Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Infinix Hot S3: Smartphone Terjangkau dengan Kamera Selfie 20 Megapixel dan Baterai 4000 mAh

Cek harga

Persaingan di ranah smartphone selfie tak kunjung usai. Para produsen masih berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan kamera depan mumpuni untuk menarik minat masyarakat di Indonesia.

Infinix contohnya. Melalui Hot S3, Infinix mencoba menawarkan opsi yang terjangkau dengan kemampuan kamera selfie yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Desain sederhana tapi tetap kekinian

 

Sejauh pengalaman saya, Infinix bukanlah brand yang gemar meluncurkan produk dengan terobosan desain yang inovatif. Hal itu masih terlihat jelas di Hot S3 yang tampil cukup sederhana tanpa ada aksen-aksen yang berlebihan.

Desain seperti ini bukan berarti buruk. Malahan mungkin justru akan disukai oleh sebagian besar pengguna pada umumnya. Namun harus digarisbawahi, Infinix Hot S3 tetap nampak kekinian berkat keberadaan layar 18:9 yang mendominasi bagian depan ponsel.

Karena ada layar penuh di depan, Infinix meletakkan sensor sidik jari di bagian belakang, tepat di tengah. Sementara kamera posisinya lebih ke pojok, berdampingan dengan lampu flash yang disusun vertikal ala iPhone X.

Bahannya? Ya, plastik. Tapi kualitas rancang bangunnya cukup baik dan tidak terlihat murahan karena dilapisi finishing mirip material metal. Hot S3 termasuk smartphone yang mudah digenggam dan nyaman ketika bersentuhan dengan tangan.

Bobotnya pun ringan, sehingga tidak membebani saat dibawa di saku celana. Meski bagian belakangnya tidak licin, Anda bisa langsung menggunakan jelly case yang sudah termasuk dalam paket penjualan agar genggaman terasa lebih mantap. Namun yang terpenting, smartphone ini tidak sulit dioperasikan dengan satu tangan.

Yang juga saya suka, Infinix Hot S3 memiliki tiga buah slot. Dua untuk SIM-card, dan satu khusus untuk microSD. Artinya, Anda tidak perlu mengorbankan SIM-card 2 jika ingin memasang kartu memori. Fitur yang sederhana tapi saya yakin sangat dibutuhkan oleh sebagian besar pengguna di Tanah Air.

Layar penuh 18:9

Seperti disebutkan di atas, Hot S3 punya layar kekinian dengan aspect ratio 18:9. Tentunya ini menjadi nilai plus karena membuatnya menjadi opsi yang terjangkau bagi pengguna yang ingin mencicipi sensasi layar penuh.

Ukuran layarnya 5,65 inci dan resolusinya masih HD+ alias 1440 x 720 piksel. Cukup wajar untuk sebuah smartphone dengan harga tak sampai 2 juta rupiah. Dipadukan dengan bezel yang tipis, rasio screen-to-body Hot S3 mencapai 81 persen.

Bagaimana dengan kualitas layarnya? Menurut saya biasa saja. Lumayan untuk menikmati berbagai konten karena masih terlihat tajam dan warnanya cukup cemerlang. Tingkat kecerahannya bukan yang terbaik, tapi masih memadai untuk penggunaan di bawah sinar matahari.

Infinix tak lupa menyediakan mode Night Light yang bisa membantu meminimalisir pancaran sinar biru. Untuk urusan audio, tidak ada yang spesial dari Hot S3. Speaker-nya bukan yang paling lantang meski tetap terdengar jernih.

OS sudah Android 8.0 Oreo

Ya, Infinix Hot S3 sudah mengadopsi XOS3.0 berbasis Android 8.0 Oreo. Cukup menarik karena beberapa smartphone terbaru lainnya masih ada yang menggunakan Nougat tanpa kejelasan jadwal update.

Antarmukanya tergolong fresh dan bersih. Hanya segelintir bloatware yang jumlahnya tidak terlalu mengganggu. Selain itu, XOS3.0 juga ringan dan gesit. Sangat nyaman untuk berselancar dari satu halaman ke halaman lainnya.

Tidak banyak fitur-fitur bawaan yang menarik di OS ini. Anda masih tetap bisa menikmati mode split-screen untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus di layar. Cocok untuk penggemar multitasking.

Untuk urusan sistem keamanan, selain sensor sidik jari Infinix juga menyediakan fitur Face Unlock. Saya sempat mencobanya dan menurut saya lumayan efektif untuk penggunaan di tempat terang. Setidaknya, ada opsi tambahan untuk membuka kunci dengan mudah dan cepat.

Kamera selfie 20 megapixel

Inilah sektor yang menjadi andalan utama dari Infinix Hot S3, kamera selfie 20 megapixel Sony IMX376 f/2.0 lengkap dengan dukungan dual LED flash. Dengan spesifikasi seperti ini, tentunya wajar jika Anda berharap mendapatkan hasil selfie yang baik.

Kenyataannya, kemampuan kamera depan Hot S3 memang bisa diandalkan. Khususnya di kondisi cahaya yang memadai. Hasil fotonya tajam dan warnanya natural. Meski begitu, mode Beauty-nya terlalu agresif dan Anda wajib menurunkan levelnya ke angka yang rendah jika tidak ingin wajah terlihat halus yang dibuat-buat.

Hasil Foto Infinix Hot S3 (4)

Hasil Foto Infinix Hot S3 (12)

Hasil Foto Infinix Hot S3 (11)

Untuk pemotretan di dalam ruangan atau cahaya yang minim masih lumayan. Tapi tentunya, ketajamannya jauh menurun dan Anda akan menemui noise di sana-sini. Infinix pun tak lupa menambahkan mode Portrait pada kamera depan untuk menciptakan foto selfie dengan efek bokeh.

Beralih ke kamera belakang, sensor 13 megapixel f/2.0 dengan dual-LED flash menurut kami tidak terlalu memuaskan. Hasil jepretannya terkadang terlihat agak pudar. Anda wajib mengutak-atik pengaturan di mode manual untuk mendapatkan hasil yang lumayan untuk dipamerkan ke media sosial.

Hasil Foto Infinix Hot S3 (1)

Hasil Foto Infinix Hot S3 (7)

Jika Anda masih penasaran dengan kamera Infinix Hot S3, langsung saja simak hasil-hasil foto yang lebih lengkap di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa khas smartphone murah

Dengan harga tak sampai 2 juta rupiah, rasanya sulit bagi Infinix untuk membenamkan hardware yang bertenaga dengan tetap menjaga harga tidak melambung. Apalagi, Infinix sudah memfokuskan fitur utama di sektor kamera.

Alhasil, Anda disajikan SoC Qualcomm Snapdragon 430 yang ditemani RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Jika penyimpanan datanya masih kurang, Anda bisa menyisipkan microSD di slot terdedikasi.

Soal performanya, sesungguhnya komposisi hardware ini mampu memberikan kinerja yang gesit. XOS3.0 yang ringan dan resolusi layar yang masih HD+ terbukti membantu menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dalam menjalankan berbagai aplikasi standar.

Untuk gaming pun masih bisa. Judul populer seperti Mobile Legends dapat berjalan dengan cukup lancar, asalkan pengaturan grafisnya berada di level rendah atau maksimal medium.

Agar lebih menggambarkan seperti apa performa Infinix Hot S3, berikut saya tampilkan hasil pengujian menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Baterai cukup awet

Infinix Hot S3 hadir dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Di atas kertas, kapasitas ini tergolong besar dan seharusnya bisa menjanjikan daya tahan baterai yang awet untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Kenyataannya memang demikian. Dengan gaya pemakaian normal, saya bisa menggunakan smartphone ini sejak pagi hingga malam hari (bahkan sampai keesokan harinya), tanpa harus sekalipun mengisi ulang daya.

Tapi dengan kapasitas yang besar dan tanpa fast charging, Anda harus bersabar karena proses pengisian daya dari kondisi di bawah 10 persen hingga 100 persen memakan waktu lebih dari 2 jam.

Tak ketinggalan, berikut saya sajikan hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark:

Kesimpulan

Infinix dikenal sebagai salah satu brand yang sering meluncurkan produk dengan spesifikasi menarik dan harga yang terjangkau. Lewat Hot S3, mereka kembali membuktikan komitmennya tersebut.

Secara keseluruhan Infinix Hot S3 adalah smartphone yang cukup menyenangkan jika menyoroti harganya yang berada di angka Rp1.899.000. Smartphone yang menurut saya cukup value for money, walaupun tak dapat dipungkiri di level harganya akan mendapatkan lawan yang amat berat dari brand sebelah.

Intinya, Infinix Hot S3 cocok untuk Anda para penggemar selfie yang mencari smartphone terjangkau, tapi sekaligus bisa menikmati baterai besar dan mencicipi layar kekinian 18:9.

Yang Canggih:

  • Layar 5,7 inci 18:9
  • Kamera selfie Sony IMX376 20 megapixel dengan lampu flash
  • OS sudah Android 8.0 Oreo
  • Baterai awet
  • Ada slot microSD terpisah
  • Harga kompetitif

Yang Kurang:

  • Kamera belakang kurang bagus, terutama saat low-light
  • Kamera selfie terkadang over-exposure
  • Performa kurang cocok untuk gaming berat
Spesifikasi Infinix Hot S3
Layar 5,7 inci HD+ 18:9
SoC Qualcomm Snapdragon 430 octa-core
RAM 3 GB
Memori internal 32 GB
Kamera belakang 13 megapixel
Kamera depan Sony IMX376 20 megapixel dengan lampu flash
Baterai 4000 mAh
OS Android 8.0 Oreo
Fitur Sensor sidik jari, FaceID
Harga Rp1.899.000
Infinix Hot S3
Cocok untuk penggemar selfie yang mencari smartphone terjangkau
Cek harga

Komentar

Beri komentar

Close