Quantcast
KomputerMonitorNewsWindows 10

Microsoft Perkenalkan Surface Hub 2, Layar Pintar Untuk Kerja Tim Masa Depan

Setelah Microsoft meraih kesuksesan dengan Microsoft Surface Hub, layar besar yang digunakan untuk konferensi pada 2016, kali ini Microsoft kembali menghadirkan Microsoft Surface Hub 2. Berharap untuk kembali meneruskan kepopuleran layar sebelumnya, Microsoft justru memperkecil ukuran layar Surface Hub 2. Sebelumnya, Surface Hub pertama memiliki ukuran layar 5 inci untuk resolusi 1080p dan 84 inci untuk resolusi 4K, kali ini justru Surface Hub 2 hanya memiliki ukuran 50.5 inci.

surfacehub2 001
Microsoft perkenalkan Surface Hub 2, layar pintar untuk kantor masa depan.

Kelebihan Surface Hub 2 Dibandingkan Pendahulunya

Meskipun demikian, layar Surface Hub 2 memiliki kelebihan tersendiri. Pertama, resolusinya mampu memperlihatkan resolusi sampai lebih dari 4K. Selain itu, layar tersebut memiliki bezel yang sangat tipis sehingga hampir tidak terlihat membatasi layar. Kemudian, layar ini memiliki aspect ratio 3:2, angka yang cukup aneh untuk sebuah layar saat ini.

surfacehub2 002
Dengan resolusi lebih dari 4K dan ukuran 50.5 inci, Surface Hub 2 terlihat langsing.

Ternyata, Surface Hub 2 ditujukan untuk orientasi portrait, supaya dapat lebih mudah ditempatkan di ruang rapat. Pada bagian belakang Surface Hub 2 juga dilengkapi oleh sumbu supaya layarnya bisa diputar menjadi orientasi landscape. Menariknya, perangkat ini justru diperkenalkan bersama dengan stand sehingga menyerupai cermin di ruang ganti pakaian.

Dirancang Untuk Kerja Bersama

Microsoft Surface Hub 2 sendiri dirancang khusus untuk penggunaan di ruang rapat dan konferensi. Oleh karena itu, layar ini dilengkapi dengan sistem yang didasari Windows 10, tetapi dikustomisasi supaya mampu digunakan bersama. Sebab, feature pada Surface Hub 2 memperlihatkan kemampuannya untuk menjadi wadah kooperatif dan dioptimalisasi dengan Microsoft Teams; hub kerja tim di Office 365.

surfacehub2 003
Surface Hub 2 dirancang khusus untuk kerjasama tim, didukung oleh kamera web 4K.

Hanya dengan menekan jari di pembaca sidik jari yang terdapat di Surface Hub 2, hasil kerja orang tersebut dapat langsung tertera di layar, dan semua anggota tim juga dapat ikut serta berkontribusi di sana. Penggunanya juga dapat berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan kamera web 4K yang dapat dihubungkan melalui slot USB-C. Surface Hub 2 juga dapat dengan apik menyesuaikan posisi tampilan ketika penggunanya mengubah orientasi layar, bahkan ketika konferensi melalui kamera web sekalipun.

https://youtu.be/7DbslbKsQSk

Bila penggunanya membutuhkan layar berukuran besar, sama seperti Surface Hub terdahulu, layar tersebut dapat dihubungkan dengan Surface Hub 2 lain dan membentuk layar besar. Berkat bezelnya yang tipis dan beratnya yang ringan, menggabungkan empat Surface Hub 2 sekaligus menjadi mudah. Ditambah layar sentuh yang intuitif dan kemampuan untuk menggunakan pen guna membuat notes di layar, Surface Hub 2 menjadi opsi yang sangat menarik untuk kerja tim yang inovatif.

Harga Surface Hub 2 Akan Bersaing

Surface Hub 2 rencananya akan diluncurkan pada 2019 nanti. Sedangkan untuk harganya, Microsoft belum memberikan angka pasti. Namun, dipastikan akan bersaing dengan pesaing terdekatnya, yaitu Google dengan Jamboard miliknya. Karena Jamboard memiliki harga $5000, apakah nantinya harga Surface Hub 2 akan berada justru lebih murah? Let’s just wait and see.

Back to top button