Tips Membuat Video Epik dengan Fitur Super Slow-Mo di Samsung Galaxy S9 dan S9+

Seperti diketahui, salah satu fitur terbaru yang dikedepankan oleh Samsung pada Galaxy S9 dan S9+ adalah Super Slow-Mo. Dengan fitur ini, Anda bisa menciptakan video slow motion 960fps dengan mudah.

samsung galaxy s9 slow mo

Dalam acara media workshop di Lombok, 2-4 April 2018, David Soong (fotografer profesional) menjelaskan bahwa ada banyak sekali momen sehari-hari yang bisa direkam menjadi video yang epik dengan fitur Super Slow-Mo.

Setidaknya ada 9 momen yang disebut oleh David, misalnya Travel Moment yakni ketika bepergian dan menemukan budaya atau kesenian menarik (misalnya tarian), Beauty Moment yakni saat seorang wanita mengibaskan rambut dan gaun indahnya diterpa angin, serta Active Moment ketika merekam kegiatan olahraga seperti bermain voli atau renang.

Selain itu, ada pula Romance Moment, Friendship Moment, Pet Moment, Hobby Moment, Familt Moment, dan yang tak boleh terlupakan, Special Moment contohnya di acara pernikahan.

galaxy s9 camera ois bg img m

Dengan Super Slow-Mo, momen-momen di atas yang tadinya terlihat biasa saja akan jauh lebih dramatis. Dan semua itu bisa Anda ciptakan lewat proses yang super mudah.

Cara menggunakan Super Slow-Mo

Untuk dapat mengakses fitur Super Slow-Mo, tentunya Anda harus masuk ke aplikasi kamera. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih fitur Super Slow-Mo

2. Sebelum merekam, Anda bisa memilih antara 2 mode, yakni Auto atau Manual.

galaxy s9 camera motion gui img02 purple

3. Untuk mode Auto, posisikan kotak kuning pada area yang berpotensi terjadi gerakan yang ingin dibuat Super Slow-Mo.

4. Tekan tombol Shutter dan genggam Galaxy S9 dengan mantap.

5. Di mode Manual, Anda yang menentukan sendiri timing perekaman. Caranya adalah menekan tombol shutter, lalu tekan tombol Super Slow-Mo di atasnya pada momen yang pas.

Perlu diketahui bahwa Super Slow-Mo oada Galaxy S9 dan S9+ mampu merekam gambar 32 kali lebih lambat dari video normal, dan 4 kali lebih lambat dari video slow motion biasa di kebanyakan smartphone lainnya.

https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/p/BhIPWJ4nGcm/

Super Slow-Mo akan membuat momen 0,2 detik menjadi video berdurasi sekitar 6 detik. Resolusi videonya pun cukup baik, yakni 720p.

Tips menciptakan video yang epik

Lalu, apa yang harus diperhatikan jika ingin video Super Slow-Mo yang dibuat terlihat epik dan berpotensi disukai banyak orang? Berikut beberapa tips dari David Soong:

1. Pilih momen yang tepat dari kegiatan sehari-hari. Agar lebih keren, cari momen yang biasanya terjadi sangat cepat, misalnya orang berlari, rambut yang dikibaskan, melompat ke kolam renang, dan sebagainya.

2. Pastikan Anda berada di outdoor dengan sinar matahari terang yang menyinari momen tersebut. Perlu diingat, pencahayaan adalah faktor sangat penting untuk menghasilkan video Super Slow-Mo yang baik. Jika di dalam ruangan apalagi ketika cahayanya temaram, hasilnya akan buruk.

Apakah ini merupakan sebuah kekurangan dari Galaxy S9? Menurut kami tidak sama sekali. Pasalnya, dengan 960fps, kamera akan bekerja menangkap gambar dengan super cepat dan sangat membutuhkan cahaya yang terang. Jika di dalam ruangan menggunakan lampu, selain tidak seterang matahari, kemungkinan besar Anda akan menemui flicker.

galaxy s9 camera sharing img purple

3. Tambahkan musik yang sesuai dengan momen yang Anda rekam. Anda bisa memilih beberapa musik bawaan yang tersedia secara default, atau dari koleksi Anda sendiri.

Tips tambahan dari kami: jangan ragu untuk merekam Super Slow-Mo secara berulang-ulang pada momen-momen yang timing-nya sulit. Misalnya merekam pertandingan Voli. Gunakan mode manual dan jalankan terus perekaman video. Posisikan jari Anda di tombol Super Slow-Mo agar bisa langsung diaktifkan saat momennya tepat.

PSX 20180404 071739

Anda juga bisa mengubah video Super Slow-Mo menjadi clip pendek berformat GIF, dengan menambahkan efek-efek keren seperti Loop, Reverse, dan Swing.

Nah, bagaimana? Gampang, kan? Dengan Galaxy S9 dan S9+, Anda bisa menciptakan video Super Slow-Mo di momen-momen sederhana yang terjadi sehari-hari dengan cepat dan mudah, tanpa harus membeli atau membawa kamera besar ke mana-mana. Asyiknya lagi, bisa langsung Anda upload ke media sosial saat itu juga!