Foto & VideoKamera MirrorlessReview

Review Canon EOS M100: Mirrorless Ringkas dan Mudah Digunakan

Cek harga

Disiapkan sebagai pengganti Canon EOS M10, Canon EOS M100 adalah kamera mirrorless kelas pemula Canon yang membawa sederetan fitur baru. Tidak hanya itu saja, Canon juga merancang ulang bodinya dan membekali kamera ini dengan sensor dan prosesor yang lebih mumpuni sehingga mampu menyajikan gambar yang lebih berkualitas. Apakah kamera ini mampu bersaing di kelas mirrorless pemula? Simak ulasannya berikut ini.

Bodi ringkas, cukup nyaman digunakan

Satu keunggulan yang ditawarkan Canon EOS M100 dibandingkan kamera mirrorless Canon yang lain adalah desainnya yang lebih ringkas dan minimalis. Kamera ini adalah varian EOS M yang paling ramping dan ringan. Dipadukan dengan lensa STM EF-M 22mm, EOS M100 sangat ideal sebagai teman liburan karena sangat hemat tempat dan mudah masuk ke dalam tas.

Di bodinya Anda tidak akan menemukan hand grip. Absennya hand grip di bodinya menurut kami bukan masalah yang berarti karena secara keseluruhan bodinya masih cukup nyaman digenggam tangan. Menyesuaikan gaya Anda, EOS M100 tersedia dengan 3 pilihan varian warna yaitu Grey, White dan Black.

Untuk menjaga tampilannya agar tetap minimalis, Canon juga meniadakan hot shoe di bagian atas bodinya. Artinya, Anda tidak dimungkinkan untuk memasang flash ataupun aksesoris lain. Walau begitu untuk mendukung pemotretan di kondisi pencahayaan yang temaram Canon EOS M100 masih menyediakan flash internal.

Layar sentuh lipat untuk vlogging dan selfie, antarmuka sederhana

Membuat vlog atau selfie dengan EOS M100 juga semakin mudah. Pasalnya, layar LCD kamera ini selain dilengkapi fitur sentuhan juga bisa dilipat 180 derajat keatas. Layar fleksibel tersebut cukup membantu saat ingin bereksplorasi dengan sudut pengambilan gambar yang lebih kreatif dan unik.

IMG_0060

Dilengkapi dengan fitur sentuhan, layar sentuhnya sangat responsif dengan sentuhan jari. Antarmukanya juga sangat sederhana sehingga menjadikan Canon EOS M100 sangat mudah untuk digunakan. Baik profesional ataupun pengguna awam kami yakin akan langsung bisa mengoperasikannya.

Ini karena hampir sebagian besar kendali kamera bisa dilakukan hanya dengan menyentuh layarnya saja. Meski menyasar segmen pemula, EOS M100 tetap menyediakan beragam opsi pengaturan yang cukup lengkap dan beragam mode pemotretan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Berkat layar sentuhnya juga pengaturan titik fokus bisa semakin dipermudah. Menentukan fokus bisa dilakukan hanya dengan menekan titik yang ingin difokuskan di layar LCD sentuhnya.

Hasil foto oke, kendali noise baik

Canon EOS M100 hadir dengan mengusung sensor CMOS APS-C beresolusi 24,2 megapiksel yang didukung oleh prosesor DIGIC 7. Prosesor dan sensornya ini sama dengan kamera mirrorless kelas atasnya Canon EOS M5 dan M6. Dengan demikian kualitas gambarnya akan setara dengan kedua kamera tersebut dan bisa diandalkan untuk merekam video hingga resolusi Full HD 60p.

IMG_0105

Di review ini kami memasang lensa STM EF-M 22mm f/2 di bodi Canon EOS M100. Jika Anda ingin menggunakan lensa lain, EOS M100 juga sudah didukung dengan ekosistem lensa EOS M yang cukup lengkap. Bahkan Anda bisa memotret dengan lensa Canon lainnya dengan tambahan adapter lensa.

IMG_0074

IMG_0096

Kami mengajak Canon EOS M100 untuk memotret di beragam kondisi pencahayaan. Kualitas hasil fotonya di kondisi pencahayaan yang terang amat baik dengan warna yang menawan. Lensa EF-M 22mm ini juga mampu menghasilkan bidikan yang tajam.

IMG_0037

IMG_0019

IMG_0031

IMG_0005

Di kondisi temaram, foto yang dihasilkan kamera ini juga tetap terlihat tajam dengan kemampuan menekan noise yang baik di ISO tinggi. Memotret dengan ISO hingga 3200 masih relatif aman dari gangguan noise.

ISO 3200
IS0 3200

ISO 6400 noise mulai nampak namun detil dan ketajam foto masih relatif terjaga dengan baik
ISO 6400-2

Untuk hasil foto Canon EOS M100 yang lain tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com berikut ini.

Dengan dukungan teknologi Dual Pixel CMOS AF kami juga merasakan kinerja pencarian fokusnya terasa sangat cepat dan akurat. Untuk memotret aksi-aksi cepat kamera ini mendukung continuos shoot hingga kecepatan 6,1 fps. Sedikit kekurangan yang kami jumpai adalah masalah suara shutternya yang cukup keras. Selain itu, jeda atau shutter lag antar tiap foto yang dihasilkan juga sedikit terasa walau tidak terlalu mengganggu kegiatan memotret secara keseluruhan.

Koneksi nirkabel Lengkap

Semua hasil jepretan foto atau video dari Canon EOS M100 bisa langsung dibagikan ke jejaring sosial lewat WiFi dan NFC untuk menghubungkan kamera ini ke perangkat smartphone atau tablet. Kamera ini telah dilengkapi teknologi Bluetooth berdaya rendah sehingga pengguna dapat melihat file foto yang ada di kamera tanpa menguras daya baterai. Saat smartphone dan kamera terhubung, pengguna juga dapat melakukan berbagai macam pengaturan kamera dan mengendalikan kamera ini lewat aplikasi Canon Camera Connect di smartphone.

Kesimpulan

Memadukan desain yang sangat ringkas, mudah digunakan, dan kualitas gambar yang memuaskan, Canon EOS M100 mampu unjuk gigi di segmen mirrorless kelas pemula. Apalagi harga jualnya juga sangat kompetitif.

Dengan harga jual Rp7.470.000 Anda bisa membawa pulang kamera ini beserta lensa kit EF-M15-45 IS STM atau Rp9.350.000 sudah termasuk 2 lensa EF-M15-45 IS STM dan EF-M22. Kamera ini sangat cocok dan kami rekomendasikan untuk pemula yang ingin memiliki kamera mirrorless yang mudah digunakan dan ringkas untuk diajak berpergian.

Yang Canggih:
+ Desain ringkas dan ringan
+ Hasil foto oke
+ Mudah digunakan
+ Layar sentuh yang bisa dilipat keatas untuk permudah vlogging dan selfie
+ Konektivitas lengkap
+ Autofokus cepat
+ Kendali noise di ISO tinggi baik
+ Harga kompetitif

Yang kurang:
– Suara shutter agak berisik
– Tidak dilengkapi hot shoe
– Belum mendukung 4K Video
– Shutter lag sedikit terasa

Canon EOS M100
Kamera ini sangat cocok dan kami rekomendasikan untuk pemula yang ingin memiliki kamera mirrorless yang mudah digunakan dan ringkas untuk diajak berpergian.
Cek harga

Komentar

Beri komentar

Close