Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Menjajal Si Smartphone Selfie, Xiaomi Redmi S2

Xiaomi sejauh ini cukup rajin meluncurkan smartphone dengan sektor kamera sebagai nilai jual utamanya. Produk sebelumnya, Redmi Note 5, tampil menarik karena kualitas jepretannya termasuk di atas rata-rata smartphone lain dengan harga setara.

Xiaomi Redmi S2 4

Namun meski memiliki deretan smartphone terjangkau dengan spesifikasi menarik, Xiaomi bisa dibilang jarang mengedepankan tema selfie saat mempromosikan produknya. Lain cerita dengan Redmi S2. Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia kemarin, Selasa (23/5), Xiaomi langsung menyoroti kamera depannya yang diklaim mumpuni.

Kami sempat mencoba Xiaomi Redmi S2 meski hanya dalam waktu sebentar. Walaupun demikian, setidaknya melalui artikel ini kami bisa memberikan gambaran apakah smartphone ini layak untuk dinantikan atau tidak. Yuk, simak ulasan singkatnya:

Desain yang ‘gitu-gitu’ saja

Xiaomi Redmi S2 5

Jika melihat berbagai fitur dari sederet smartphone Xiaomi di kelas menengah ke bawah, mungkin sektor desain adalah bagian yang paling membosankan. Terbukti, Redmi S2 masih mengusung DNA desain yang sama, alias ‘gitu-gitu’ saja. Bahkan terlihat mirip dengan Redmi Note 5.

Sesungguhnya ini bukan termasuk nilai minus. Karena meskipun secara penampilan tidak inovatif, kualitas rancang bangunnya tergolong amat baik di kelasnya. Solid dan sama sekali tidak tampak murah. Tapi tentunya, akan lebih menarik jika masing-masing memiliki keunikannya sendiri.

Xiaomi Redmi S2 2

Perlu diketahui bahwa material yang digunakan belum metal walaupun finishing-nya membuatnya terlihat seperti metal. Selain bagian depannya yang didominasi layar 5,99 inci 18:9, cover belakang dari Redmi S2 adalah bagian yang membuatnya terlihat mirip dengan Redmi Note 5, apalagi jika melihat penempatan sensor sidik jari dan kamera belakan ganda vertikal. Bedanya, garis antena Redmi S2 dipindahkan jauh lebih ke atas dan bawah.

Dimensi Redmi S2 pun kurang lebih sama dengan Redmi Note 5. Karena layarnya cukup besar dan bezelnya juga tidak bisa dibilang tipis, Anda yang bertangan mungil mungkin akan sedikit kesulitan mengoperasikannya dengan satu tangan.

Satu hal yang kami sukai dari Redmi S2, Xiaomi kali ini menyediakan tiga slot yang terdiri dari Dual-SIM dan microSD. Tidak seperti Redmi Note 5 yang mengusung konsep hybrid, pada Redmi S2 Anda tidak perlu mengorbankan salah satu antara SIM-card 2 atau kartu memori.

Xiaomi Redmi S2 3

Kamera cukup menjanjikan

Beralih ke spesifikasi, Xiaomi sayangnya tidak membenamkan SoC kelas mainstream terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 636. Anda masih akan disugunkan chipset lawas Snapdragon 625 yang ditemani RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Baterainya pun tidak sebesar Redmi Note 5, hanya 3080 mAh.

Soal kamera yang menjadi andalannya, Redmi S2 hadir dengan kamera depan 16 megapixel yang sudah didukung teknologi pixel binning dan fitur AI Beautify milik mereka. Kamera ini juga sudah dibekali mode HDR. Bahkan, ada pula AI Bokeh untuk menciptakan foto selfie dengan background blur.

Hasil foto Xiaomi Redmi S2 (4)

Hasil foto Xiaomi Redmi S2 (5)

Kami sempat mencoba kamera selfie-nya di venue acara, sebuah restoran yang diterangi lampu. Hasil jepretannya menurut kami cukup menjanjikan. Terang, tajam, dan natural. Efek bokeh dari portrait mode menggunakan kamera depan juga rapi dan menawan.

Beralih ke belakang, Redmi S2 menawarkan kamera ganda 12MP + 5MP yang juga diklaim mampu menjaga kualitas foto di kondisi cahaya temaram. Sensor sekunder 5MP tersebut didedikasikan untuk memperoleh informasi lengkap dalam menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Hasil foto Xiaomi Redmi S2 (1)

Kesimpulan awal

Jujur saja, kami sama sekali tidak menduga Xiaomi akan kembali meluncurkan smartphone baru di level harga yang tidak jauh berbeda dengan Redmi Note 5 atau Redmi 5 Plus. Dan jika dibandingkan dengan Redmi Note 5, perbedaan harganya menurut kami terlalu dekat.

Xiaomi Redmi S2 dibanderol Rp2.399.000, sementara Redmi Note 5 Rp.2.499.000. Banyak keunggulan yang membuat Redmi Note 5 lebih menarik, misalnya Snapdragon 636, resolusi layar FullHD+, dan baterai yang lebih besar, 4000 mAh.

Xiaomi Redmi S2 1

Namun jika Anda termasuk orang yang gemar selfie dan membutuhkan smartphone terjangkau dengan kamera depan yang cukup baik, kami menilai Redmi S2 layak Anda tunggu. Jangan lupa, flash sale di Shopee akan dimulai pada 25 Mei 2018 pukul 12 siang.

Back to top button