Temukan 4 Feature Baru Windows 10 Ini Di Dalam Update April 2018

Microsoft Windows 10 merupakan sistem operasi yang bisa jadi paling banyak digunakan manusia saat ini. Baik pengguna kantoran maupun rumahan, Windows 10 setiap harinya membantu pengguna dengan beragam kemudahan yang ditawarkannya. Untuk lebih memaksimalkan kinerjanya, Microsoft meluncurkan update untuk Windows 10 pada April 2018. Berikut 4 feature baru yang bisa kamu temui pada Windows 10.

Timeline

Salah satu hal yang paling sulit dilakukan pada Windows versi apapun adalah mencari tahu apa yang kamu lakukan kemarin, atau sebulan lalu. Melalui update April 2018, Windows 10 memperkenalkan Timeline, feature untuk mempermudah kamu melihat riwayat kegiatanmu.

svg%3E
Berkat Timeline, kamu bisa dengan mudah melihat riwayat aktivitasmu.

Pada Timeline, semua yang kamu lakukan akan disusun daftarnya, berdasarkan hari, bulan, sampai jam. Jadi, kamu bisa dengan mudah menemukan gambar kucing yang waktu itu kamu download, tetapi lupa diselipkan di folder mana. Bahkan kamu juga bisa melihat aktivitasmu di iOS, Android, Windows Edge, dan Office 365 yang terpasang di smartphone. Untuk menggunakan Timeline, cukup klik ikon Task di Taskbar, atau tekan [Windows Logo + Tab].

Nearby Sharing

Feature ini mempermudahmu untuk membagi atau share file ke komputer dengan Windows 10 di dekatmu. Selama komputer tersebut berada di jangkauan Wi-Fi atau Bluetooth, maka kamu bisa langsung membagi beragam jenis file. Kamu bisa share dokumen, film, audio, presentasi, sampai halaman web di Microsoft Edge tanpa mengirimnya lewat email atau flashdisk.

svg%3E
Kamu bisa membagi video atau file apapun kepada komputer lain hanya dengan menekan satu tombol.

Penggunaannya juga sangat mudah. Cukup tekan tombol share atau klik kanan dan pilih opsi share. Windows 10 juga langsung memilih dengan pintar media apa yang lebih cepat, antara Wi-Fi atau Bluetooth. Pencarian Bluetooth juga secara otomatis mencari perangkat potensial yang akan menerima file, sehingga mengurangi waktu pencarian.

Focus Assist

Pernahkan kamu berharap ada aplikasi yang bisa menyaring semua gangguan ketika kamu sedang konsentrasi bekerja? Focus Assist yang dibawa oleh update April 2018 adalah jawabannya! Feature baru Windows 10 ini secara otomatis memblok semua notifikasi, suara, dan alert yang muncul. Dengan demikian kamu bisa lebih fokus menyelesaikan tugas pentingmu.

svg%3E
Focus Assist akan memblok gangguan berupa notifikasi dan menampilkan rangkumannya di pojok kanan bawah layar.

Focus Assist bisa kamu atur jadwalnya, supaya feature tersebut bisa aktif dengan sendirinya, misalnya ketika kamu mulai kerja, dan mati ketika kamu sedang istirahat atau pulang kerja. Focus Assist juga secara otomatis akan merangkum semua yang terjadi ketika kamu menyalakannya. Jadi, kamu bisa dengan cepat mengejar ketinggalanmu. Menariknya, kamu bisa membuat filter, supaya orang penting di kehidupanmu bisa tetap menghubungi.

Dictation

Ide tidak pernah diduga datangnya. Bila saat itu tiba, biasanya kamu harus segera menulisnya ke secarik kertas atau notebook. Dictation, feature baru dari Windows 10 mengubah cara lama tersebut dengan menangkap suaramu ke dalam tulisan.

svg%3E
Setelah kamu menyalakan Dictation, Windows 10 akan ‘mendengar’ suaramu dan menyalinnya ke notepad.

Tingkat keakuratan Dictation dalam mengubah suaramu ke dalam tulisan begitu tinggi. Hanya dengan menekan [Win+H], kamu tinggal berbicara saja di microphone yang tersambung ke komputermu. Jadi ide untuk presentasi atau proyek barumu tidak hilang begitu saja.

Verified by MonsterInsights