Samsung Relumino: Aplikasi Gear VR untuk Penderita Gangguan Penglihatan

Samsung C-Lab (Creative Lab) belum lama ini memperkenalkan Relumino, aplikasi garapan mereka yang ditujukan untuk membantu para penderita gangguan penglihatan.

Aplikasi Gear VR

svg%3E

Relumino adalah sebuah aplikasi untuk membantu penderita gangguan penglihatan (low vision) agar dapat melihat dunia dengan jelas serta membantu mereka dalam mengatasi hambatan pengelihatan di kehidupan sehari-hari.

“Melalui Relumino, Samsung mewujudkan komitmennya dalam hal membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka, dengan memberikan akses mudah melalui inovasi yang memungkinkan penderita gangguan penglihatan untuk mendapatkan kesempatan melihat apa yang mereka tidak bisa lihat sebelumnya,” kata Jaiil Lee, selaku Vice President and Head of Creativity & Innovation Center at Samsung Electronics.

Untuk dapat menggunakannya, pengguna membutuhkan smartphone Samsung dan headset Gear VR. Smartphone yang kompatibel antara lain Galaxy S8, S8+, Note 8, dan tak ketinggalan duo flagship teranyar Galaxy S9 dan S9+.

svg%3E

svg%3E

Banyak fitur bermanfaat

Jika sudah memiliki smartphone yang mendukung serta Gear VR, pengguna dapat mengunduh aplikasi Relúm?no secara gratis di Oculus Store dengan dukungan untuk bahasa Inggris dan Korea. Aplikasi Relúm?no bekerja dengan cara memproses gambar dari video yang diproyeksikan melalui kamera belakang smartphone dan membuat gambar menjadi lebih jelas.

svg%3E

Aplikasi ini dibekali banyak fitur, yakni Memperbesar dan memperkecil gambar, memperjelas garis antar objek, menyesuaikan perbedaan warna dan kecerahan, membalikkan warna unuk membaca, Omni-focal function (menyetel mode secara berbeda ketika melihat ke depan dan ke bawah), dan Penyaringan warna pada layar. Ada pula mode partial vision yang membantu pemetaan ulang gambar yang tak terlihat oleh bagian mata ke bagian mata yang terlihat.