Samsung 970 PRO & EVO, SSD Berkemampuan Top Untuk Proses Data Ukuran Besar!

Saat ini, SSD semakin menggeser kedudukan HDD (Hard Disk) dalam moda penyimpanan data di komputer. Bukan hanya dimensi bentuknya yang lebih kecil serta ringan, dan juga tahan banting, SSD juga memiliki kemampuan proses data yang jauh lebih cepat dibandingkan HDD. Namun, pada awal perkembangannya SSD menemukan halangan di bidang harga berbanding ukuran data yang mampu ditampungnya.

svg%3E
Samsung 970 PRO & EVO memiliki bentuk ramping dan kemampuan besar.

Seiring berjalannya waktu, halangan tersebut semakin memudar dan kini kamu bisa dengan mudah menemukan SSD dengan harga murah. Sekarang tinggal menemukan SSD yang lebih unggul saja di bidang proses data berukuran besar, yang terus terang semakin menjadi keharusan dalam menangani 3D, grafis 4K, game kelas atas, serta analisis data. Sebab semakin besar ukuran datanya, maka SSD juga harus dapat lebih cepat menanganinya melalui ukuran Write/Read Speed.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Samsung memperkenalkan jajaran SSD terbarunya, yaitu Samsung 970 PRO dan Samsung 970 EVO. Keduanya dirancang berdasarkan M.2 form factor standard dan PCIe Gen 3×4 Lane Interface terbaru. Seri ini juga memaksimalkan potensi dari NVMe Bandwidth. Hasilnya, SSD ini mampu menghasilkan kinerja yang baik dalam memproses data bervolume besar, seperti pada game kelas atas terbaru, grafis 4K, grafis 3D, dan analisis data.

svg%3E
svg%3E
Kamu bisa menyalin data sebesar 2,7 GB dalam waktu sedetik saja! #warbyazah!

Sedangkan untuk perbedaan dari Samsung 970 PRO dan Samsung 970 EVO terletak di kecepatan tulisnya (write speed). Pada Samsung 970 PRO, sequential read speed hingga 3.500 MB/detik dan sequential write speed hingga 2.700 MB/detik. Samsung 970 EVO memiliki hanya memiliki sequential write speed hingga 2.500 MB/detik. Jadi kasarnya, kamu bisa melakukan copy data sebesar 2,7 GB ke dalam SSD Samsung 970 PRO hanya dalam waktu sedetik saja, dan film Blu-Ray dengan ukuran 10 GB bisa disimpan ke dalam cache komputermu hanya dalam waktu tidak sampai 3 detik dari SSD tersebut! Mantap!

From Great Power Comes Great Responsibility, begitu kira-kira kata Paman Ben di film Spiderman. Begitu pula untuk jajaran SSD Samsung ini. Karena harganya masih cukup tinggi, yaitu mulai $329.99 (sekitar 4,6 jutaan Rupiah) untuk Samsung 970 PRO ukuran 512 GB, dan mulai $119.99 (sekitar 1,6 jutaan Rupiah) untuk Samsung 970 EVO ukuran 250 GB. Kedua model SSD tersebut akan mulai dipasarkan pada 7 Mei 2018 ini.

Verified by MonsterInsights