Asus Indonesia Luncurkan Zenfone 5Q, Smartphone 3 Jutaan dengan 4 Kamera

Selain meluncurkan Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone Max M1, Asus memperkenalkan satu produk lainnya yang kali ini khusus ditujukan untuk pengguna yang gemar memotret. Disebut Zenfone 5Q, tak tanggung-tanggung, Asus membenamkan 4 buah kamera sekaligus.

Kamera ganda di belakang dan di depan

Zenfone 5Q 2

 

Dalam acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Senin (23/4), Asus menjelaskan bahwa 4 kamera yang dibenamkan pada Zenfone 5Q terdiri dari dua kamera belakang dan dua kamera depan untuk selfie.

Konfigurasi kamera belakangnya adalah 16 megapixel f/2.2 dengan PDAF, serta kamera kedua (tidak dijelaskan resolusinya) yang memiliki lensa wide 120 derajat. Di depan, Asus menyediakan kamera utama 20 megapixel Sony IMX376 f/2.0 yang juga ditemani kamera kedua dengan lensa wide 120 derajat.

“ZenFone 5Q menyingkirkan keterbatasan terkait kreativitas dalam fotografi. Yang menarik, tidak seperti metode kompetitor, tiap kamera pada ZenFone 5Q bekerja secara independen,” ujar Benjamin Yeh, Regional Director ASUS South East Asia.

Menurut Benjamin, biasanya kamera sekunder hanya bekerja untuk membantu kamera utama, misalnya untuk menghasilkan efek seperti bokeh. Berbeda dengan Zenfone 5Q, keempat kamera bisa digunakan secara individual.

Launching Zenfone 5Q Indonesia 2

ASUS vivobook s14 flip 728

Pengguna disajikan opsi untuk menciptakan foto dengan sudut standar atau ultrawide, baik di depan ataupun di belakang. Hasilnya, ZenFone 5Q diklaim akan membuat pengambilan foto selfie, wefie, landscape, portrait ataupun group shot menjadi lebih leluasa.

Tak ketinggalan, Asus juga menambahkan fitur pendukung seperti BeautyLife (beautification secara real-time), yang dapat digunakan pada saat melakukan siaran langsung di Facebook, YouTube, atau Instagram.

Spesifikasi komplit untuk perangkat kelas menengah

Asus Zenfone 5Q adalah smartphone berlayar IPS 6 inci 18:9 dengan resolusi Full HD+. Performanya didukung Snapdragon 630 octa-core yang ditemani RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Baterainya berkapasitas 3300 mAh. Bukan yang paling besar, tapi di atas kertas masih cukup memadai.

Zenfone 5Q 1

Soal keamanan, Zenfone 5Q memiliki sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang ponsel. Ketika jari basa atau kotor, pengguna punya opsi lain untuk membuka kunci yakni menggunakan fitur Rapid Face-Unlock.

Yang lebih menarik, Zenfone 5Q sudah dibekali teknologi NFC. “ASUS melihat bahwa metode NFC sudah sangat meluas penggunaannya di Indonesia dan ini saatnya bagi kami menghadirkan fitur NFC pada smartphone mainstream kami,” sebut Benjamin.

Secara keseluruhan, semua yang ditawarkan Asus melalui Zenfone 5Q terbilang komplit untuk sebuah perangkat kelas menengah. Desainnya pun cukup tipis dan dilapisi kaca di depan dan belakang. Untuk pasar Indonesia, smartphone ini hadir dalam pilihan warna Midnight Black serta Moonlight White, dan dibanderol dengan harga Rp3.499.000.