Intel Rilis Prosesor Core i9 untuk Laptop Kelas Atas

Intel merilis beberapa prosesor baru di lini prosesor generasi ke-8. Salah satu prosesor tersebut adalah Intel Core i9 yang akan menjadi prosesor flagship untuk segmen mobile.

Prosesor Intel Core i9 untuk segmen mobile seperti laptop dan 2-in-1 ini memiliki 6 core dan 12 thread, tertinggi di antara prosesor mobile Intel lainnya. Berbeda dengan prosesor mobile generasi 8 yang menggunakan arsitektur Kaby Lake-R, Core i9 ini menggunakan arsitektur Coffee Lake yang lebih baru dan lebih kencang.

svg%3E

Arsitektur Coffee Lake yang diperkenalkan pada Core i9 mobile ini merupakan arsitektur generasi paling baru yang dimiliki oleh Intel. Sebelumnya arsitektur ini sudah digunakan untuk jajaran prosesor Intel generasi 8 di kelas desktop.

svg%3E

Prosesor Intel Core i9 8950HK menjadi prosesor tertinggi di segmen prosesor mobile milik Intel saat ini. Prosesor tersebut memiliki 6 core 12 thread, dan memiliki kecepatan base clock 2,9GHz. Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 4,8GHz saat fitur Intel Turbo Boost 2.0 aktif.

Intel Core i9 8950HK memiliki TDP 45watt yang jauh lebih besar dibanding prosesor mobile lain seperti Core i7 8550U yang memiliki TDP 15watt. Intel Core i9 8950HK sepertinya hanya akan digunakan untuk laptop-laptop gaming kelas atas dengan kebutuhan performa tinggi yang memiliki bodi besar dan sistem pendingin yang bagus.

Selain Core i9 8950HK, Intel juga merilis beberapa prosesor lain untuk segmen di bawahnya dengan TDP yang lebih rendah tapi tetap menggunakan arsitektur Coffee Lake.