AndroidAplikasiGame Test

Game Test: The Alchemist Code – RPG Strategi Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Dari sekian banyak game berjenis Role Playing Game (RPG) yang hadir di Jepang, The Alchemist Code bisa dikatakan spesial. Berkat permainannya yang menarik, visual indah, dan cerita serunya, game ini sempat menjadi buah bibir gamer Jepang. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya The Alchemist Code diterjemahkan ke versi bahasa Inggris dan bisa kamu mainkan! Lalu, apakah game ini memang sebagus yang dibicarakan oleh gamer Jepang?

Game ini butuh kemampuan strategi pemainnya

Setelah kami sempat memainkannya, ternyata gamer Jepang memang pintar memilih game bagus! The Alchemist Code bukan hanya mampu membuat kami ketagihan memainkannya, game ini juga mampu memberikan tantangan untuk gamer veteran. Berkat gamenya yang bertemakan strategi taktikal, membuat kami yang memainkannya tidak cepat bosan dan bersemangat untuk membuat karakter yang kami miliki menjadi lebih kuat.

Tampilan visualnya indah dan memiliki detail tinggi

Terlepas dari permainannya, The Alchemist Code juga memiliki cerita dengan kualitas unggulan. Satu hal yang sangat kami sukai adalah adanya pengisi suara untuk semua karakter, dan aktor suaranya memiliki kualitas yang tinggi pula. Hanya satu yang perlu kamu waspadai adalah game ini membutuhkan ukuran instalasi yang cukup besar, yaitu sekitar 2,6 GB. Kamu bisa saja menggunakan opsi tidak mendownload secara penuh game ini, tetapi nantinya justru menganggu permainan karena ketika kamu mendapatkan karakter baru untuk dimainkan, kamu harus mendownload data tambahan.

Kamu harus memperhatikan posisi dan jangkauan serangan, serta kekuatan lawan

Bentuk Permainannya Taktikal

Bagi gamer yang terbiasa memainkan game RPG mainstream, mungkin cara bermain The Alchemist Code bisa cukup mengejutkan. Karena, game ini mengadopsi permainan strategi taktikal yang lebih membutuhkan pemikiran dibandingkan refleks. Dibandingkan RPG lain yang hanya memintamu untuk menekan tombol untuk bergerak dan menyerang, game ini bisa dibilang lebih kompleks. Sebab, kamu menggerakkan karaktermu seperti biji catur.

Desain karakter, cerita, dan pengisi suaranya berkualitas tinggi

Yah, mungkin tidak sekaku biji catur, tetapi setidaknya konsepnya hampir sama. Setiap kali kamu bertempur, kamu akan membawa empat karakter ke dalam pertarungan. Pada daerah tersebut, kamu bisa menemukan musuh yang akan dihadapi serta medan pertempuran yang terkadang tidak selalu rata (memiliki ketinggian yang beragam). Nah, dari sini kamu akan bergantian menjalankan karaktermu dengan musuh, untuk menempatkannya di posisi tertentu dan menyerang musuh dengan serangan biasa atau sihir dan serangan spesial (skill).

Presentasi interface game ini jelas dan mudah dinavigasikan

Radius kamu berjalan akan didikte oleh nilai statistik dari tiap karakter; ada yang bisa berjalan jauh, juga ada yang tidak jauh. Jangkauan seranganmu juga tergantung dari kelas yang dimiliki karaktermu, entah itu penyerang jarak dekat, penyerang jarak jauh seperti pemanah, atau bisa jadi penyerang sihir yang membutuhkan taktik tersendiri untuk menyerang. Posisi kamu menyerang dan diserang juga memengaruhi banyak; bila kamu menyerang dari belakang maka nilai serangannya akan lebih besar dan kemungkinan berhasilnya lebih besar. Namun ingat, musuh juga akan mencari kesempatan untuk menyerangmu dari belakang!

Pertarungan terbagi ke dalam stage dan butuh AP untuk dimainkan

Pertempurannya Lebih Santai

Berkat bentuk permainannya yang tidak terbatas waktu untuk menyerang seperti halnya game action, membuat The Alchemist Code jauh lebih santai untuk dimainkan. Selain itu, kamu juga akan bertempur terbatas di dalam stage saja. Batasan ini pula yang membuat game ini menggunakan poin energi (disebut AP) setiap kali kamu ingin bertempur. Poin yang jumlahnya terbatas tersebut bisa habis dipakai. Untungnya, poin AP bisa terisi kembali dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Tentukan karakter yang akan bertarung sebelum memulai stage

Sebelum kamu memulai pertempuran, kamu bisa menyusun anggota tim yang ingin dibawa ke dalam pertempuran. Selain tim utama yang berisikan empat karakter, kamu juga bisa menambahkan dua karakter cadangan yang akan menggantikan karakter yang kalah di tengah pertempuran, serta menggunakan karakter tamu yang berasal dari temanmu atau menyewanya dengan uang. Karakter yang ditempatkan di posisi paling depan juga berpengaruh besar, karena ia akan memberikan efek pemimpin yang berbeda untuk tiap karakter. Efek tersebut nantinya akan membantu di dalam pertarungan, berupa tambahan kekuatan untuk serangan timmu.

Berhati-hatilah ketika menggunakan sihir, karena bisa melukai teman!

Setiap kali kamu berhasil menyelesaikan stage, kamu akan mendapatkan hadiah berupa nilai experience, yang bila telah mencapai jumlah tertentu akan meningkatkan level dari timmu dan level karakter yang dibawa ke medan pertempuran. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sejumlah uang dan resource untuk meng-upgrade kekuatan karakter. Semakin sering kamu bertarung, maka semakin tinggi pula kekuatan timmu nantinya.

Beberapa stage memberikan peti hadiah yang bisa kamu ambil untuk menambah jumlah hadiah stage

Butuh Strategi Untuk Menyerang

Sebelum kamu menyerang musuh, kamu harus memikirkan apa yang akan terjadi setelahnya. Bukan hanya seperti apa musuh yang dihadapi dan kekuatannya, tetapi juga giliran jalan unit setelah karaktermu yang saat ini mendapat giliran jalan. Bila salah satu unitmu sedang terancam hidupnya ternyata berada dalam jangkauan unit musuh yang sebentar lagi jalan, maka sebaiknya kamu habisi unit itu terlebih dahulu dengan karakter yang sedang jalan. Dengan demikian kamu bisa mencegah kekalahanmu. Giliran jalan tersebut bisa dengan mudah dilihat di bagian kiri atas layar permainan.

Perhatikan korelasi antara elemen unitmu dan musuh. Hal ini bisa menguntungkan atau merugikanmu!

Kamu juga harus memerhatikan elemen yang dimiliki oleh unit. Setiap unit memiliki elemen yang diwakili oleh kode warna di samping informasi unit, yang bisa dilihat di atas kepala unit tersebut. Pada bagian kiri layar permainan ada diagram yang memperlihatkan korelasi antarelemen. Unit A dengan elemen yang lebih kuat dari elemen unit B akan lebih kuat serangannya terhadap unit tersebut, sedangkan unit B akan lebih kecil serangannya terhadap unit A. Itu sebabnya kamu perlu memerhatikan diagram tersebut dengan seksama sebelum menyerang.

Kamu bisa mengadu timmu dengan tim pemain lain melalui mode arena

Serangan sihir juga memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan serangan fisik. Karena, sihir membutuhkan waktu sebelum ia bisa dikeluarkan. Selain itu, sihir juga memiliki efek serangan yang tidak hanya terbatas pada satu titik saja, artinya ia memiliki radius serangan. Terlebih lagi serangan sihir bisa melukai unit temanmu! Jadi, bila unitmu berada di area serangan sihir, maka jangan kaget kalau kamu justru membunuh unitmu sendiri, atau musuh sudah tidak ada lagi di area serangan tersebut! Itu sebabnya kamu harus sangat memperhitungkan unit mana yang akan diserang dengan sihir; jangan menyerang unit yang akan jalan.

Serangan spesial lebih kuat dibanding serangan biasa, tetapi memiliki persyaratan untuk digunakan

Tingkatkan Kekuatan Timmu

Jumlah karakter yang bisa kamu gunakan untuk mengisi timmu cukup banyak jumlahnya. Selain beragam bentuknya, kekuatan dan kelasnya juga banyak variasinya. Setidaknya untuk setiap karakter terdapat tiga kelas yang bisa didapatkannya. Oleh sebab itu, berusaha untuk mendapatkan karakter yang kamu sukai atau yang sesuai dengan gaya bermainmu memiliki kenikmatan tersendiri.

Ada banyak karakter yang bisa dibeli untuk melengkapi timmu

Untuk mendapatkan karakter baru, selain melalui hadiah dari misi tertentu dan dari Summon dengan membayar sejumlah uang atau Gems, yang merupakan poin premium, kamu juga bisa mendapatkannya dengan mengumpulkan Soul Shard. Setelah kamu mengumpulkan sejumlah Soul Shard, yang bisa didapatkan dari hadiah stage, misi, atau dibeli dari toko, maka karakter baru bisa kamu gunakan. Selain mendapatkan karakter yang kuat, kamu juga bisa memperkuatnya dengan upgrade.

Karakter dapat di-upgrade supaya lebih kuat

Peranan upgrade dalam The Alchemist Code sangat penting. Selain metode ini bisa memperkuat karakter, upgrade juga bisa membuka kelas (atau Job) baru yang mengubah secara fundamental cara memainkan sebuah karakter. Sebagai contoh, dari pemanah yang menyerang dari jarak jauh menjadi Thief yang menyerang dari dekat dengan menggunakan pisau. Semakin besar upgrade dari karakter, maka semakin mudah juga kamu bisa melalui tantangan stage dan musuh tingkat lanjut.

Bukan hanya memperkuat statistik, karakter juga bisa meningkatkan jumlah serangan spesial atau skill yang dimilikinya

Premium Shop Menawarkan Jalan Pintas

Premium Shop merupakan langkah tingkat lanjut untuk gamer yang sudah kecanduan memainkan game ini. Awalnya kamu tidak perlu membayar untuk memainkan game ini, tetapi untuk bisa berkembang lebih cepat kamu perlu bantuan poin premium bernama Gem. Meskipun Gem bisa pula didapatkan dari hadiah misi atau bonus harian, tetapi jumlahnya tidak begitu banyak untuk bisa dibelanjakan dengan baik.

Pembelian premium berkisar antara 14 ribu hingga 1,4 jutaan

Penjualan Gem dengan kisaran harga Rp14 ribu hingga 1,4 jutaan di Premium Shop nantinya akan digunakan untuk beragam toko. Kamu bisa menggunakannya untuk Summon, yang memberikan konten acak, mulai dari karakter baru, Soul Shard, hingga resource untuk upgrade. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk menambah uang dan poin AP, yang sangat penting untuk terus bertarung.

Game ini seringkali memberi penjualan promosi yang menguntungkan pemainnya

Menariknya, The Alchemist Code selalu menawarkan beragam promosi dengan waktu terbatas di Summon atau toko. Melalui iming-iming potongan harga yang besar, kamu akan terus dirayu untuk menghabiskan Gem demi kesempatan untuk mendapatkan karakter kuat. Untuk gamer yang cukup kaya, mendapatkan karakter yang kuat menjadi mudah dan tentunya dapat merajai arena, yang mengadu tim pemain dengan tim pemain lain.

Kamu bisa membelanjakan Gem untuk membeli karakter atau resource upgrade

Kejar Karakter di Awal Permainan

Bagi pemula, memiliki tim dengan karakter yang kuat adalah cara terbaik untuk cepat maju. Bukan hanya kamu menjadi lebih mudah untuk menyelesaikan stage, kamu juga bisa membuka lebih banyak stage yang memberikan resource untuk upgrade karakter. Untuk itu, kami sarankan untuk mengumpulkan Gem dari hadiah misi dan menggunakannya untuk Summon spesial atau promosi.

Upgrade karaktermu untuk membuka kelas atau Job baru

Selain harganya yang terjangkau, kamu juga memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan karakter langka dengan kekuatan besar. Sebaiknya buat tim dengan komposisi yang seimbang, seperti dua petarung jarak dekat untuk menarik perhatian musuh, satu penyerang jarak jauh seperti pemanah, dan satu penyembuh di garis belakang. Kemudian, upgrade mereka sampai tidak bisa lagi ditingkatkan kekuatannya; jangan malu untuk mengulang stage demi mendapatkan resource yang dibutuhkan.

Belanjakan Gem untuk penjualan promosi karakter di awal permainan

Lalu, bagaimana dengan poin AP yang dibutuhkan untuk bertempur? Pada awal permainan, kamu akan mendapatkan cukup banyak tambahan AP dari hadiah misi, baik dari misi harian, misi login, atau misi milestone. Rasanya jumlahnya sangat cukup untuk membantu kamu sampai bisa mencapai stage tingkat lanjut. Bila kamu memang sudah berhasil mendapatkan karakter yang disukai, maka konsentrasikan usahamu untuk meng-upgrade-nya, dan gunakan Gem untuk membeli AP.

Kamu dapat mengisi AP dengan menukar sejumlah Gem

Yang Canggih:

  • Visualnya bagus
  • Ceritanya menarik
  • Banyak pilihan karakter
  • Kualitas pengisi suaranya kelas atas
  • Navigasi interface mudah
  • Pengendalian mudah

Yang Kurang:

  • Semakin kuat tim, semakin tidak butuh strategi untuk menyelesaikan stage.
  • Ukuran instalasinya sangat besar.
  • Belanja Premium membuat game menjadi mudah.

Komentar

Beri komentar

Close