Aksesoris KomputerKomputerNewsPC Desktop

Corsair Obsidian 1000D, Casing PC Super Besar & Super Keren

Untuk urusan casing komputer, pengguna tidak lagi sama seperti dahulu. Ada suatu masa di mana casing komputer hanya digunakan untuk menutup komponen saja supaya tidak terkena elemen alam, seperti debu dan kotoran. Kini, casing juga dituntut untuk tampil keren dan di saat bersamaan mampu melindungi serta meregulasi udara di dalamnya dengan benar.

Corsair Obsidian 1000D, raksasa yang cantik.

Beberapa hari lalu, Corsair memberi kejutan yang menyenangkan dengan merilis casing Super-Tower dengan nama Obsidian 1000D. Casing ini tidak biasa karena dua hal, yaitu ukurannya yang sangat besar dan nilai estetikanya yang begitu tinggi. Siapapun yang melihatnya pasti akan tertegun, karena permainan cahaya yang bisa ditampilkan di casing tersebut memang luar biasa.

Super Besar dan Tangguh

Seperti namanya, casing Super-Tower ini luar biasa besar. Tidak seperti casing biasa yang hanya mampu menampung satu PC, Obsidian 1000D bisa menelan dua PC sekaligus! Artinya dua Motherboard, dua power supply, terbagi menjadi satu E-ATX dan satu Mini-ITX. Jadi bisa dibayangkan betapa kuatnya sistem PC yang bisa dibangun di dalam casing raksasa ini.

Sisihkan tempat yang lebih luas untuk meletakkan casing super ini.

Tentu saja kekurangannya adalah beratnya. Karena badannya dibuat dari bahan alumunium, harusnya casing seperti ini biasanya cukup ringan. Namun, karena ukurannya yang raksasa, yaitu 307mm x 693mm x 697mm (lebar x panjang x tinggi), maka beratnya menjadi 29,4 Kg tanpa isi. Bila kamu mulai mengisinya dengan komponen, rasanya kamu bisa pula menggunakannya sebagai teman latihan angkat beban.

Bentuknya Indah Seperti Kotak Kaca

Visual yang langsung bisa dikenali dari Obsidian 1000D adalah bentuk casingnya yang indah. Pada bagian depan, panel tempered glass yang diangkat agak menonjol supaya bisa memberi jalan angin menjadi ciri khasnya. Sampingnya juga dilengkapi dengan tempered glass, supaya bisa menampilkan komponen di dalamnya. Pastinya kamu akan tergoda untuk merias isinya dengan beragam komponen RGB yang dilengkapi dengan lampu warna-warni, sesuatu yang bisa dengan mudah ditemui di pasaran saat ini.

Bagian atasnya juga sengaja dirancang agak mengangkat supaya bisa memberi jalan angin. Kendali utama untuk casing ini juga bisa ditemui di bagian atasnya, terutama untuk tombol power, reset, 4 port USB 3.0, 2 port USB 3.1 Type-C, jack headphone, dan jack microphone. Semua tentu saja dihiasi pula dengan lampu RGB yang semakin mempercantik casing ini.

Kompartemen Dalamnya Tersusun Rapih

Kemampuan Obsidian 1000D untuk menampung dua PC ditata dengan rapih melalui mounting yang ada di dalam casing ini. Untuk E-ATX yang berukuran standar dan biasanya kamu temui di PC lain, mountingnya diletakkan vertikal menempel pada dinding casing. Sedangkan untuk Mini-ITX yang ukurannya kecil (karena motherboardnya memang untuk mini PC), posisinya ada di atas housing power supply ATX, yang ada di bagian bawah casing.

Jadi, posisi graphics card untuk dua sistem tersebut berbentuk horizontal dan vertikal. Itu sebabnya Obsidian 1000D menyediakan lubang yang tepat di bagian belakangnya. Selain itu, pada bagian belakang tersebut juga dilengkapi dengan filter untuk jalan angin. Mounting untuk kipasnya pun juga tersusun rapih, dan kamu bisa menempatkan dua lapis kipas pada salah satu sisi.

Bagian bawah dari motherboard E-ATX, yaitu sisi casing yang tidak dilapisi gelas, bisa dibuka dengan mudah melalui pintu dua daun yang terbuka ke kanan dan kiri. Pada pintu tersebut juga bisa ditemui enam mount untuk SSD. Pengaturan kabelnya juga menjadi sangat mudah berkat adanya pintu tersebut. Pada bagian dalamnya juga tersedia 5 mount untuk HDD; jadi total 11 storage dapat ditempatkan di dalam casing raksasa ini.

Raksasa ini jelas merupakan produk premium yang dibanggakan Corsair. Itu pula sebabnya Obsidian 1000D juga memiliki harga yang premium. Bila kamu tertarik untuk mempercantik ruang kerjamu dengan casing indah ini, dan membuat semua temanmu iri setengah mati, bersiaplah untuk mengeluarkan uang sebesar $499.99 atau sekitar 7 jutaan. Kalau kamu bisa mengeluarkan uang belasan juta untuk graphics card, apalah artinya sedikit lagi untuk membelikan “rumah” yang sesuai untuk kartu grafis tersebut.

Komentar

Beri komentar

Close