Quantcast
AndroidAplikasiGame Test

Game Test: The X-Files Deep State, Game Puzzle Dengan Cerita Menarik

Bagi manusia yang mengalami masa remaja di era 90an, termasuk kami tentunya, nama The X-Files bersinergi dengan film seri yang menggebrak generasi. Pada masa sinema seri yang kental dengan action penuh ledakan, The X-Files memberikan tema yang berani, yaitu konspirasi, UFO, misteri, dan alur cerita yang berkesinambungan. Mungkin hal ini pula yang membuat kami merasa sangat senang bisa bertemu kembali dengan franchise The X-Files baru, meskipun dalam bentuk game.

Visual indah dan detail tinggi membuat game puzzle ini wajib dimainkan!

The X-Files Deep State merupakan game berjenis puzzle ‘Hidden Object’. Bila kamu sering memainkan game berjenis puzzle, maka genre ini sudah tidak asing lagi. Pemain dari game jenis ini harus memiliki konsentrasi tinggi, ketelitian, serta mampu memutar otak dengan cepat di frame waktu terbatas, demi mencari gambar obyek yang spesifik di antara gambar latar nan ramai. Coba saja bayangkan kamu harus mencari sebuah pensil yang dilempar di tengah gudang yang berantakan, dalam waktu beberapa detik saja.

Ceritanya tidak kalah dengan film serinya!

Walaupun pemain yang menyukai game jenis ini terbilang eksklusif, tetapi mereka bisa terpaku di depan layar permainan tanpa bergerak seharian. Bila kamu termasuk di dalamnya, maka kami rasa The X-Files merupakan game yang mampu memuaskan dirimu. Bahkan kami merasa game ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Cobalah bila berani!

Setiap kisah berisi beberapa stage yang menantang

Cerita Menjadi Kekuatan Besarnya

Bukan The X-Files namanya bila tidak disertai dengan cerita misteri yang menarik. Begitu pula halnya dengan The X-Files Deep State; game ini memiliki cerita yang mampu menggetarkan saraf kami. Sebab, ada beberapa bagian yang cukup mencekam, semi horor, meskipun tidak sekelas film horor kelas atas seperti The Ring misalnya. Elemen tersebut membuat memainkan game ini seperti kembali menonton film serinya, bedanya kamu harus memutar otak untuk mencari obyek tersembunyi.

Hati-hati dengan pilihanmu! Semua memiliki konsekuensi

Cerita di dalam game ini dibawakan dengan menarik, melalui kotak dialog dengan inset gambar karakter yang cukup ekspresif. Kamu juga nantinya akan dihibur dengan musik ala The X-Files, yang mampu membawa kamu ke dalam nuansa misterinya. Menurut kami, musik tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam game ini, sebab elemen itulah yang membuat ceritanya menjadi hidup.

Apapun yang kamu pilih, akan membuka cerita baru yang menarik

Setiap kejadian di dalam game tidak hanya disaksikan saja dengan matamu. Sebab, kamu diberikan opsi untuk memilih jalan ceritamu sendiri. Ya, inilah yang menurut kami poin positif yang sangat besar! Melalui beragam pilihan tersebut, kamu akan mendapatkan tekanan mental. Mengapa demikian? Karena pilihanmu bukan sekadar opsi kosong belaka yang menjadi pemanis cerita!

Tokoh dari film seri The X-Files akan muncul juga di game ini

Pilihanmu Menentukan Nasib Seseorang

Adanya arti dalam memilih jalan cerita menurut kami menjadi satu lagi kelebihan besar The X-Files Deep State. Karena pilihan tersebut akan menentukan apa yang terjadi pada tokoh di dalam cerita ke depannya. Dan satu lagi, kamu tidak bisa mengubah pilihan tersebut! Nasib tokoh tersebut akan kamu kunci dengan pilihanmu!

Setiap bukti harus kamu periksa demi menemukan pelaku

Sebagai contoh, kamu akan menemukan opsi percakapan ketika ditanya oleh rekanmu mengenai kasus pembunuhan. Ternyata, pilihan kecil tersebut akan membawa seseorang menjadi tersangka, apakah memang benar dia pembunuhnya atau bukan. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan menemukan momen untuk memilih satu dari dua opsi yang penting menyangkut penangkapan tersangka, dan setiapnya memiliki konsekuensi tersendiri pada dirimu di cerita berikutnya!

Semua yang kamu lakukan akan direkam dan dibandingkan dengan pemain lain dari seluruh dunia

Adanya feature yang begitu berkesan tersebut membuat kami merasa ada yang salah dengan game ini. Bukannya game puzzle Hidden Object dengan cerita yang luar biasa, tetapi game dengan cerita jempolan diselingi oleh puzzle. Elemen yang menjadi sorotan seperti terbalik! Akan tetapi, bukan berarti game ini memiliki elemen permainan puzzle yang tidak menarik; karena kami jelas merasa tertantang memainkannya!

Banyak variasi mini game yang bisa kamu temui di sini

Bukan Hanya Sekadar Obyek Tersembunyi

Presentasi visual dari game ini menurut kami bisa mendapat penghargaan tersendiri. Meskipun digambarkan dalam visual 2D, detailnya sendiri sangat tinggi. Kami sempat dibuat pusing ketika mencari benda yang begitu membaur dengan gambar latar belakang, sampai akhirnya kehabisan waktu dan kembali mengulang stage tersebut! Terlebih lagi, satu gambar latar belakang bisa muncul terbalik, seperti melihat dari cermin, sehingga membuat nuansanya berbeda meskipun gambarnya sama.

Temukan benda tersembunyi dengan cepat supaya combo bar penuh dan nilaimu tinggi!

Bukan hanya sampai di situ saja kamu akan dibuat pusing. Ada pula saatnya kamu menemukan stage yang ada di kegelapan, seperti lampunya dimatikan! Kamu hanya akan mengandalkan penerangan terbatas dari senter, dan di saat bersamaan harus mencari benda tersembunyi dalam waktu yang terbatas! Terlebih lagi ada pula stage yang seperti dilihat dari sudut pandang Night Vision Googles, semua gambarnya berwarna hijau sehingga membuat kesulitannya meningkat beberapa kali lipat!

Kurang tertantang? Coba temukan bendanya kalau seperti ini!

Meskipun demikian, setiap stage memiliki posisi obyek yang tetap. Artinya, bila kamu cukup teliti untuk mengingat semua posisi obyeknya, maka kamu bisa dengan cepat menemukannya. Namun perlu diingat pula bahwa setiap kali kamu mengulang sebuah stage, maka benda yang dicari juga akan berubah. Bahkan ada pula stage yang nama bendanya diacak hurufnya, misanya ‘Knife’ menjadi ‘Fneki’ sehingga membuat otak bekerja semakin keras!

Meski kamu ingat posisi bendanya, kalau warnanya jadi seperti ini…

Kumpulkan Bukti dan Selesaikan Kasus

Tujuan dari mencari beragam benda tersebunyi tersebut tentu saja untuk menyelesaikan kasus. Namun, setelah stage diselesaikan pertama kalinya, kamu bisa kembali mengulang stage tersebut untuk mendapatkan poin bintang. Poin bintang sendiri nantinya digunakan untuk menjalankan satu aksi, misalnya melakukan otopsi, memeriksa sidik jari, atau melakukan interogasi. Setiap kali kamu menjalankan aksi tersebut, bintang tersebut akan hilang karena digunakan, dan kamu harus mendapatkan poin itu kembali dengan mengulang stage.

Kamu dapat mencoba kembali stage untuk mendapatkan poin bintang

Setiap kali kamu memainkan satu stage, kamu harus membayar poin energi. Poin energi itu sendiri tentu saja bisa habis karena terbatas jumlahnya, bisa terisi dengan sendirinya seiring waktu, dan menjadi salah satu komoditas toko Premium, sama seperti halnya game berjenis Freemium lainnya di platform mobile. Stage yang sudah kamu selesaikan juga akan bertambah tingkat kesulitannya. Jadi, kamu tidak bisa berharap menyelesaikan stage yang mudah demi mengumpulkan bintang!

Beberapa aksi butuh kesabaran atau kuat membayar Rupiah

Stage yang kamu temui juga memiliki persyaratan tersendiri untuk memberikan hadiah poin bintang. Sebagai contoh, kamu harus menemukan sejumlah benda dengan waktu terbatas, atau mendapatkan nilai tertentu. Nilai tersebut didapatkan dari menemukan benda dengan cepat, tanpa salah menekan posisi benda di layar permainan, sehingga menghasilkan combo. Keberhasilanmu dalam mendapatkan nilai tinggi juga akan dibandingkan dengan temanmu yang memainkan game ini.

Dapatkan nilai tinggi dan bandingkan dengan temanmu

Toko Premium Tawarkan Energi dan Penampilan Baru

Kemampuan untuk membeli energi tambahan tentu saja menjadi salah satu produk utama di dalam toko Premium pada The X-Files Deep State. Semakin sulit stage yang kamu hadapi, maka semakin besar pula kemungkinannya kamu akan mengulangnya, dan di saat bersamaan menggunakan energi tambahan. Namun, bukan hanya energi saja yang ditawarkan oleh toko Premium tersebut.

Ingin terus main? Siapkan uang untuk beli energi!

Kamu juga bisa menemukan kesempatan untuk mendandani tokoh agen FBI yang kamu mainkan. Mulai dari menentukan jenis kelaminnya, nama, paras wajah, gaya rambut, sampai pakaian dan aksesoris, semua bisa ditemukan di sini. Tentu saja tidak semua harus dibeli dengan Rupiah, tetapi semua yang bagus tentu saja butuh belanja Premium.

Dandani tokoh agenmu dengan beragam pakaian dan aksesoris

Nominal yang ditawarkan dalam toko Premium memang terlihat kecil, yaitu sekitar beberapa ribu sampai sekitar seratus ribuan Rupiah, tetapi kamu akan terus menggunakannya dengan rutin. Hal ini bisa terjadi bila kamu memainkan game ini tanpa henti, dan tidak mau menunggu beberapa aksi yang membutuhkan waktu Real Time sampai selesai. Setidaknya game ini masih lebih jinak dibandingkan beberapa game berjenis Hero RPG di Play Store.

Cerita baru bisa kamu dapatkan dengan mendownloadnya

Kesimpulan

The X-Files Deep State memiliki cerita yang sangat mengesankan. Setidaknya sisi ini mampu memuaskan kami ketika memainkannya. Bukan hanya itu saja, game ini juga memiliki feature pilihan cerita yang benar-benar melekat dan konsekuensinya nyata. Tidak hanya sekadar hiasan saja dan dilupakan pada cerita berikutnya.

Beberapa puzzle butuh kecepatan menekan tombol

Kami juga sangat terkesan dengan tingkat kesulitannya yang termasuk tinggi. Mencari benda tersembunyi yang berbaur dengan baik di setiap stagenya menjadi tantangan tersendiri untuk kamu. Namun, tantangan terbesarnya justru adalah adanya bingkai waktu yang terbatas, serta stage yang gelap atau stage dengan filter warna hijau, sehingga membuat semua benda berwarna sama! Rasanya tantangan di game ini memberikan kesan kreatif di mata kami.

Kamu bisa membeli dan menggunakan Booster untuk mempermudah permainan

Bila kamu menggemari game puzzle benda tersembunyi, kami rasa kamu akan menemukan tantangan tersendiri di sini. Namun bila kamu tidak ingin ditekan oleh waktu yang terbatas dan ingin menyelesaikan puzzle dengan santai, maka game ini sebaiknya kamu hindari. Pemain yang tidak sabar juga sebaiknya jauh-jauh dari game ini, karena adanya sistem poin energi setiap kali kamu memainkan stage, dan butuh waktu untuk bisa digunakan kembali.

Semakin banyak uangmu, semakin mudah pula permainan berkat adanya bantuan melalui Hints

Yang Canggih:

    Visualnya indah dan detailnya tinggi
    Memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi
    Ceritanya sangat menarik untuk diikuti
    Pilihanmu dalam cerita memiliki konsekuensi
    Tokoh utama bisa didandani dengan beragam pernik

Yang Kurang:

    Tidak ada misi harian membuat aktivitasmu terbatas
    Ada beberapa benda yang terlalu kecil sehingga membuatmu salah menekan, dan menghilangkan combo
    Batas waktunya terlalu pendek
Back to top button