Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Mengenal Oppo A.I. Beauty 2.0: Teknologi Pintar untuk Foto Selfie Lebih Keren



Sebagai brand yang mengedepankan kamera selfie, Oppo memang tidak pernah tanggung-tanggung untuk menanamkan teknologi terkini pada produk garapannya. Pengembangan terhadap fungsi kamera depan adalah upaya untuk mempertegas posisi Oppo sebagai “Selfie Expert & Leader”.

Bukan cuma soal hardware seperti sensor dan lensa, faktor utama lainnya yang menjamin kamera Oppo dapat mempercantik foto selfie secara alami adalah A.I. Beauty Recognition. Sesungguhnya apa itu A.I. Beauty dan seperti apa kecanggihannya sehingga bisa membawa kualitas foto selfie ke level yang lebih tinggi? Yuk, simak penjelasannya:

Kecerdasan buatan untuk fotografi
Teknologi A.I atau Artificial Intelligence secara harafiah bisa diartikan sebagai kecerdasan buatan. Dalam hal ini, kecerdasan buatan ini ditanamkan dalam kamera untuk keperluan fotografi. Teknologi tersebut pertama kali disematkan Oppo pada kamera depan dari Oppo F5, perangkat yang meluncur di Indonesia pada November 2017 lalu.

Berbeda dengan A.I. smartphone pada umumnya, teknologi yang dikembangkan Oppo tidak membutuhkan A.I. Processing Unit. Kecerdasan buatan ini tercipta berkat algoritma buatan engineer Oppo dengan memanfaatkan perpaduan antara CPU dan GPU. Hasilnya, fungsi A.I. dapat berjalan tanpa prosesor khusus.

ai beauty oppo f7

Di versi awalnya, A.I. Beauty dapat memindai hingga 254 titik wajah untuk mengenali setiap detail pada subjek foto. Setelah itu, teknologi ini secara cerdas akan membedakan jenis kulit, warna kulit, jenis kelamin, serta usia dari subjek foto, sehingga menghasilkan personalisasi selfie.

Kerennya lagi, Oppo juga telah membuat database khusus hasil referensi baik dari make up artis profesional maupun fotografer, yang berisi sekumpulan contoh pengaplikasian make up pada pria dan wanita. Tak hanya itu, database ini juga berisi referensi terkait sudut pengambilan foto dan pengaturan cahaya pada foto portrait. Di versi 2.0 ini, database wajah yang ada di kamera OPPO ini juga meningkat hingga 80 ribu wajah dari berbagai latar yang berbeda berdasarkan jenis kelamin, ras, dan warna kulit.

Oppo A.I. Beauty Selfie

elite dragonfly yangcanggih 728

Dengan bantuan kecerdasan buatan dan database tersebut, kamera selfie Oppo yang didukung A.I. Beauty tidak hanya akan menciptakan hasil foto selfie yang baik, tetapi juga menjaganya agar tetap terlihat natural dan tidak berlebihan.

A.I Beauty 2.0 lebih canggih

Walaupun A.I. Beauty terbukti berhasil menjadi pembeda produk Oppo dengan smartphone bertema selfie lainnya, Oppo tentunya tidak berhenti sampai di situ saja. Oppo terus mengembangkan teknologi ini agar ke depannya semakin membawa foto selfie ke tingkat yang lebih tinggi.

Produk terbaru Oppo berikutnya, F7, akan menjadi debut kehadiran teknologi A.I. Beauty 2.0. Di versi anyar ini, A.I. Beauty dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah, baik itu pria maupun wanita, dalam sebuah group selfie! Ya, group selfie!

Oppo F7

Selain itu, kemampuan memindai wajah pun telah ditingkatkan menjadi 296 titik. A.I terbaru juga dapat mempelajari preferensi pengguna dalam melakukan penyesuaian foto. Artinya, untuk foto yang diambil berikutnya akan mendapat penyesuaian yang sama sehingga pengguna tidak perlu repot-repot mengatur lagi.

Kepintaran lain yang dimiliki A.I. Beauty 2.0 terletak pada kemampuannya menyesuaikan leher dan pundak saat mempercantik subyek foto selfie. Ini penting mengingat hampir semua foto selfie menyertakan leher dan pundak. Dengan teknologi versi terbaru ini, leher dan pundak akan memiliki warna dan bentuk yang lebih proporsional sesuai dengan wajah yang telah dipercantik. Jadi tidak ada lagi cerita leher belang karena wajah yang telah dicerahkan.

Bagi yang penggemar selfie yang ingin segara mencicipi teknologi A.I. Beauty 2.0, akan dapat mencicipinya dengan OPPO F7 yang akan segera hadir resmi di Indonesia bulan April 2018. Ditunggu ya!

More Stories
Huawei Sound X
Huawei Sound X: Speaker dengan Dual-Subwoofer dan Audio 360 Derajat