Quantcast
e-commerceTips

Gemar Belanja Online di Bulan Ramadan? Simak 6 Tips Berikut ini

Bulan Ramadan biasa menjadi waktu bagi para konsumen untuk sering berbelanja, khususnya di platform e-commerce. Kemudahan membeli barang lewat smartphone dengan harga yang terkadang cukup menggiurkan jadi alasan utama belanja online begitu digemari.

Namun meski di bulan Ramadan biasanya banyak promo yang ditawarkan, Anda tentunya tetap harus bijak dan cermat sebelum memutuskan membeli. Nah, agar bisa berbelanja online secara hemat dan cermat, simak dulu 6 tips dari ShopBack Indonesia berikut ini:

1. Pilih Toko yang Sudah Terautorisasi

Belanja online

 

Bagi yang masih awam, belanja online memang selalu diliputi ketakutan mendapat barang palsu atau penipuan. Untuk menghindari hal ini, Anda wajib teliti memilih toko-toko yang ada di platform marketplace, seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee.

Biasanya platform marketplace memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi dan mana yang belum. Toko online yang telah mendapatkan tanda autorisasi ini sudah terjamin keaslian dan pelayanannya.

2. Selalu Lihat Rating dan Kolom Ulasan Produk

Walaupun sudah yakin dengan keaslian produk, ada baiknya sempatkan waktu untuk melihat rating dan review (ulasan) dari para pelanggan sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih memperkirakan kualitasnya.

3. Aktifkan Push Notification Aplikasi Belanja Online

Push notification berfungsi sebagai pengingat agar Anda tidak ketinggalan promo flashsale selama bulan Ramadan dari berbagai platform e-commerce. Cocok untuk Anda yang tidak suka menerima newsletter.

4. Cermati Promo dengan Bijak dan Sesuai Kebutuhan

E commerce

Harga promo memang bisa membuat siapapun tergiur. Apalagi jika sudah tertulis diskon hingga 90 persen. Tapi yang wajib Anda perhatikan adalah apakah harga akhir setelah diskon merupakan harga yang murah? Anda harus bandingkan harga normal dari barang tersebut dari beberapa platform e-commerce yang berbeda-beda.

5. Manfaatkan Jam “Ngabuburit” dan Sahur

Berdasarkan studi terbaru Shopback, masyarakat Indonesia lebih banyak mengunjungi platform e-commerce pada pukul 16.00 -17.00 WIB, jam-jam menunggu waktu berbuka puasa. Waktu ini turut dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk menggaet lebih banyak lagi konsumen lewat promo menarik atau voucher belanja.

Begitu pun halnya dengan waktu Sahur, ada beberapa e-commerce yang menawarkan promo khusus saat sahur. Seperti Tokopedia dengan Promo Sahur serta Shopee yang menyelenggarakan flashsale di setiap sahur. Shopback sendiri memiliki Program Gebyar Ramadan Online dengan cashback hingga 90 persen.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

o ONLINE SHOPPING facebook
Shopping online

Perhatikan platform belanja online yang memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki. Jika masih ragu akan keamanan kartu bank, Kamu bisa memilih metode pembayaran di tempat atau Cash on Delivery (COD). Beberapa platform e-commerce pun sudah menyediakan program cicilan dengan bunga rendah.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat sedang berbelanja online selama bulan Ramadan 2018. Semoga bermanfaat ya!

Back to top button