AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)NewsWindows 10

Gmail Offline Membantu Pengguna Gunakan Email Ketika Tanpa Internet

Gmail bagi banyak kalangan merupakan nadi terpenting dalam pekerjaannya. Pentingnya membuka email kapan saja dan di mana saja sudah menjadi keharusan. Namun, bagaimana bila kamu ada di tempat tanpa koneksi Internet, misalnya ketika berada di pesawat terbang atau di daerah terpencil, dan kamu perlu membuka email di Gmail yang isinya penting saat itu? Biasanya, Gmail tidak bisa dibuka. Sekarang, tidak lagi demikian.

Saking pentingnya, Gmail harus bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Feature offline untuk Gmail secara resmi disediakan bagi para pengguna yang harus selalu bisa mengakses emailnya, bahkan tanpa Internet sekalipun. Layanan yang terintegrasi secara native tersebut dapat dengan mudah kamu aktifkan melalui Settings, temukan tab Offline, dan klik “Enable offline mail“. Opsi offline tersebut hanya bisa kamu temui jika menggunakan Gmail dengan interface baru, dan browser Chrome 61 ke atas.

Hadirnya Gmail Offline merupakan bagian dari desain ulang layanan email dari Google tersebut, yang tercetus di event Google I/O. Dengan demikian, kamu dapat selalu mengakses Gmail meskipun tidak dapat mengirimnya bila tanpa Internet. Bila kamu menggunakan akun di kantor atau sekolah, mintalah admin Google di tempatmu untuk mengaktifkannya terlebih dahulu di G Suite.

Proses pemasangannya sangat mudah dan tidak butuh waktu lama.

Gmail offline mode bekerja dengan melakukan sync dengan akunmu ketika terhubung dengan Internet. Kemudian, ketika kamu tidak memiliki akses online, maka kamu bisa melihat semua konten emailmu dari hasil sync tadi. Begitu pula dengan menulis email baru ketika berada di mode offline. Hasilnya akan segera dikirim begitu kamu terhubung kembali. Kegiatan lainnya, seperti menghapus email dan archive juga dapat dilakukan secara offline.

Komentar

Beri komentar

Close