Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Mencoba Xiaomi Redmi Note 5, Smartphone Terjangkau dengan Snapdragon 636 dan Kamera Ganda

Xiaomi baru saja merilis Redmi Note 5 di Indonesia. Dengan harga mulai dari 2,5 juta rupiah, kehadiran smartphone ini jelas membuat para pesaingnya di level harga yang sama harus ekstra waspada.

Dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (18/4), kami sempat mencoba seperti apa Redmi Note 5 dari segi desain dan kamera. Meskipun hanya sebentar, mudah-mudahan artikel hands-on ini bisa setidaknya memberikan gambaran kepada Anda.

Desain khas Xiaomi

Redmi Note 5 Black

Ketika pertama kali menggenggamnya, Anda yang familiar dengan jajaran smartphone garapan Xiaomi pasti akan langsung menyadari bahwa desainnya masih mengusung DNA yang sama. Kurang lebih, mirip dengan Redmi 5 Plus.

Bodi bagian belakangnya juga masih mengusung konsep desain yang sama. Hanya saja, keberadaan kamera ganda yang diposisikan secara vertikal menjadi faktor yang paling membedakannya dengan Redmi 5 Plus.

Material yang digunakan adalah metal. Dipadukan dengan kualitas rancang bangun yang baik, Redmi Note 5 sangat jauh dari kesan murahan. Untuk pasar Indonesia, Xiaomi menyediakan varian warna Black, Gold, dan Blue.

Redmi Note 5 Indonesia 1

Selama kami mencobanya di lokasi acara, Redmi Note 5 terasa mantap di genggaman, dan kesannya kokoh. Bobotnya lumayan berat, 181 gram, tapi masih cukup nyaman untuk dibawa di dalam saku celana.

Ketika digenggam, terlihat jelas bahwa Redmi Note 5 adalah smartphone yang besar. Tak heran karena layar yang digunakan berukuran 5,99 inci. Secara keseluruhan, dimensinya hampir sama dengan Redmi 5 Plus.

Dari segi pengoperasian, karena bezelnya yang agak tipis dan menggunakan layar dengan resolusi 18:9, Redmi Note 5 masih bisa dioperasikan dengan satu tangan, walaupun mungkin, tidak oleh semua orang khususnya yang bertangan mungil.

Sedikit membahas layarnya, dengan panel IPS dan resolusi Full HD+, layar ini tampak memanjakan mata. Anda yang pernah mencicipi layar Redmi 5 Plus akan merasakan sensasi yang sama pada Redmi Note 5. Dengan layar yang lebar, semua konten yang ditampilkan akan terlihat lebih memuaskan.

Redmi Note 5 Indonesia 5

Perlu diketahui bahwa Redmi Note 5 masih menggunakan port microUSB. Selain itu, dari penjelasan Xiaomi saat acara peluncuran, smartphone ini menggunakan slot hybrid. Artinya, Anda yang ingin menyisipkan SIM-card 2 harus mengorbankan microSD, begitu juga sebaliknya.

Kamera belakang ganda dengan efek bokeh

Xiaomi Redmi Note 5 dipersenjatai SoC baru yang lebih bertenaga dan hemat daya, yakni Qualcomm Snapdragon 636 (14nm) dengan prosesor octa-core. Opsi RAM LPDDR4X dan memori internalnya ada dua pilihan, 3GB/32BG dan 4GB/64GB. Kapasitas baterainya besar, 4000 mAh.

Redmi Note 5 Indonesia 2

Sementara di sektor fotografi, Anda disuguhkan kamera belakang ganda dengan konfigurasi sensor pertama 12 megapixel f/1.9 dan sensor kedua 5 megapixel f/2.0. Sama seperti smartphone dual-camera lainnya, kamera Redmi Note 5 mampu menciptakan foto dengan efek bokeh. Untuk selfie, Xiaomi menyediakan kamera depan 13 megapixel f/2.0.

Kami sempat mencoba kamera tersebut di sela-sela acara peluncuran Redmi Note 5. Sekilas, hasilnya amat baik untuk sebuah smartphone seharga 2 jutaan. Tajam, warnanya cerah dan natural, dan efek bokehnya cukup rapi. Meski begitu, tentunya nanti kami akan mencoba lebih jauh untuk memastikan kamera Redmi Note 5 benar-benar bisa diandalkan.

Kesimpulan awal

Redmi Note 5 Indonesia 3

Satu lagi smartphone Xiaomi yang dibanderol dengan harga menarik, yakni Rp2.499.000 untuk varian 3GB/32GB dan Rp2.999.000 untuk varian 4GB/64GB. Dengan angka seperti itu, Redmi Note 5 menjadi penantang serius bagi lawan-lawannya.

SoC yang lebih baru dengan performa lebih baik, kamera ganda, bodi berbahan metal, serta baterai besar menjadi nilai jual yang di atas kertas banyak dicari oleh para pengguna di Indonesia.

Masih penasaran dengan Redmi Note 5? Tunggu saja artikel review lengkapnya di Yangcanggih.com!

[table]Spesifikasi;Xiaomi Redmi Note 5
Layar;IPS 5,99 inci 18:9 Full HD+
SoC;Qualcomm Snapdragon 636 Kryo 260 1.8 GHz dengan GPU Adreno 509
RAM;3 GB atau 4 GB
Memori internal;32 GB atau 64 GB
Kamera belakang;12 megapixel + 5 megapixel
Kamera depan;13 megapixel
Sistem operasi;MIUI 9 (Android Oreo)
Baterai;4000 mAh
Konektivitas;4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, Infrared, MicroUSB
Fitur;Sensor sidik jari
Dimensi;158.6 x 75.4 x 8.1 mm (berat 181 gram)
Harga;mulai dari Rp2.499.000
[/table]
Back to top button