, contohnya soal manajemen RAM yang lebih baik.

Kamera belakang ganda yang mumpuni!

Inilah yang menjadi daya tarik utama dari Redmi Note 5. Xiaomi memberikan konfigurasi yang terdiri dari sensor pertama 12 megapixel f/1.9 dan sensor kedua 5 megapixel f/2.0. Untuk selfie, Xiaomi menyediakan kamera depan 13 megapixel f/2.0.

Pada kamera belakangnya, Xiaomi membekalinya dengan Portrait Mode untuk menciptakan efek bokeh. Cara penggunaannya kurang lebih sama dengan smartphone dual-camera Xiaomi lainnya, misalnya Mi A1.

Anda harus memberi jarak sekitar 1 hingga 2 meter dari objek foto jika ingin efek bokehnya bagus. Setelah itu, cukup arahkah fokus ke objek foto, dan background di belakangnya akan langsung blur. Mudah dan cepat.

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5 (22)

Hasil foto Redmi Note 5 (3)

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5 (7)

Satu perbedaan yang paling terasa untuk kami adalah kemampuan kamera ganda ini menciptakan efek bokeh di kondisi cahaya yang agak temaram. Jika Anda pernah memakai Mi A1, Anda pasti tahu bahwa menggunakan Portrait Mode saat low light adalah opsi yang tidak ideal. Noise-nya banyak dan ketajaman foto menurun drastis. Pada Redmi Note 5, kinerjanya meningkat cukup signifikan.

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5 (16)

Penasaran seperti apa kemampuan kamera Redmi Note 5? Kami sudah membuat artikel terpisah yang lebih lengkap untuk menceritakan fitur tersebut. Langsung saja baca di tautan berikut ini.

Untuk hasil foto yang lebih lengkap, Anda bisa mengaksesnya di akun Flickr Yangcanggih.com

Kinerja handal untuk berbagai kebutuhan

Bukan cuma kamera, sektor performa dari Redmi Note 5 pun wajib disorot. Dibanding pendahulunya, Xiaomi Redmi Note 5 sudah dipersenjatai SoC baru yang lebih bertenaga dan hemat daya, yakni Qualcomm Snapdragon 636 (14nm) dengan prosesor octa-core.

Opsi RAM LPDDR4X dan memori internalnya ada dua pilihan, 3GB/32BG dan 4GB/64GB. Keduanya dibanderol dengan jarak perbedaan harga yang menurut kami masih masuk akal.

(catatan: versi yang kami review adalah yang menggunakan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB)

Kinerjanya tak perlu ditanya. Mantap. Snapdragon 636 memang dikenal sebagai penerus Snapdragon 625 dengan performa nyaris dua kali lipat. Apapun kebutuhan Anda dapat terfasilitasi dengan baik.

Untuk main game pun lancar. Kami sempat mencoba beberapa judul yang sedang populer di Indonesia, mulai dari Mobile Legends, Arena of Valor, hingga PUBG Mobile. Judul yang disebut terakhir dapat berjalan mulus di setting medium, dengan frame rate yang terjaga stabil dengan baik.

Untuk lebih menjelaskan seperti apa performa dari Redmi Note 5, langsung saja simak beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark berikut ini:

Baterai awet

Xiaomi Redmi Note 5 hadir dengan baterai 4000 mAh. Ukuran yang menurut kami lumayan besar untuk sebuah smartphone 2 jutaan rupiah. Xiaomi yakin, kapasitas baterai tersebut mampu membuat Redmi Note 5 menyala seharian untuk menemani aktivitas.

Terbukti, kami bisa menggunakan smartphone ini dari pagi hingga malam hari tanpa perlu mengisi ulang daya, dengan gaya pemakaian normal. Bahkan, jika pemakaiannya lebih minim, Redmi Note 5 bisa bertahan hingga 1,5 hari! Manajemen baterainya menurut kami cukup baik sehingga daya yang dikonsumsi terasa lebih efisien.

Sayangnya, Xiaomi belum membekali Redmi Note 5 dengan dukungan fast charging. Dengan charger 5V/2A bawaannya, butuh waktu sekitar 2 jam lebih agar baterai terisi penuh dari kondisi di bawah 5 persen hingga 100 persen.

Kesimpulan

Tak bosan-bosannya kami menyebut produk Xiaomi sebagai opsi paling menarik di kelas harganya. Pasalnya, menurut kami Redmi Note 5 berhasil membuktikan diri sebagai raja yang sulit untuk disaingi smartphone-smartphone dari brand lainnya di level yang sama.

Memang ada yang lebih murah dengan Snapdragon 636, dan baterainya pun lebih besar. Tak dapat kami pungkiri bahwa itu juga merupakan pilihan yang amat menarik. Namun sebagai pengguna yang sangat menyukai sektor kamera, kami menilai Redmi Note 5 lebih menggiurkan. So, semua kembali ke apa kebutuhan utama Anda.

Dibanderol mulai dari Rp2.499.000, Xiaom Redmi Note 5 cocok untuk Anda yang mencari smartphone 2 jutaan dengan performa mumpuni, layar memanjakan mata, dan pastinya kamera yang bisa diandalkan di berbagai kondisi pemotretan. Sayangnya, untuk mendapatkan smartphone ini dengan harga normal, Anda mungkin harus berusaha ekstra keras dan didukung keberuntungan.

Yang Canggih:

  • Layar besar dan tajam
  • Kualitas rancang bangun amat baik
  • Performa bertenaga dengan Snapdragon 636
  • Sudah mengusung MIUI 9.5 dengan Android 8.1 Oreo
  • Kamera belakang ganda mampu menciptakan efek bokeh yang rapi
  • Kemampuan low-light kamera belakang tergolong baik di kelasnya
  • Baterai besar, bisa untuk seharian penuh
  • Harga kompetitif

Yang Kurang:

  • Slot dual-SIM hybrid
  • Belum didukung fast charging
  • (Saat ini) masih sulit ditemukan di pasaran dengan harga normal
Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5
Layar IPS 5,99 inci 18:9 Full HD+
SoC Qualcomm Snapdragon 636 Kryo 260 1.8 GHz dengan GPU Adreno 509
RAM 3 GB atau 4 GB
Memori internal 32 GB atau 64 GB
Kamera belakang 12 megapixel + 5 megapixel
Kamera depan 13 megapixel
Sistem operasi MIUI 9 (Android Oreo)
Baterai 4000 mAh
Konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, Infrared, MicroUSB
Fitur Sensor sidik jari
Dimensi 158.6 x 75.4 x 8.1 mm (berat 181 gram)
Harga mulai dari Rp2.499.000
Xiaomi Redmi Note 5
Smartphone 2 jutaan ini memiliki kamera belakang ganda yang tergolong bagus di kelas harganya
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close