5 Trik Jitu Fotografi Portrait Menggunakan OPPO F5

Salah satu subyek yang sering dipotret tentunya adalah manusia. Maka tidak heran jika media sosial dibanjiri dengan potret wajah, baik selfie maupun portraiture. Nah, bagaimana jika Anda hanya memiliki ponsel namun ingin memotret orang dengan baik? Setelah bereksperimen cukup lama dengan OPPO F5 sepanjang OPPO Selfie Tour, berikut 5 trik jitu untuk menghasilkan foto portrait lebih baik dengan OPPO F5.

svg%3E

1. Maksimalkan fitur Expert Mode

Pengaturan fotografi secara manual juga dapat membantu meningkatkan kualitas hasil foto. Dengan Expert Mode, Anda bisa mengatur kecepatan rana dan ISO untuk hasil foto tajam dan rendah noise. Fitur ini juga akan berguna saat kondisi minim cahaya, misalnya saat memotret orang di malam hari dengan latar pemandangan atau landmark. Anda juga bisa mengatur ISO di tingkat terendah untuk hasil foto dengan noise lebih minim. Tentunya pastikan Anda memakai tripod jika menggunakan kecepatan rana yang rendah seperti foto di bawah ini.

OPPO F5 Youth

2. Manfaatkan kamera depan dan fiturnya untuk foto lebih kreatif

Jika kita menggunakan kamera depan untuk selfie, biasanya hasil foto akan didominasi dengan wajah yang nyaris tanpa latar yang terlihat. Padahal kamera depan di jajaran OPPO F5 telah dilengkapi beberapa fitur menarik seperti Depth Effect untuk memberikan efek bokeh atau blur di latar dan Beauty Mode untuk mempercantik subyek yang difoto.

IMG20180108140319
IMG20180108112116

Ada dua cara untuk memanfaatkan kamera depan tanpa harus repot menyembunyikan tangan yang menjulur. Yang pertama, tentunya dibantu orang lain agar jarak ponsel bisa lebih jauh. Kedua, dengan menggunakan tripod yang diletakkan cukup jauh. Menggunakan kamera depan, Anda akan dapat melihat jelas komposisi foto yang diambil saat selfie sendiri atau beramai-ramai.

Selfie f5 youth 3

3. Bereksperimen dengan komposisi

Memotret orang tidak melulu harus frontal di wajah, tapi juga bisa memasukkan orang tersebut di dalam sebuah scene atau pemandangan seperti foto di bawah ini.

IMG20180108142402

Dengan menempatkan subyek utama di pinggir, foto terlihat lebih menarik. Jika subyek utama ditempatkan di tengah, foto akan terlihat lebih monoton dan danau yang luas tidak akan terlihat seluas sebagaimana mestinya.

Sedangkan pada foto berikut, subyek sengaja ditempatkan di bagian bawah untuk menggambarkan suasana dan skala ruangan yang ada.

svg%3E

IMG20180108103733

Jadi terus mencoba dan bereksperimen untuk mendapatkan foto dengan sudut yang menarik dan unik.

4. Matikan HDR jika tidak diperlukan

Penggunaan HDR atau mode High Dynamic Range bisa berpotensi mengubah warna kulit secara drastis, apalagi dalam kondisi cahaya dengan kontras tinggi.

Jadi pastikan Anda mengetahui apakah mode HDR tersebut sedang menyala atau tidak untuk menghindari hasil foto yang mengejutkan.

5. Terpenting, perhatikan kualitas cahaya saat memotret

Ilmu dasar fotografi tentunya juga berlaku saat memotret dengan kamera ponsel. Mengingat ukuran sensor dan lensa kamera smartphone yang mungil, kualitas cahaya sebenarnya mengambil peran amat penting saat memotret. Terutama jika memotret orang.

Dalam kondisi cahaya yang ideal, kamera OPPO F5 akan dapat memotret subyek manusia dengan amat baik seperti contoh di bawah ini.

IMG20180108112140

Tentunya Anda juga bisa menggunakan kamera depan OPPO F5 yang memang telah dioptimalkan untuk mempercantik wajah, seperti hasil foto berikut.

IMG20180108110443

Pastikan cahaya di latar tidak terlalu terang sehingga membuat subyek akan gelap atau latar terlalu terang. Kualitas cahaya yang buruk tentunya juga menurunkan kualitas hasil foto akhir. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan ring light tambahan untuk menerangi subyek sehingga hasil foto lebih baik.

Dengan 5 trik sederhana yang telah dijabarkan di atas, Anda akan dapat meningkatkan hasil foto dengan subyek manusia atau Portrait menggunakan OPPO F5. Untuk artikel lain tentang OPPO F5, bisa dilihat di tautan berikut.