Zhiyun Smooth 4: Gimbal Smartphone Pertama dengan Focus Wheel

Setelah DJI mengumumkan Osmo Mobile 2 dengan harga yang lebih terjangkau, kompetisi gimbal untuk smartphone semakin memanas. Zhiyun salah satu pabrikan gimbal stabilizer yang menjadi pesaing berat DJI pun tak mau kalah. Ini dibuktikan lewat hadirnya Zhiyun Smooth 4 yang muncul dengan sederetan fitur lebih inovatif dibandingkan Osmo Mobile 2.

Zhiyun Smooth 4: Gimbal Smartphone Pertama dengan Focus Wheel 16 gimbal smartphone, harga, spesifikasi, zhiyun, zhiyun smooth 4

Gimbal smartphone pertama dengan Focus Wheel

Zhiyun merancang Smooth 4 dengan mengadopsi desain dan fitur Crane 2 yang merupakan gimbal andalannya untuk kamera DSLR.

Zhiyun Smooth 4: Gimbal Smartphone Pertama dengan Focus Wheel 17 gimbal smartphone, harga, spesifikasi, zhiyun, zhiyun smooth 4

Dibandingkan versi lawasnya, Zhiyun Smooth 4 hadir dengan desain baru yang terlihat lebih premium dan diklaim lebih nyaman digenggaman tangan. Tombol-tombol navigasinya juga dirancang ulang agar lebih ergonomi sehingga semakin mudah untuk akses fungsi dan mode yang sering digunakan.

Desain klipnya yang unik memungkinkan Smooth 4 untuk lebih mudah dilipat dan diajak berpergian serta mempersingkat waktu persiapannya. Anda pun tetap bisa menggunakannya di mode vertikal atau horisontal.

Zhiyun Smooth 4: Gimbal Smartphone Pertama dengan Focus Wheel 18 gimbal smartphone, harga, spesifikasi, zhiyun, zhiyun smooth 4

Satu fitur yang patut diacungi jempol, Smooth 4 hadir dengan roda pengaturan fokus atau focus wheel seperti Crane 2. Fitur yang pertama kali muncul di gimbal smartphone ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur pergerakkan fokus secara manual saat pengambilan gambar. Anda bisa melakukan zoom in, zoom out untuk pengambilan gambar jarak dekat, atau menciptakan efek “dolly zoom” seperti videografer kelas profesional dengan lebih mudah.

Dolly zoom effect

Fitur lengkap

Mengusung jargon Born for Mobile Filmmakers, Zhiyun Smooth 4 bisa diatur dan dikendalikan lewat semua tombol navigasinya. Dengan demikian Anda bisa fokus untuk mengambil gambar tanpa perlu lagi menyentuh layar smartphone untuk melakukan pengaturan.

Zhiyun turut melengkapinya dengan mode PhoneGo. Di mode ini kinerja motor Smooth 4 akan dioptimalkan sekejap untuk menyesuaikan pergerakan yang lebih cepat. Seperti misalnya digunakan saat berjalan, berlari atau melakukan pengambilan gambar dari kendaraan yang bergerak cepat seperti mobil atau motor.

Selain itu, Smooth 4 masih tetap dilengkapi dengan beragam mode teknik pengambilan gambar yang lebih kreatif seperti timelapse, moving timelapse, motionlapse dan masih banyak lagi.

Tambahan lain fitur Object tracking di Smooth 4 juga mendapatkan pembaruan. Menurut Zhiyun, fitur Object Tracking di Smooth 4 kini lebih presisi mengenali wajah.

Baterai tahan 10 jam

Smooth 4 ditenagai dengan baterai yang bisa tahan hingga 10 jam. Dilengkapi dengan port USB Type-C Anda pun bisa isi ulang baterainya dengan powerbank di saat darurat.

Zhiyun Smooth 4 dijual dengan harga US$139 dengan 2 pilihan warna yaitu hitam dan putih. Harganya ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan DJI Osmo Mobile 2 yang dijual dengan harga US$129.

Jika berminat dengan Zhiyun Smooth 4, dalam waktu dekat gimbal ini akan hadir di pasar Indonesia. Zhiyun Smooth 4 sudah bisa di pre-order dari tanggal 24 Maret hingga 16 April 2018 melalui distributor resmi Zhiyun di Indonesia, PT Denka Pratama Indonesia, dan harga jualnya dipatok Rp2.199.000.

Baca juga
Zhiyun Smooth 4: Gimbal Smartphone Pertama dengan Focus Wheel 23 gimbal smartphone, harga, spesifikasi, zhiyun, zhiyun smooth 4
Termurah dengan Memori 128GB, INFINIX HOT 9 Resmi Dijual Seharga 1,7 Juta Rupiah