Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Tertarik dengan Xiaomi Redmi 5 Plus? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Xiaomi sudah meluncurkan duo smartphone berlayar 18:9 terbarunya yang dibanderol terjangkau, yakni Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, di Indonesia. Nama yang disebut terakhir sudah sempat kami ulas secara lengkap dalam sebuah artikel review.

Meski begitu, mungkin banyak dari Anda yang masih bingung atau ragu apakah Redmi 5 Plus benar-benar menarik untuk dibeli atau tidak. Untuk memudahkan Anda, berikut kami rangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari Redmi 5 Plus:

Yang Canggih:

1. Layar 5,99 Inci Full HD+ 18:9

Redmi 5 Plus

Saat pertama kali hadir di Indonesia, Xiaomi menyebut Redmi 5 dan Redmi 5 Plus sebagai opsi yang amat terjangkau untuk mencicipi layar penuh 18:9. Pada versi Plus-nya, Anda disajikan ukuran layar yang lebih lebar yakni 5,99 inci.

Namun yang membuatnya terlihat lebih menarik adalah Xiaomi sudah membenamkan resolusi Full HD+, alias 1080 x 2180 pixel. Bisa Anda bandingkan langsung di pasaran, sangat sulit mencari smartphone seharga mulai dari 2,2 juta rupiah yang sudah memakai Full HD+.

2. Performa oke untuk main game

Xiaomi memang dikenal sebagai brand yang sering menawarkan perangkat terjangkau tapi dibekali spesifikasi mumpuni. Redmi 5 Plus pun demikian. Dengan kombinasi SoC Qualcomm Snapdragon 625 dan RAM 3 GB, Anda bisa menjalankan berbagai kebutuhan standar dengan mulus.

Xiaomi Redmi 5 Plus Tekken

Bahkan, untuk main game pun smartphone ini masih bisa diandalkan. Kami sudah mencoba judul-judul populer seperti Arena of Valor dan Tekken Mobile, keduanya berjalan lancar tanpa lag yang mengganggu.

3. Kamera cukup baik di kondisi cahaya memadai

Xiaomi Redmi 5 Plus 5

Anda benar jika menganggap kamera dari smartphone 2 jutaan tak terlalu bisa diandalkan. Tak terkecuali Redmi 5 Plus, dengan bekal sensor 13 megapixel f/2.2 di belakang, Anda memang tidak akan mendapatkan hasil foto super cemerlang. Akan tetapi, untuk level harganya, kamera tersebut termasuk cukup baik terutama di kondisi cahaya memadai.

4. Baterai tahan lama

Dengan bodi yang lebar, tak heran jika Xiaomi membenamkan baterai berkapasitas 4000 mAh pada Redmi 5 Plus. Dipadukan dengan Snapdragon 625 yang hemat daya, hasilnya smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang lama.

Dari hasil pengujian kami, Anda yang menggunakan smartphone dengan gaya pemakaian normal tidak perlu membawa power bank untuk beraktivitas sejak pagi hingga malam. Kecuali jika Anda termasuk orang yang hobi nge-game.

5. Harga menggiurkan

Kami memasukkan harga sebagai salah satu kelebihan Redmi 5 Plus karena menurut kami smartphone ini memang menawarkan value for money yang mantap. Jika Anda memiliki dana 2,2 juta rupiah, mungkin sangat sulit untuk menemukan produk lain yang hadir dengan spesifikasi dan fitur seperti Redmi 5 Plus. Kalaupun ada, bisa jadi harganya jauh lebih mahal.

Yang Kurang:

1. Bongsor

Xiaomi Redmi 5 Plus 3

Redmi 5 Plus memang sudah mengadopsi desain layar penuh dengan aspect ratio 18:9. Namun dengan ukuran 5,99 inci, tentunya dimensi smartphone secara keseluruhan tetaplah bongsor. Anda yang bertangan mungil mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengoperasikannya dengan satu tangan. Solusinya? Pilih versi non-plus.

2. Slot hybrid

Ini salah satu kekurangan yang menurut kami cukup disayangkan. Dengan slot hybrid, Anda tidak mungkin menyisipkan Dual-SIM dan satu microSD sekaligus. Jika ingin memasang microSD, Anda harus mengorbankan SIM-card 2. Sebaliknya, jika ingin memakai dua SIM-card, Anda harus mengorbankan microSD.

3. OS belum Oreo

Redmi 5 Plus MIUI 9 1

Mungkin ini bukan kekurangan yang terlalu signifikan untuk mempengaruhi keputusan Anda. Saat ini Redmi 5 Plus masih menggunakan OS Android 7.1.2 Nougat. Menurut kami, akan lebih menarik jika Xiaomi meluncurkannya langsung dengan Android 8.0 Oreo seperti beberapa smartphone baru saat ini di pasaran. Atau setidaknya, Xiaomi sudah memberi kepastian kapan update Oreo akan dirilis.

Nah, bagaimana? Sudah mulai yakin untuk meminang Redmi 5 Plus? Semoga artikel kami kali ini bisa membantu Anda, ya!

Satu komentar

  1. Jujur buat redmi 5plus kurang menarik ketika bermain game HD misalnya free fire, saya pake redmi 5plus 3/32 masih baru langsung main ff ternyata ada yg aneh ketika sesang bermain kadang kadang beberapa tobol tidak sensitive/tidak bisa di sentuh, saya nyoba nyari tutor di yt emang benar redmi 5plus kebanyakan bermasalah yg sama. Padahal sebelumnya saya memakai redmi note 4 2/16 malahan lebih enak note 4 tidak ada masalah sesikit pun.
    Terimakasih

Back to top button